KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Friday 23 February 2018

YouTube-r Terkenal dan Penghasil Uang

Posted by   on Pinterest


 KOMPI25
Apakah Anda tertarik menghasilkan uang sebagai YouTube-r? Jaman now sudah banyak sosok profesi YouTuber, tayang sepanjang kuota, karena jumlah penonton di videonya mencapai angka fantastis. Walaupun unggahannya mungkin Anda anggap tak penting itu, tapi kini kepentingan hidup mereka telah mendunia.

YouTube menjanjikan uang bagi Konten Menarik

YouTube memberikan bayaran fantastis untuk konten video yang terlihat nyata. Berbagai konten video yang ada di situs YouTube diunggah oleh para penggunanya dengan topik yang berbeda-beda. Ada pengguna YouTube yang mengunggah video untuk tujuan bersenang-senang, ada yang ingin mempromosikan bisnis dan event, ada yang bertujuan ingin berbagi kepada orang lain, dan lain-lain. Semua pengguna internet pasti lebih suka dengan konten yang terlihat REAL dan atraktif, itulah sebabnya mengapa pengguna internet betah berlama-lama berada di YouTube. Padahal dalam situs YouTube, kita juga akan disuguhi iklan, baik di bagian videonya maupun di bagian side bar. Iklan tersebut biasanya tampil pada video-video yang jumlah views nya banyak. Nah penghasilan si pemilik video ini berasal dari klik iklan atau jumlah views iklan yang muncul di video tersebut.

Sekarang bagaimana caranya supaya Anda sukses sebagai YouTuber? Berikut langkah-langkahnya :

1. Membuat Akun YouTube
Tidak sulit untuk membuat akun YouTube, jika Anda pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube. Langkah pertama adalah login ke akun Google Anda (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. Selanjutnya, Anda harus membuat Akun Youtube terlebih dahulu jika Anda belum memilikinya. Coba sign in ke YouTube menggunakan akun Google atau perambah lainnya. Setelah masuk, silahkan mendaftar. Perlahan-lahan, isi semua data form. Lalu buatlah channel Anda. Pikirkan nama apa yang menarik bagi saluran YouTube Anda dan bagaimana konsep saluran Anda, bagaimana tema atau karakter channel Anda dibandingkan dengan channel atau saluran sejenis.
Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.
Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.

2. Monetisasi YouTube Channel
Coba sign in ke akun YouTube Anda, pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas. Kemudian klik “Creator Studio”. Pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. Kemudian pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada.

3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense

Walaupun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube, namun sebagian besar orang lebih memilih menggunakan program Google Adsense untuk me-monetize konten video mereka. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense. Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense.
Bila sebelumnya Anda sudah memiliki akun Google Adsense, maka Anda tidak perlu mendaftar lagi. Yang perlu dilakukan adalah cukup menghubungkan akun Google Adsense tersebut ke akun YouTube Anda, tentunya email yang digunakan harus sama. Setelah akun Adsense terhubung dengan akun YouTube, maka Anda tinggal menunggu earning yang masuk dari video-video Anda.
Kunci keberhasilan dalam bermain YouTube adalah kreativitas. Semakin banyak video kreatif dan menarik di dalam Channel Anda, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube akan semakin besar juga. Tidak ada batasan penghasilan yang bisa Anda dapatkan, karena yang menentukan adalah keunikan, kualitas materi video, dan jumlah views video yang kita unggah ke YouTube.
Setelah mengaktifkan monetisasi pada YouTube channel Anda, langkah berikutnya, Anda harus melakukan associate dan approved AdSense account Anda ke akun YouTube Anda. Nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang dapat Anda gunakan untuk melakukan track penghasilan Anda. Penghasilan anda bisa dibayar hanya jika Anda melengkapi atau megikuti Youtube payment treshold yang ada. Segera setelah fungsi monetisasi video Anda diaktifkan, beberapa iklan akan muncul di video Anda berikutnya

4. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda

Supaya YouTube channel Anda terkenal, beberapa kriteria video yang harus Anda penuhi atau ikuti:
Video harus user-friendly
Kontennya harus merupakan karya orisinil Anda
Plagiasi videos yang Anda download dari internet tidak akan menghasilkan apa-apa.
Video Anda harus memerhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube
Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik. Perhatikan juga kualitas video yang Anda buat, sebaiknya video tersebut memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas.
Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat Anda. Bila Anda memiliki keahlian dalam bermain gitar, maka fokuslah membangun video yang berhubungan dengan gitar. Misalnya Anda bisa membuat cover gitar untuk lagu penyanyi terkenal atau pemain gitar terkenal. Dengan begitu Channel Anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.
Ajak audiens Anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube Anda. Semakin banyak subscriber Anda maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video-video Anda akan semakin besar.
Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial lainnya, misalnya ke Facebook.

5. Melakukan Conversion Rate ke Product Page
Jika Anda bertanggung jawab untuk suatu perusahaan atau bisnis tertentu, Anda dapat menjadikan saluran YouTube Anda sebagai suatu kesempatan untuk meningkatkan conversion rate Anda. Buatlah konten yang menunjukkan betapa bagus dan menariknya produk yang ingin ditonjolkan lewat soft promotion. Kemudian buatlah link pada product page Anda di kolom deskripsi YouTube video Anda. Hal ini kerap kali dilakukan para vlogger yang ingin menjual sesuatu secara halus. Contohnya, pada video musik biasanya banyak di-shoot produk-produk tertentu yang dipakai oleh bintang utama atau penyanyinya.

6. Menjual Video di Website Penjualan Video
Anda bisa juga menjual video Anda di website komersial yang memberikan sarana untuk Anda para video-maker untuk berjualan hasil karya Anda. Jadi, pada YouTube, Anda dapat mengupload tayangan berupa teaser dan mengarahkan penonton Anda untuk membayar jika ingin menonton versi lengkapnya.

7. Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link
Affiliate marketing jelas merupakan peluang untuk menghasilkan uang secara online yang sangat populer. Masalahnya adalah bahwa begitu banyak pemasar affiliate ini yang tidak mengemukakan bagaimana rincinya upaya yang diperlukan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, cobalah membuat saluran YouTube yang keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link tadi. Seiring dengan perkembangan niche visual yang makin bertumbuh, di mana orang-orang mulai malas membaca teks yang panjang-panjang, Anda juga bisa mengembangkan bisnis Anda lebih pesat lagi.

8. Menarik Sponsorship
Jika Anda mengamati para YouTuber terkenal yang sukses di internet, Anda pasti tahu bahwa di hampir semua konten video YouTube mereka selalu ada unsur sponsorship dan advertisement. Dua aspek ini mereka manfaatkan untuk menghasilkan uang dari YouTube.

9. Melakukan Live Speaking untuk Meningkatkan Customer Engangement
Nantinya, jika Anda sudah memiliki fanbase atau fans yang cukup banyak, Anda dapat mengadakan meeting dan greeting. Anda mungkin saja membuat jadwal yang rutin agar komunitas Anda bisa bertumbuh. Kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan engangement Anda dengan para subscribers atau penonton setia Anda. Nantinya, Anda juga dapat menjual produk atau mempromosikan konten-konten lainnya pada saat acara berlangsung dan manfaatkan juga kesempatan ini untuk lebih mengenal siapa niche market Anda.

10. Berpikir Out of The Box
Anda perlu berpikir di luar kebiasaan jika Anda ingin menghasilkan video yang menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir tayangan, lalu dibagikan kembali oleh orang-orang sampai akhirnya menjadi konten yang viral. Berikut, kami akan memberikan contoh-contoh jenis video yang paling banyak ditonton oleh orang-orang dan dapat menghasilkan uang lebih dari YouTube.

Lalu Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari YouTube?
Jika ingin mendapatkan uang dari YouTube maka kita harus mengunggah konten video yang unik dan menarik ke YouTube. Semakin banyak views ke video tersebut, maka akan semakin besar peluang penghasilan yang kita dapatkan dari YouTube.

Sebelumnya saya ingin menekankan bahwa tidak ada jaminan bahwa video Anda di YouTube akan menghasilkan banyak uang. Artikel ini semata-mata hanya memberikan informasi tentang cara mendapatkan uang dari YouTube.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Membuat Akun YouTube

Lihat gambar,
Pada halaman baru tersebut, masukkan nama Channel yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Lalu pilih kategori yang sesuai, jangan lupa centang bagian “I agree to the Pages Terms”, lalu klik “Done”. Lihat gambar,
Setelah langkah di atas, kita akan diarahkan ke halaman Channel milik kita di YouTube. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan Channel tersebut, mulai dari menambahkan gambar untuk icon, menambahkan cover, dan pengaturan lainnya. Sampai di sini kita sudah berhasil membuat akun YouTube dan membuat Channel khusus.


2. Mulai Mengupload Video ke YouTube
Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide konten video, kita bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik. Misalnya kegiatan memancing, video tutorial, merekam saat bermain gitar, dan lain-lain.

Di bawah ini adalah salah satu contoh video unik yang banyak sekali ditonton di YouTube, 654.000 views saat artikel ini dibuat.
Rajinlah membuat dan mengunggah video unik ke Channel Anda, setidaknya Anda perlu mengunggah sekitar 100 – 200 video unik dan menarik ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Tipe-tipe Video yang Menghasilkan Uang di YouTube

Berbagai jenis video bisa kita temukan di YouTube, mulai dari video tutorial, video musik, video berita, video humor, video tentang sains dan teknologi, video dokumentasi seseorang ketika berlibur, video cuplikan film, dan banyak video lainnya. Bagaimana konten yang menarik? Pastinya yang membuat perhatian orang-orang beralih, jadi ingin menonton tayangan video Anda. Berikut adalah beberapa jenis video yang bisa Anda pertimbangkan untuk dibuat.

1. Tayangan Voice Over
Rekaman suara narasi Anda soal berbagai fakta menarik, komentar Anda seputar berita terkini, pendapat Anda soal film atau musik yang bisa berupa visual menarik sehingga video Anda menarik pula untuk ditonton.

2. Tayangan List
Tayangan ini memuat daftar yang menarik untuk ditonton secara visual. List yang Anda buat dapat berupa list soal apapun yang dapat dirangkum ke judul menarik semacam, “10 Knockout Terbaik Petinju Wanita UFC” atau “10 Penemuan Tanda-tanda Alien di bumi”. Videonya bisa memuat suara dengan gambar bergerak, atau tulisan dan kolase foto-foto.

3. Tayangan Tutorial
Tutorial berarti panduan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Saat ini, sudah banyak video tutorial yang kita temukan di internet. Anda yang gemar merias diri mungkin saja tertarik untuk melakukan prosesi merias wajah yang direkam untuk dibagikan di YouTube channel Anda. Atau, mungkin Anda ingin membuat video iseng soal cara membuat penangkal alien. Cobalah untuk kreatif untuk membuat tayangan yang atraktif (atau bahkan membuatnya viral)!

4. Tayangan Unboxing
Saat ini, ada banyak sekali muncul tayangan edukasi yang dibuat dengan ilustrasi sangat menarik dan berkualitas luar biasa bagus. Pernah dengar channel YouTube Vox? Atau mungkin Anda yang tertarik untuk mengetahui teori-teori di berbagai bidang, pernah menonton CrashCourse? Konten-konten mereka bisa juga Anda buat dengan gaya ilustrasi dan penuturan Anda sendiri.


Intinya buatlah video Anda dengan tampilan yang bagus, seperti : resolusi, sudut pengambilan gambar, dsb. Video yang menarik kontennya akan mengajak penonton untuk menontonnya dari awal hingga akhir tayangan. Dalam video Anda ajak penonton untuk berkomentar atau share video dan menjadi subscriber, untuk meningkatkan engangement. Nama atau judul yang sesuai dengan konten tayangan Anda, dapat memberikan deskripsi video yang sesuai pula dan dapat berpengaruh pada rank karena telah sesuai SEO. Buat dan unggah video sesering mungkin. Dan tentu yang paling penting jangan bosan mempublikasikan atau mensosialisasikan YouTube video Anda di semua sosial media yang ada.


Perhatian! Hal yang Tidak Boleh dilakukan dalam video Anda di YouTube. Jangan melakukan plagiasi semacam copy-paste konten suatu YouTube video ke akun YouTube Anda sendiri. Tindakan kecurangan Anda akan secara otomatis tertangkap oleh YouTube karena melanggar copyright, dan Anda akan dikenakan sanksi. Jangan membuat konten eksplisit yang melanggar Terms of Service YouTube


Mengenal Istilah CPM dan RPM

JBerikut kami akan memberikan definisi istilah-istilah yang dipakai dalam monetisasi video YouTube!

Definisi CPM
CPM adalah singkatan dari Cost per Mille . Istilah ini diadaptasi dari bahasa Latin yang secara harafiah berarti per seribu. Terkait monetisasi video di YouTube Anda, ada rumus yang dipakai untuk menentukan berapa pendapatan Anda yaitu:
Pendapatan= CPM x (total impresi/ 1000)
Jadi, kita membagi jumlah atau total banyaknya tayangan dengan angka 1000, karena harga CPM berlaku 1$ per 1000 tayangan. Bingung menghitungnya? Jangan khawatir, kami akan memberikan contoh penghitungannya agar Anda dapat membayangkan berapa banyaknya uang yang Anda dapat hasilkan dari YouTube Anda dengan perumpamaan 1$ sejumlah 10.000 Rupiah:
1000 views/ $1 =kira-kira 10 ribu rupiah
10.000 views/ $10 = kira-kira 100 ribu rupiah
100.000 views/ $100 = kira-kira 1 juta rupiah
1.000.000 views/ $1000 = kira-kira10 juta rupiah
10.000.000 views/ $10,000 = kira-kira 100 juta rupiah

Jumlah uang yang dibayarkan juga dapat naik bila sedang hari raya semacam natal atau lebaran. Jumlah dapat dipengaruhi oleh waktu, konten dan gender dari visitor. Total uangnya juga bervariatif sebenarnya, mulai dari 50 cents hingga 10$ per thousand impressions. Pada Google AdSense, impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan yang tampil. Terakhir, bagi negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai native language, CPM-nya lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.
Definisi RPM
RPM adalah singkatan dari Revenue per thousand impressions. Dalam hal ini, YouTube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat saluran YouTube Anda dari keseluruhan total RPM. Rumusnya adalah:
Pendapatan=Penghasilan÷Monetized playback video x 1000


Perlu diingat bahwa semua bisnis membutuhkan waktu agar menghasilkan, begitu juga dengan para YouTuber. Jika Anda konsisten membangun konten menarik di YouTube, pasti akan tiba waktunya Anda menikmati penghasilan tak terbatas. Selain artikel ini, Anda dapat juga mengetahui bagaimana menaikkan rank YouTube video Anda dan bagaimana teknik SEO bagi video Anda pada artikel-artikel yang tersedia di Yutube. Semoga artikel ini membantu.
Selamat mencoba!

1 comment:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat