KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Saturday 3 March 2018

Inilah Deklarasi Universal Dari ETIKA GLOBAL

Posted by   on Pinterest

DASAR PEMIKIRAN

Kami perempuan dan laki-laki dari tradisi etika dan keagamaan berkomitmen untuk Deklarasi Universal berikut Etika Global. Kita berbicara di sini bukan dari etika dalam bentuk jamak, yang berarti lebih rinci besar, tapi etika dalam, yaitu tunggal, sikap fundamental terhadap baik dan jahat, dan prinsip-prinsip dasar dan menengah diperlukan untuk memasukkannya ke dalam tindakan.

Kami membuat komitmen ini tidak terlepas dari perbedaan-perbedaan kita, tetapi timbul dari perspektif yang berbeda, mengenali tetap dalam tradisi kami yang beragam etika dan agama keyakinan umum yang membawa kita untuk berbicara menentang segala bentuk kebiadaban dan untuk kemanusiaan dalam pengobatan kita tentang diri kita, satu sama lain dan dunia di sekitar kita. Kami menemukan di setiap tradisi kami:

a) alasan untuk mendukung hak asasi manusia universal,
b) panggilan untuk bekerja bagi keadilan dan perdamaian, dan
c) kepedulian terhadap pelestarian bumi.

Kami mengkonfirmasi dan memuji nilai-nilai kemanusiaan yang positif, kadang-kadang menyakitkan lambat, namun demikian semakin, diterima dan didukung dalam dunia kita: kebebasan, kesetaraan, demokrasi, pengakuan interdependensi, komitmen terhadap keadilan dan hak asasi manusia. Kami juga percaya bahwa kondisi di dunia kita mendorong, memang memerlukan, kita untuk melihat melampaui apa yang memisahkan kita dan berbicara sebagai salah satu pada hal-hal yang sangat penting untuk kelangsungan hidup dan menghormati bumi. Oleh karena itu kami menganjurkan gerakan menuju tatanan global yang mencerminkan nilai-nilai terbaik ditemukan dalam tradisi segudang kami.

Kami yakin bahwa tatanan global dapat dibangun hanya di atas etika global yang jelas menyatakan norma-norma universal yang diakui dan prinsip-prinsip, dan bahwa seperti etika mengandaikan adanya kesiapan dan niat pada bagian dari orang-orang untuk bertindak adil - yaitu, gerakan jantung. Kedua, etika global membutuhkan presentasi bijaksana prinsip yang mengangkat untuk membuka penyelidikan dan kritik - gerakan kepala.

Setiap tradisi kami memegang komitmen melampaui apa yang diungkapkan di sini, tapi kami menemukan bahwa dalam tradisi etika dan agama masyarakat dunia sedang dalam proses menemukan unsur-unsur dari sebuah konsensus minimal yang mendasar tentang etika yang meyakinkan kepada semua wanita dan pria yang baik akan , agama dan nonreligius sama, dan yang akan memberikan kita dengan kerangka moral di mana kita bisa berhubungan dengan diri kita sendiri, satu sama lain dan dunia secara adil dan hormat.

Dalam rangka membangun konsensus kemanusiaan-lebar kita merasa sangat penting untuk mengembangkan dan menggunakan bahasa yang berbasis kemanusiaan, meskipun masing-masing tradisi agama dan etika juga memiliki bahasa sendiri untuk apa yang dinyatakan dalam Deklarasi ini. Selain itu, tidak ada tradisi kami, etika atau agama, puas dengan minimum, penting karena mereka, melainkan karena manusia tanpa henti diri melampaui, tradisi kami juga menyediakan maksimal harus diperjuangkan. Akibatnya, Deklarasi ini melakukan hal yang sama. Para maksimal, bagaimanapun, jelas merupakan cita-cita yang harus diperjuangkan, dan karena itu tidak dapat diminta, jangan sampai kebebasan dan hak-hak penting dari beberapa demikian dilanggar.


Presuposisi

Sebagai Deklarasi Universal Etika Global, yang kami percaya harus mendasari setiap penegasan hak asasi manusia dan menghormati bumi, dokumen ini menegaskan dan mendukung hak-hak dan tanggung jawab yang sesuai disebutkan dalam Deklarasi PBB Tahun 1948 tentang Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dalam hubungannya dengan Deklarasi PBB pertama United kami percaya ada lima pengandaian umum yang sangat diperlukan untuk etika global:

a) Setiap manusia memiliki martabat dicabut dan tidak bisa diganggu, individu, negara, dan badan sosial lainnya berkewajiban untuk menghormati dan melindungi martabat setiap orang.
b) Tidak ada orang atau badan sosial yang ada di luar lingkup moralitas, semua orang - perorangan dan organisasi sosial - wajib berbuat baik dan menghindari yang jahat.
c) Manusia dikaruniai akal dan hati nurani - tantangan besar manusia adalah bertindak sungguh-sungguh, masyarakat, negara, dan organisasi sosial lainnya berkewajiban untuk melindungi dan membina kemampuan ini.
d) Masyarakat, negara dan organisasi sosial lainnya yang berkontribusi terhadap kebaikan manusia dan dunia memiliki hak untuk eksis dan berkembang, hak ini harus dihormati oleh semua.
e) Manusia adalah bagian dari alam, tidak terlepas dari alam, masalah etika melampaui manusia ke seluruh bumi, dan memang kosmos. Singkatnya: Deklarasi ini, dalam refleksi dari realitas, bukan hanya anthropo-sentris, namun cosmo-anthropo-sentris.


ATURAN DASAR

Kami mengusulkan Golden Rule, yang selama ribuan tahun telah ditegaskan dalam tradisi agama dan etika banyak, sebagai prinsip fundamental yang mendasari etika global: "Apa yang Anda tidak ingin dilakukan untuk diri sendiri, jangan lakukan kepada orang lain," atau dalam hal positif, "Apa yang Anda ingin lakukan untuk diri sendiri, lakukan untuk orang lain." Aturan ini harus berlaku tidak hanya untuk keluarga sendiri, teman, masyarakat dan bangsa, tetapi juga untuk semua orang lain, keluarga, masyarakat, bangsa, seluruh dunia, kosmos.

PRINSIP DASAR

1. Karena Kebebasan adalah esensi dari manusia, setiap orang bebas untuk berolahraga dan mengembangkan kapasitas setiap, asalkan tidak melanggar hak-hak orang lain atau mengungkapkan kurangnya rasa hormat untuk makhluk hidup atau non-hidup . Selain itu, kebebasan manusia harus dilakukan sedemikian rupa untuk meningkatkan baik kebebasan dari semua manusia dan hormat untuk semua hal, hidup dan non-hidup.

2. Karena martabat yang melekat mereka sama, semua manusia harus selalu diperlakukan sebagai tujuan, tidak pernah sebagai sarana belaka. Selain itu, semua manusia di setiap perjumpaan dengan orang lain harus berusaha untuk meningkatkan sepenuhnya martabat intrinsik dari semua yang terlibat.

3. Meskipun manusia memiliki nilai intrinsik lebih besar dari non-manusia, semua hal-hal seperti, hidup dan non-hidup, jangan memiliki nilai intrinsik hanya karena keberadaan mereka dan, dengan demikian, harus diperlakukan dengan hormat. Selain itu, semua manusia di setiap perjumpaan dengan non-manusia, hidup dan non-hidup, harus berusaha untuk menghormati mereka sepenuhnya dari nilai intrinsik mereka.

4. Sebagai manusia tentu mencari kebenaran semakin, demikian juga mereka berusaha untuk menyatukan diri mereka sendiri, yaitu, mereka "diri," dengan apa yang mereka anggap sebagai baik: secara singkat, mereka mencintai. Biasanya hal ini "diri" yang diperluas / melampaui menyertakan keluarga mereka sendiri dan teman-teman, mencari kebaikan bagi mereka. Selain itu, seperti dengan Golden Rule, ini mencintai / mengasihi "diri" kebutuhan untuk melanjutkan ekspansi alam / transendensi untuk merangkul masyarakat, bangsa, dunia, dan kosmos.

5. Jadi kasih manusia sejati adalah otentik cinta-diri dan lainnya-cinta co-relatif terkait sedemikian rupa sehingga pada akhirnya ditarik untuk menjadi semua-inklusif. Sifat luas dan inklusif cinta harus diakui sebagai prinsip aktif dalam interaksi pribadi dan global.

6. Mereka yang memegang tanggung jawab untuk orang lain wajib untuk membantu orang-orang untuk siapa mereka memegang tanggung jawab. Selain itu, Golden Rule berarti: Jika kita berada dalam kesulitan yang serius dimana kami tidak bisa membantu diri kita sendiri, kita ingin orang-orang yang bisa membantu kita untuk melakukannya, bahkan jika mereka mengadakan tidak bertanggung jawab bagi kita, sehingga kita harus membantu orang lain dalam kesulitan yang serius yang tidak dapat membantu diri mereka sendiri, meskipun kita terus tidak bertanggung jawab untuk mereka.

7. Karena semua manusia sama-sama berhak untuk memegang agama mereka atau kepercayaan - yaitu, penjelasan mereka tentang makna akhir dari kehidupan dan bagaimana hidup sesuai - sebagai benar, setiap agama atau kepercayaan manusia harus diberikan kebebasan karena dan hormat.

8. Selain itu, dialog - yaitu, percakapan yang tujuan utama adalah untuk belajar dari yang lain - adalah sarana yang diperlukan dimana perempuan dan laki-laki belajar untuk menghormati yang lain, tak henti-hentinya untuk memperluas dan memperdalam penjelasan mereka sendiri makna hidup, dan mengembangkan konsensus pernah memperluas dimana pria dan wanita dapat hidup bersama di dunia ini dengan cara yang otentik manusia. 

(by : Leonard Swidler)

SUMBER :
www.canterbury.ac.uk


No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat