KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Wednesday 16 May 2018

Ketahui Apa itu Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan [LPDP]

Posted by   on Pinterest


Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP

LPDP itu merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP ini merupakan sebuah lembaga yang bekerja dibawah pengawasan 3 kementrian yaitu KEMENKEU, KEMENDIKBUD, KEMENAG. Program beasiswa dari LPDP sendiri hanya ada dua yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga. Jadi tidak ada program beasiswa untuk tingkat sarjana atau S1.

Maksimal masa studi untuk program Magister  adalah 2 tahun dan untuk program Doktor 4 tahun. Dan jika melebihi masa waktu tersebut tentu saja bisa dikenakan penalti bagi pemegang atau pelakasana beasiswa tersebut.

Beasiswa LPDP ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan. Orang yang nantinya akan mendapatkan kepercayaan dan kesempatan dari LPDP adalah orang yang sudah terseleksi melalui beberapa tahapan, dan akan melakukan studi lanjutan Magister maupun Doktor akan dibiayai oleh LPDP baik yang di dalam maupun di luar negeri

Pendaftaran beasiswa ini di buka sepanjang tahun, dengan proses seleksi yang dilakukan sebanyak 4 kali. Mulai 2018, LPDP membuka kesempatan bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembiayaan beasiswa melalui mekanisme co-funding.

Beasiswa Reguler adalah beasiswa yang dapat diikuti oleh seluruh kalangan Warga Negara Indonesia, baik freshgraduate, pegawai swasta, BUMN, PNS, dosen, guru, dan lain sebagainya yang memenuhi syarat dan ketentuan. Para pendaftar beasiswa reguler dapat mendaftar langsung ke website LPDP dengan menyertakan surat izin/rekomendasi atasan/tokoh beserta berkas-berkas lain yang disyaratkan.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang dikelola Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) LPDP dinamai. Umumnya memang beasiswa pascasarjana. Selain berupa beasiswa kuliah, ada pula dalam bentuk pendanaan riset. Kedua jenis pembiayaan tersebut dapat Anda manfaatkan untuk rencana studi 2018 – 2019.

BPI Program Magister dan Doktor
BPI Program Magister dan Doktor adalah beasiswa LPDP yang ditujukan bagi setiap warganegara Indonesia yang memiliki kemampuan akademik dan jiwa kepemimpinan. Beasiswa ini dibuka umum selama memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan. Pelamar dapat memanfaatkannya untuk studi jenjang S2 atau S3 di dalam maupun luar negeri. Anda bisa mendaftar beasiswa tersebut pada perguruan tinggi tujuan LPDP. BPI Program Magister dan Doktor merupakan beasiswa penuh yang didanai pemerintah melalui LPDP. Beasiswa ini tidak saja menanggung biaya kuliah, tapi juga biaya hidup, biaya keberangkatan, visa, asuransi kesehatan, tunjangan buku, tesis/disertasi, tunjangan keluarga, tunjangan kedatangan, dll.

BPI Program Magister dan doktor bisa menjadi pilihan Beasiswa LPDP 2018 selain beasiswa pascasarjana menarik lainnya. Pelamar beasiswa LPDP disarankan agar mendaftar basiswa untuk perkuliahan yang dimulai paling cepat enam bulan lagi setelah berakhirnya deadline atau untuk tahun akademik 2019. Namun begitu Anda sudah bisa mempersiapkan dokumen aplikasi yang diperlukan, membuat akun, atau melengkapi persyaratan lainnya. Karena pendaftaran beasiswa LPDP sudah dibuka, sehingga bisa menyesuaikan dengan jadwal perkuliahan yang akan diambil.

BPI Program Disertasi
Bagi Anda mahasiswa pascasarjana jenjang S3 yang mengalami kendala biaya untuk merampungkan disertasinya, LPDP juga menawarkan beasiswa Disertasi. Beasiswa ini khusus ditujukan bagi Anda yang telah merampungkan mata kuliah dan dinyatakan telah lulus ujian/seminar proposal oleh pemimpin program pascasarjana. Beasiswa Disertasi LPDP dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang kuliah di dalam atau luar negeri dengan syarat perguruan tinggi di dalam negeri tersebut terakreditasi BAN PT atau berkategori baik untuk perguruan tinggi di luar negeri.

BPI Dokter Spesialis
Jika Anda lulusan sarjana kedokteran dan berprofesi sebagai dokter, Beasiswa Dokter Spesialis LPDP bisa menjadi pilihan jika ingin melanjutkan ke jenjang spesialis. Beasiswa ini disediakan LPDP untuk mendukung serta memenuhi ketersediaan sumber daya manusia, khususnya di bidang kedokteran spesialis. BPI Dokter Spesialis merupakan beasiswa penuh yang menanggung kebutuhan studi dan biaya hidup penerimanya.
Beasiswa ini bisa dipergunakan untuk Anda yang ingin mengambil gelar dokter spesialis, seperti Spesialis Obstetri & Ginekologi, Spesialis Anak, Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Anastesiologi, Spesialis Bedah, Spesialis Radiologi, Patologi Klinik, Rehabilitasi Medik, serta dimungkinkan spesialis lain yang tercantum di daftar LPDP.

Beasiswa Afirmasi
Ini salah satu Beasiswa LPDP yang terbilang unik. Jika memenuhi kriteria, Anda bisa mendaftarnya untuk beasiswa LPDP 2018. Beasiswa Afirmasi. Program beasiswa LPDP ini hanya menyasar kelompok tertentu. Tidak seperti BPI Program Magister dan Doktor yang telah diuraikan di atas.
Beasiswa Afirmasi ditujukan buat mereka yang berasal dari daerah perbatasan, seperti pulau-pulau terluar dan daerah pedalaman atau mereka yang berasal dari daerah tertinggal yang memiliki indeks kemajuan pembangunan ekonomi serta sumber daya manusia di bawah rata-rata.
Kelompok lainnya yang bisa mendaftar Beasiswa Afirmasi adalah alumni penerima Beasiswa Bidik Misi ketika S1, PNS/TNI/Polri, santri, penyandang disabilitasi, peraih olimpiade sains, berprestasi dalam bidang olahraga, seni/budaya, dan keagamaan tingkat nasional dan internasional, dan masyarakat berprestasi dari keluarga miskin atau prasejahtera.
Pelamar bisa memanfaatkannya untuk studi jenjang S2 atau S3 di dalam maupun luar negeri. Seperti halnya BPI Program Magister dan Doktor, beasiswa Afirmasi juga termasuk beasiswa penuh yang disediakan LPDP bagi penerimanya.
Beasiswa Afirmasi PNS, TNI, dan POLRI, adalah beasiswa yang khusus ditujukan untuk PNS, TNI, dan POLRI dengan menyertakan surat pengantar dari institusi masing-masing. Beasiswa afirmasi ini diselenggarakan sejalan dengan roadmap SDM di institusi masing-masing.

Indonesia Presidential Scholarship 2018 Tidak Dibuka

Presidential Scholarship atau Beasiswa Presiden merupakan beasiswa prestisius yang disediakan LPDP bekerjasama dengan pihak Kepresidenan RI. Penerima beasiswa ini adalah mereka yang berhasil lolos di salah satu dari 50 universitas terbaik yang ditetapkan LPDP. Jenis program Beasiswa LPDP ini tampak lebih istimewa karena terkait dengan simbol kepala negara. Tentunya untuk bisa terjaring di kampus tersebut pelamar harus bersaing dengan sangat ketat.  Secara umum komponen biaya yang disediakan tidak berbeda dari BPI program Magister dan Doktor atau Beasiswa Afirmasi, hanya saja Beasiswa Presiden memiliki pembiayaan tambahan di antaranya biaya pelatihan (short course) serta insentif dana penelitian. Anda yang mengincar Beasiswa LPDP, Indonesia Presidential Scholarship bisa menjadi pilihan menarik.

Pendaftaran

Beasiswa LPDP dibuka setiap tahun. Biasanya pendaftaran dilakukan per periodik. Pendaftaran juga dibuka berdasarkan tingginya jumlah peminat.
Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2018 telah dibuka mulai 7 Mei hingga 8 Juni 2018.

Tahun 2018, LPDP menerapkan sejumlah kebijakan baru yang belum ada di LPDP tahun 2017 lalu.

Tahapan Pendaftaran Beasiswa LPDP :
Daftar Online -> Pengumuman Seleksi Administrasi ->  Wawancara -> Pengumuman Hasil Wawancara -> Program Kepemimpinan (PK) -> Pengumuman Kelulusan.

Beasiswa LPDP 2018 untuk kuliah dalam negeri adalah 8 Juni 2018.
Pendaftaran terakhir Beasiswa LPDP 2018 untuk kuliah luar negeri adalah 21 September 2018.
Jadwal tersebut diperuntukkan bagi rencana studi/ kuliah yang dimulai tahun akademik 2019.
Pendaftaran Beasiswa Disertasi untuk periode 1 ditutup 8 Juni 2018 dan untuk periode 2 ditutup tanggal 21 September 2018. 

Pendaftaran BPI Dokter Spesialis dibuka sepanjang tahun dengan periode pendaftaran maksimal empat kali dalam setahun. Pelamar bisa melanjutkan pendidikan dokter spesialis tersebut pada perguruan tinggi tujuan LPDP.

Periode pendaftaran beasiswa Afirmasi 2018 dibuka mulai 7 Mei 2018 hingga 8 Juni 2018. Seluruh proses pendaftaran (unggah dokumen) dilakukan secara online melalui laman : www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.
Atau lihat uraian lengkap di : www.beasiswapascasarjana.com.

Dana Beasiswa

Biaya yang akan ditanggung untuk beasiswa LPDP adalah Biaya pendaftaran, SPP, tunjangan buku, biaya tesis/disertasi/penelitian, biaya wisuda, biaya transport PP, asuransi kesehatan, biaya aplikasi visa, biaya hidup dan biaya kedatangan.

Besarnya dana yang bisa diperoleh untuk Beasiswa Disertasi LPDP ini sangat ditentukan oleh rencana anggaran biaya (RAB) yang diajukan. Nominal maksimalnya ditentukan oleh LPDP.
Beasiswa disertasi untuk kuliah di dalam negeri bidang keilmuan agama, pendidikan, akuntansi dan keuangan, hukum, ekonomi, sosial, budaya/seni/bahasa dan bidang lain sebanyak-banyaknya Rp. 35.000.000,-
Beasiswa Disertasi yang berasal dari bidang keilmuan teknik, sains, pertanian, kedokteran dan kesehatan sebanyak-banyaknya Rp 40.000.000. Sementara, beasiswa disertasi untuk kuliah di luar negeri nominalnya lebih besar lagi, antara Rp 40 juta - Rp 50 juta.

Beasiswa untuk penyelesaian disertasi dibiayai maksimal 24 bulan baik yang studi di dalam negeri maupun luar negeri.

Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP :

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Merupakan Lulusan Sarjana/magister di Universitas terakreditasi Ban-PT
  • Mempunyai Jiwa Kepemimpinan
  • Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan/ keilmuan/ inovasi dan kebudayaan, dan lain sebagainya.
Harap diperhatikan bahwa pendaftar yang lulus seleksi di tahun 2018 dapat memulai perkuliahan di tahun 2019 dan tidak ada opsi pindah perguruan tinggi setelah submit dokumen dan lulus seleksi LPDP.

Untuk syarat umum dan ketentuan lainnya, kunjungi laman resmi beasiswa LDPD: http://www.lpdp.kemenkeu.go.id

Pendanaan Riset

Bantuan Dana Riset Inovatif-Produktif (RISPRO)
Selain beasiswa, LPDP juga menyediakan pendanaan riset yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan riset. Program ini lebih dikenal dengan Bantuan Dana Riset Inovatif-Produktif (RISPRO). Tujuannya adalah untuk mendorong inovasi produk riset dan mengarah pada komersialisasi/implementasi luaran riset.

Bantuan Dana RISPRO ini ada dua jenis, yaitu Bantuan Dana RISPRO Komersial dan Bantuan Dana RISPRO Implementatif. Bantuan ini bersifat tahun jamak yang diberikan setiap tahun dengan tiga tahap pencairan. Periset yang mengajukan Bantuan Dana RISPRO Komersial maksimal diberikan Rp 2 miliar untuk setiap judul riset. Sementara, Bantuan Dana RISPRO Implementatif untuk setiap judul riset setinggi-tingginya Rp 500 juta.

Pendaftaran Bantuan Dana RISPRO dilakukan sepanjang tahun dengan dua periode pendaftaran. Batch I adalah 30 Juni – 31 Januari, dan Batch 2 adalah 1 Februari – 29 Juni.
Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional

Jika Anda seorang periset dan/atau kelompok periset yang berhasil mempublikasikan karya ilmiah di jurnal internasional yang terindeks Scopus dan Thomson Reuters, sepertinya bisa mempertimbangkan mengikuti Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional yang disediakan LPDP. Penghargaan publikasi ilmiah ini ditujukan untuk artikel ilmiah yang bertema strategis terkait dengan pengembangan khazanah ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

Nilai penghargaan publikasi tersebut diberikan berdasarkan peringkat penilaian artikel ilmiah yang diajukan. Nominalnya Rp 50 juta dan Rp 100 juta, sesuai pemeringkatan yang dilakukan.
Peserta yang berminat bisa mengusulkan keikutsertaan dalam Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional yang disampaikan secara online melalui Sistem Informasi Pendaftaran dan Seleksi Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional LPDP (SI Pensel P2II LPDP).


SUMBER :

Posting Terkait :

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat