KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Sunday 24 June 2018

Budaya Indonesia Terus Dipacu, Dari Kuliner, Karya Seni Hingga Infrastruktur

Posted by   on Pinterest


Setiap provinsi di Indonesia memiliki berbagai macam masakan dan ciri khas. Contohnya saja Ayam Betutu. Ayam Betutu Denpasar pasti berbeda dengan Ayam Betutu Gianyar. Beda pedasnya, beda bumbunya, nikmatnya pun berbeda. Ini pasti menjadi idola wisatawan, mereka pasti ketagihan.

Kepala Dinas Pariwisata Bali, AA Yuniartha Putra mengatakan beberapa kabupaten dan kota di Bali Kabupaten Tabanan, Badung, Gianyar, Klungkung, Bangli, Karangasem, Buleleng, dan Denpasar menggelar pesta kuliner selama acara PKB pada 10 Juni sampai 8 Juli 2017 berlangsung. Semua makanan kuliner ciri khas dan unggulannya akan disajikan di Art Centre Bali setiap hari selama pelaksanaan. Selain ayam betutu, makanan lainnya seperti sate lilit, lawar kuwir, babi guling, nasi campur ayam Bali, rujak kuah pindang dan rujak bulung, serombotan, tipat blayag, nasi jinggo, dan nasi tepeng. Setiap daerah berbeda rasa, berbeda penyajian. Mayoritas nama sama, tapi kalau rasa pasti berbeda. Maka silakan datang saja ke Bali,” tukasnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengatakan, berpromosi dengan mengedepankan masakan atau kuliner Indonesia adalah cara yang efektif untuk pariwisata Indonesia. Kuliner itu adalah sebagai kultur diplomasi bangsa kita, juga bagian dari budaya tiap daerah di negara kita. Setiap daerah dapat mengedepankan kuliner sebagai pintu masuk ke wilayahnya. Untuk memperkenalkan negaranya, memperkenalkan destinasinya, meningkatkan image daerahnya, dan branding sebagai ciri khas setiap daerah.

Kepala Bidang Wisata Budaya Asdep Segmen Pasar Personal Kemenpar Wawan Gunawan mengatakan, di balik masakan Indonesia yang disajikan dengan rasa yang nikmat terdapat sejarah, teori, dan filosofinya.  Semakin banyak unggulan di makanan daerah, semakin banyak pintu masuk ke daerah tersebut oleh wisatawan. Semakin banyak makanan yang dikenal oleh wisatawan, image daerah tersebut semakin baik. Kita harapkan kita bisa memperkenalkan Indonesia melalui kuliner kita di setiap daerah dan destinasi unggulan kita.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, Indonesia memiliki banyak makanan autentik dengan lebih dari 5.350 resep asli tradisional yang telah menjadi warisan bangsa Indonesia. Masakan Indonesia adalah makanan terbaik di dunia, sangat meriah, penuh warna, dan cita rasa bumbu yang kuat. Masakan Indonesia memiliki rentang yang sangat luas dari berbagai karakter.

Presiden Joko Widodo saat memberikan kuliah umum di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI), Kota Denpasar, Bali, pada Sabtu, 23 Juni 2018 menyampaikan bahwa kekayaan bangsa Indonesia bukan lagi sumber daya alam tapi ada pada seni budaya. Pembangunan infrastruktur yang menjadi program pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla jangan hanya dimaknai sebagai pembangunan fisik dan ekonomi semata. Pembangunan infrastruktur fisik tersebut adalah bagian penting dari pembangunan infrastruktur budaya. Pembangunan infrastruktur fisik adalah bagian penting dari pembangunan infrastruktur budaya. Yaitu infrastruktur yang akan semakin mempersatukan 714 suku di bumi Nusantara ini, yang memajukan kebudayaan dan kesenian di masyarakat, yang akan semakin meningkatkan rasa keadilan bagi seluruh rakyat. Melalui pembangunan MRT, kita sedang membangun budaya baru, peradaban baru dalam bidang transportasi massal. Peradaban baru yang tidak ada pembandingnya dalam sejarah masa lalu kita. Padahal, di negara-negara lain, penggunaan MRT dan LRT sudah menjadi bagian budaya masyarakat. Artinya kita ingin budaya baru, budaya tepat waktu, budaya antre nanti akan ada di sana

Sebagai negara besar dengan belasan ribu pulau, pembangunan infrastruktur seperti transportasi merupakan hal yang tak dapat disangkal. Pembangunan infrastruktur fisik harus dilihat sebagai cara untuk mempersatukan bangsa dan mempercepat konektivitas budaya. Pada saatnya nanti, pembangunan infrastruktur ini juga dapat dirasakan manfaatnya bagi pembangunan mental dan karakter bangsa Indonesia. Kepala Negara menjelaskan, saat bangsa Indonesia memulai pembangunan fisik seperti jalan tol atau bahkan MRT dan LRT, sesungguhnya saat itulah bangsa Indonesia sedang mulai membangun infrastruktur budaya baru. (Infrastruktur) yang bisa mempertemukan berbagai budaya yang berbeda di seluruh Nusantara sehingga bisa semakin merasakan bahwa kita ini satu bangsa, satu Tanah Air, dan sekaligus saling menginspirasi.

Cara pandang yang sama juga berlaku dalam pembangunan infrastruktur lain seperti pembangunan perbatasan dan kawasan terluar Indonesia. Melalui pembangunan kawasan-kawasan itu, pemerintah sesungguhnya sedang membangun mental dan karakter bangsa di mana saudara-saudara kita yang berada di wilayah terluar itu diupayakan untuk benar-benar merasa menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Pada dasarnya kita sedang membangun mental dan karakter bangsa bahwa saudara-saudara kita di wilayah-wilayah tersebut harus merasa menjadi bagian dari Indonesia, satu bangsa, satu Tanah Air, dan juga bangga menjadi warga negara Republik Indonesia. Ini artinya pembangunan infrastruktur fisik harus dilihat sekaligus bagian dari pembangunan mental dan karakter bangsa.

Apalagi kalau dipadukan dengan seni-seni kontemporer yang jumlahnya begitu banyak termasuk seni digital. Semuanya itu adalah sumber kekuatan, sumber keunggulan yang hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain. Sumber inspirasi tersebut dapat dipadukan dalam bentuk seni rupa, seni pertunjukan, seni media, seni desain dan seni lainnya. Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu langkah strategis yang dipersiapkan untuk menghadapi dunia yang berubah dengan sangat cepat. Perubahan cepat yang mana dibutuhkan elan atau semangat juang untuk mendobrak dinding-dinding yang menghambat perkembangan serta merombak pola pikir lama untuk melahirkan pemikiran-pemikiran dan karya-karya baru agar dapat beradaptasi dengan perubahan.

Presiden percaya bahwa dalam kaitannya dengan pembangunan nasional, seni-seni kreatif bernilai tinggi yang menjadi DNA bangsa dan tumbuh pesat seperti di Bali dapat menjadi inspirasi sekaligus energi penggerak bagi munculnya loncatan-loncatan kemajuan. Sumber kekuatan yang hanya dimiliki bangsa Indonesia dan digunakan sebagai pemersatu dan pendorong peradaban bangsa. Jadikan karya-karya seni saudara sekalian sebagai sumber inspirasi pemersatu bangsa, pemersatu suku-suku yang ada di negara kita. Jadikan karya-karya seni sebagai sumber energi kemajuan peradaban bangsa Indonesia. Teruslah berprestasi dan berkarya untuk bangsa.

Sebelumnya Kompas.com memberitakan Pesta Kesenian Bali akan berlangsung sejak tanggal 11 Juni hingga 9 Juli 2016 di Taman Budaya atau Art Center Denpasar. Presiden Joko Widodo secara resmi melepas pawai Pesta Kesenian Bali ke-38 di depan Museum Rakyat Bali atau Museum Bajrasandi di Lapangan Renon Denpasar, Sabtu (11/6/2016). Pesta Kesenian Bali Bukan semata-mata pesta kesenian rakyat tetapi mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Bali. Bagi saya, Pesta Kesenian Bali bukan semata-mata pesta rakyat ataupun festival seni, melainkan juga satu kegiatan yang memiliki fungsi budaya, fungsi pendidikan dan juga memiliki fungsi menggerakkan ekonomi masyarakat utamanya rakyat Bali.

Dalam acara Pekan Kesenian Bali ke-40 2018, peserta dari kabupaten dan kota se-Provinsi Bali, pawai juga diikuti oleh peserta dari luar daerah dan luar negeri. Tampak ikut berpawai pemerintah Provinsi GuangXi China, ISBI Papua, Sanggar Basundari Jepang, Forum Sunda Kecil, Konsulat Jepang, dan Marching Band Warmadewa.


Bukan saja Bali, Kawasan wisata Danau Toba juga menggelar Karnaval Pesona Danau Toba yang berpusat di Kota Balige, Sumatera Utara (Sumut) itu akan berlangsung pada 9-10 September mendatang. Danau Toba salah satu destinasi andalan Indonesia di Pulau Sumatera. Luasnya 1.145 kilometer yang menyerupai lautan. Di tengah danau ada Pulau Samosir. Danau Toba masuk ke dalam daftar danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Karnaval Pesona Danau Toba adalah acara tahunan yang selalu digelar oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata setempat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir, Ultri Sonlahir Simangunsong, mengatakan kalau sampai minggu ini persiapan penyelenggaraan acara sudah 100 persen. Beragam kesenian, kebudayaan, dan tradisi khas Sumut akan menjadi bintang utama dalam acara tersebut. Salah satu kegiatan yang selalu ditunggu-tunggu dalam Karnaval Pesona Danau Toba ialah parade perahu hias beraneka warna dan bentuk yang akan wara-wiri di Danau Toba. Ratusan perahu akan menepuh pelayaran dari Soposurung hingga Balerong. Di sepanjang pelayaran itu, terdapat beberapa objek wisata yang menarik. Seperti Pasar Tradisional Balerong, pasar dengan enam bangunan megah berhiaskan ukiran khas Batak Gorda. Tak hanya di perairan, kemeriahan Karnaval Pesona Danau Toba juga berlanjut di daratan. Pesta Hiburan Rakyat yang berpusat di Tugu DI Panjaitan dan Lapangan Sisingamaraja XII Balige akan menampilkan panggung hiburan dan pasar rakyat.

Menurut Arief Yahya, sebagaimana dilaporkan Beritasatu, mengatakan Danau Toba terus dikembangkan sebagai destinasi favorit di Indonesia. Sehingga ke depan masyarakat daerah Danau Toba dan daerah di sekitar Danau Toba siap menerima wisatawan dalam dan luar negeri. Kemenpar memang sangat agresif dalam mempromosikan kawasan wisata Danau Toba atau yang disebut 'Monaco of Indonesia' ini. Selain menggelar acara, sejumlah pengembangan juga dilakukan agar turis semakin nyaman datang ke Danau Toba. Jalan tol dari Kota Pematangsiantar hingga kawasan Danau Toba di Parapat akan dibangun.  Akses transportasi yang sudah ada juga dibenahi, seperti Bandar Udara Silangit Toba. Saat ini telah ada penerbangan langsung dari Jakarta-Kualanamu maupun Batam. Danau Toba sudah memiliki potensi, tapi akan dipoles sehingga lebih menarik. Sama seperti Pulau Seribu, Borobudur, dan Bromo pada beberapa waktu yang lalu. Target kedatangan turis sebanyak 1 juta orang ke Danau Toba dapat tercapai pada 2019. Tak hanya kemeriahan, acara seperti ini juga harus memberi dampak bagi pendapatan masyarakat di daerahnya, seperti menciptakan lapangan kerja baru di bidang wisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya seperti dikutip Indopos saat membuka Festival Danau Toba di Taman Manjua-jua, Karo, Sumatera Utara, (Kamis 19/112017) memaparkan Festival Danau Toba 2015 yang diselenggarakan 19-22 November di Brastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara menggelar Tarian Sembilan Cawan, tari Rotimanis dan tari Dairi menandai dimulainya Festival Danau Toba. Tari Sembilan Cawan merupakan tarian ritual Putri Toba untuk mengawali setiap kegiatan besar. Konon tujuh cawan adalah simbol dari tujuh bidadari. Sedangkan tari Dairi menggambarkan kegotongroyongan. 7 bupati harus saling gotong royong untuk meningkatkan sektor pariwisata.

Waspada melaporkan bahwa Festival Danau Toba telah berlangsung sejak 2013, merupakan pengganti Pesta Danau Toba yang sudah ada sejak 1983. Pesta Danau Toba digagas masyarakat lokal khususnya warga Samosir dan Simalungun dan merupakan bentuk syukur atas keberadaan Danau Toba.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Utara Elisa Marbun dikutip Inilah di Brastagi, (Kompas, Kamis, 19/11/2015), Brastagi, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara. Brastagi terletak 70 km dari Medan. Iklimnya sejuk. Kota ini berdiri pada 1920 sebagai stasiun bukit milik Hindia Belanda dan saat ini menjadi tujuan akhir pekan paling populer bagi warga Medan. Sebanyak 16 Kabupaten/ kota yang mengikuti festival ini. Tujuh daerah di kawasan Danau Toba, yakni Karo, Samosir, Tapanuli Utara, Dairi, Toba Samosir, Humbanghasundutan, dan Pakpak Bharat. Sedangkan sembilan daerah lainnya: Tapanulis Tengah; Sibolga; Batubara; Binjai; Langkat; Serdang Bedagai; Padang Sidempuan; Labuhan Batu dan Labuhan Batu Utara. "Kami gembira karena adanya peserta dari provinsi lain yang ikut memeriahkan Festival Danau Toba 2015, yakni Kalimantan Tengah, Bangka Belitung dan Papua.

Seperti dilansir Republika, seluruh rangkaian Festival Danau Toba untuk melestarikan seni dan budaya khas Batak yang ada di kawasan Danau Toba bagi kalangan generasi muda. Acara yang digelar, antara lain, karnaval ulos, kain khas suku Batak. Ulos terpanjang di dunia sepanjang 400 meter juga ikut dipamerkan.

SUMBER :

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat