KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Monday 16 July 2018

Menyimak 4 Pilar Pendidikan Unggul New Zealand

Posted by   on Pinterest


Guru BK Dominan Bagi Perkembangan Karakter

Program tahunan Education New Zealand (ENZ) pelatihan bagi guru bimbingan konseling (BK) dan kepala sekolah, yang digagas dan didukung pemerintah New Zealand diadakan pada 7-8 Mei 2018 di Jakarta. Dalam pelaksanaan program untuk ke 3 tahun 2018 ini, ENZ menggandeng Fortrust Education untuk mendukung koordinasi kegiatan di sejumlah sekolah Jakarta dan Surabaya dengan menghadirkan Yvonne Gaut dari University of Otago dan Matt Carter dari Otago Polytechnic sebagai pembicara sekaligus pelatih dalam program ini.

Guru BK dianggap memegang peranan dominan bagi perkembangan karakter, kepribadian dan potensi siswa. Peran kepala sekolah juga dianggap penting dalam membentuk lulusan-lulusan terbaik dari sekolah melalui sistem manajerial sekolah yang optimal. 150 peserta dari berbagai sekolah SMA/SMK swasta Jakarta hadir dalam pelatihan hari ini (7/5/2018) sedangkan 100 peserta dari Surabaya rencananya akan diadakan di Surabaya 9 Mei 2018.
Karmela Christy Market Manager Indonesia untuk ENZ mengatakan juga mengadakan pelatihan yang sama kepada 139 guru BK dari SMA/SMK/MA negeri di Balai Kota tanggal 8/5/2018. Adanya program ini akan dapat memberikan perspektif baru, khususnya bagi para pemegang peran penting di dunia pendidikan Indonesia terutama yang menentukan tujuan dan masa depan para siswa.

Dihadapan para kepala sekolah yang hadir Karmela Matt Carter dari Otago Polytechnic New Zealand menekankan pentingnya 4 pilar dari pendidikan yang dianggap unggul. Setiap institusi pendidikan memerlukan kualitas pendidikan yang baik berdasarkan pada pilar budaya inovasi, pengembangan kepemimpinan, kemampuan guru dan sistem kontrol manajemen yang baik. Kombinasi 4 pilar tersebut tidak hanya memastikan kualitas edukasi yang ditawarkan oleh institusi tersebut tetapi juga menolong para siswa untuk berhasil selama pembelajaran.

Yvonne mengatakan dengan membangun relasi yang baik dan mendengarkan harapan dan aspirasi para siswa, guru BK dapat membantu siswanya membangun pondasi  dalam menentukan karir mereka sehingga pada akhirnya mereka dapat menggapai karir impiannya.

Sistem pendidikan Selandia Baru

Saat ini Selandia Baru menduduki peringkat nomor 7 di dunia - jauh lebih baik daripada banyak negara OECD. Sebagai bekas koloni Inggris, sistem pendidikan Selandia Baru sangat didasarkan pada sistem Eropa, dengan beberapa perbedaan kecil. Sekolah dasar berlangsung selama enam tahun, dengan siswa sering dimulai pada usia 5 tahun. Sekolah menengah adalah tahun 7 sampai 8 dan sekolah menengah menggabungkan tahun 9 sampai 13. Penamaan divisi ini mungkin berbeda tergantung pada bagian sistem pendidikan apa yang ditawarkan di sekolah tertentu. Sekolah diwajibkan sampai usia 16 (tahun 11), dan negara dibiayai.  Seperti di bagian lain dunia sekolah swasta tersedia, namun membutuhkan 70% biaya sekolah yang harus dibayar oleh keluarga siswa.

Selandia Baru populer di kalangan siswa internasional yang mencari lingkungan belajar yang aman dan gaya hidup petualangan. Dari staf pengajar ahli sampai fasilitas-fasilitas kelas dunia serta kolam sumber daya alam yang kaya. Selandia Baru diakui secara internasional untuk standar pendidikan yang sangat baik dan untuk pelatihan guru yang berkualitas tinggi. Terdapat enam lembaga yang didanai pemerintah yang mengkhususkan diri dalam pelatihan guru. Dua di antaranya beroperasi dalam universitas-universitas dan empat lainnya menawarkan program-program yang bekerja sama dengan universitas di tempat mereka berada. Mereka menawarkan pelatihan bagi para guru untuk tingkat pendidikan usia dini, dasar, menengah dan tersier (pendidikan tinggi).

Sistem pendidikan Selandia Baru mencerminkan masyarakat mereka yang unik dan beragam, terbuka terhadap berbagai kemampuan, kepercayaan agama, kelompok etnis, tingkat pendapatan dan gagasan tentang pengajaran dan pembelajaran. Sistem pendidikan di New Zealand berorientasi pada kemampuan murid dalam memecahkan masalah, bekerja-sama dengan teman, menciptakan dan berinovasi terhadap sesuatu yang baru. Hal-hal ini dimaksudkan agar murid bisa tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang kreatif dan dapat berpikir “outside the box”. Konsep ini sudah dikenalkan sejak dini untuk setiap murid yang bersekolah di New Zealand dan tentunya ini lah yang menjadi ciri khas dari sistem pendidikan di negara ini.

New Zealand memiliki 8 Universitas Pemerintah, 16 Institutes of Technology and Polytechnics (ITPs) and sekitar  550 Private Training Establishments (PTEs), yang diantaranya termasuk tempat kursus bahasa inggris. Sistem Universitas di New Zealand terkenal dengan penelitiannya (Research) dan Institute of Technology (Polytechnic) terkenal dengan sistem praktek (Hands On Practical Learning), dengan lulusan yang siap kerja.

Selandia Baru memiliki 8 universitas yang didanai negara. Mereka masing-masing menawarkan gelar sarjana atau magister dalam berbagai pilihan mata pelajaran dan memiliki kekuatan dalam gelar profesional khusus. Semuanya diakui secara internasional.
Universitas negeri di Selandia Baru menawarkan program sarjana dan program pascasarjana. Metode yang digunakan universitas-universitas tersebut adalah perkuliahan (teaching-based) dan penelitian (research-based). Lima dari universitas-universitas tersebut masuk dalam Daftar Peringkat Universitas Dunia Times Higher Education 2013/2014.

Selandia Baru memiliki 22 Institut Teknologi atau Politeknik. Program belajar umumya kejuruan dan berbasis keterampilan, mulai dari tingkat sertifikat hingga tingkat sarjana dan pascasarjana. Selain studi pascasarjana dan penelitian, pendidikan lanjutan juga mencakup tingkat yang lebih tinggi dan kejuruan. Program berkisar dari program untuk membantu siswa bekerja, hingga sertifikat dan diploma. Pilihan pembelajaran jarak jauh dan paruh waktu juga tersedia. Mereka menawarkan sertifikat profesional, ijazah dan gelar untuk berbagai program belajar termasuk seni, perhotelan, belajar komputer, manajemen mutu, ekowisata dan lain-lain. Lebih dari 800 lembaga Pendidikan Tersier dan Pelatihan swasta yang terdaftar di New Zealand Qualifications Authority (NZQA). Sekitar seperempatnya dimiliki dan dikelola oleh suku Māori.
Sekolah-sekolah bahasa Inggris swasta menawarkan berbagai kursus untuk segala usia termasuk program-program petualangan, bisnis dan akademik. Program petualangan memberikan keseimbangan antara pelajaran bahasa Inggris dengan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan semamgat pilihan siswa. Terdapat kursus bahasa Inggris untuk keperluan bisnis dan kursus untuk membantu mempersiapkan siswa untuk tes IELTS. Kebanyakan lembaga pendidikan tersier juga memberikan persiapan bahasa Inggris untuk belajar lebih lanjut atau program persiapan.

Wãnanga adalah istilah untuk penyedia pendidikan tersier milik suku Mãori dan belajar lanjutan tentang tradisi dan adat Mãori, biasanya dalam bahasa Mãori.

Tingkat Pendidikan di New Zealand terbagi menjadi beberapa tahapan antara lain Early Childhood, Primary School, Intermediate School, Secondary School dan Tertiary Education. Pada umumnya tingkat primary 1 (SD kelas 1) dimulai pada usia 5 tahun.

Di tingkat Secondary sendiri, terbagi menjadi beberapa tipe sekolah seperti:
state schools (Sekolah Pemerintah) – 85% penduduk New Zealand bersekolah di sekolah pemerintah.
state-integrated schools
private school (Sekolah Swasta)
Di tingkat ini, murid akan mengikuti ujian akhir yang dikenal dengan istilah National Certificate of Educational Achievement (NCEA). NCEA adalah sertifikat akhir yang didapat murid setelah mengikuti ujian di tingkat Secondary School. NCEA sendiri diakui secara international dan diterima di hampir semua universitas di dunia.

 SUMBER : 

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat