KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Thursday 10 May 2018

Inilah 7 Cara Murah Hindari Penuaan Diri

Posted by   on Pinterest


Penyebab Penuaan Dini.

Banyak yang tidak menyadari ada hal-hal kecil yang memicu penuaan dini. Memang terlihat sepele dan merupakan kegiatan sehari-hari, tapi memberikan efek besar. Menonton televisi tidak hanya berbahaya untuk indra penglihatan, namun juga tidak baik untuk kulit Anda. Bila Anda terlalu lama menonton televisi, maka sinar yang terpancar dari televisi akan membuat Anda berusia lebih tua daripada seharusnya. Polusi adalah penyebab kedua penuaan dini. Hal ini dikarenakan kimia yang terkandung dalam emisi gas kendaraan bermotor merusak elastisitas alami kulit Anda, sehingga menyebabkan kulit akan lebih mudah keriput dan lebih cepat kering. Penyebab ketiga dari penuaan dini adalah bagaimana Anda membersihkan wajah.

Penuaan dini juga dapat dipengaruhi oleh bagaimana cara Anda meminum air. Menggunakan sedotan saat minum, akan menghasilkan tekanan pada kulit di sekitar leher dan pipi. Tekanan yang terlalu sering bisa memicu terbentuknya kerutan pada area leher dan pipi. Tidak hanya minuman, tapi apa yang Anda makan juga dapat mempengaruhi usia kulit Anda. Bila Anda penggemar makanan manis, Anda lebih rentan untuk mengalami penuaan dini. Terlalu banyak kadar gula di dalam aliran darah, dapat memicu proses glikasi, yaitu proses perusakan kolagen pada kulit. Kurangnya kolagen dapat menyebabkan kulit menjadi kehilangan kekenyalannya dan lebih cepat berkeriput.

Hal terakhir yang dapat memicu penuaan dini adalah pekerjaan Anda. Stres, tekanan pekerjaan, hingga penyejuk udara di kantor dapat memicu penuaan dini. Stres terbukti dapat mempercepat penuaan sel tubuh, sementara penyejuk udara dapat membuat kulit Anda semakin kering dan meningkatkan proses penuaan.

Membersihkan wajah memang baik dan sangat dianjurkan, namun terlalu sering membersihkan wajah dapat menghilangkan minyak alami yang terkandung di dalam kulit wajah. Minyak itu secara alami berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah. Bila kandungan minyak ini berkurang,wajah akan lebih cepat mengeriput.

Kulit merupakan serat meshwork dari kolagen dan elastin - protein yang menjaga kulit tetap kencang. Ketika kulit direntangkan, matriks protein ini kembali terpasang pada tempatnya. Seiring bertambahnya usia, jaringan serat melemah, dan kulit melorot karena kehilangan struktur pendukungnya. Hal lain yang tak terhindarkan seiring bertambahnya usia yang berkontribusi pada penuaan kulit, yaitu :
  • Kulit menjadi lebih tipis, dan kehilangan lemak. Kemerahan kulit kita yang gemuk saat anak-anak digantikan oleh tekstur yang lebih kasar.
  • Gravitasi tanpa henti menarik kulit yang lemah, menciptakan droop jowls atau "lemak ayam" di bawah lengan.

Seiring bertambahnya usia, seperti halnya tubuh kita yang lain, kulit juga menderita keausan alami. Kode genetik memberikan kontribusi yang tidak terlihat pada proses penuaan yang mengarah ke kulit pada usia 50 ke 80 pada beberapa orang, tetapi sebaliknya bisa terlihat pada orang lain. Tak satu pun dari apa yang disebut "penuaan intrinsik" kulit ini dapat dihindari. Apakah penuaan kulit bisa dicegah? Tentu, itu bisa dihindari

Berikut Tips Kesehatan Untuk Menjaga Awaet Muda.

1. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Matahari

Sebagian besar perubahan kulit yang terkait dengan penuaan disebabkan kerusakan akibat sinar matahari. Sinar ultraviolet dari matahari menembus ke kulit, yang merusak serat elastis yang menjaga kulit tetap kencang, sehingga memungkinkan kerutan untuk berkembang. Jumlah kerutan yang berkembang, dan seberapa menonjolnya, sangat bergantung pada paparan sinar matahari sepanjang hidup seseorang. Memang, beberapa kerutan bersifat turun temurun, tetapi sejumlah kerutan merupakan penuaan alami.Sinar matahari juga penybab atas bintik-bintik usia atau "bintik-bintik hati" di tangan, wajah, dan daerah-daerah lain yang terpapar sinar matahari. Oleh karena iu, berhentilah berjemur. Setiap berjemur, warna coklat berarti kerusakan kulit telah terjadi. Selalu kenakan tabir surya. Pilih produk dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 15 atau lebih tinggi. Tutupi tangan dan wajah yang paling sering terpapar matahari. Selalu kenakan topi. Hindari matahari antara jam 10 pagi dan jam 3 sore, ketika sinarnya paling kuat. Bahkan dengan penggunaan tabir surya yang sempurna, kerutan tidak dapat dicegah sepenuhnya.

2. Diet dan Koneksi Kulit

a. Makan Sayuran Dan Buah-buahan
Kulit terus-menerus bertempur dengan matahari dan terus memperbaiki dan meregenerasi dirinya sendiri. Kulit Anda membutuhkan nutrisi yang tepat dan sehat. Antioksidan seperti vitamin C dan E, serta vitamin A dan vitamin B biotin, sangat penting untuk kulit yang sehat. Anda akan mendapatkan semua nutrisi ini, dan bahkan lebih banyak lagi, dengan mengonsumsi lima hingga tujuh porsi buah dan sayuran segar setiap hari. Tomat, jeruk, sayuran berdaun hijau, dan wortel adalah asupan yang baik untuk memulai. Vitamin C khususnya dianggap bermanfaat bagi kulit dapat diperoleh dari sayuran, buah-buahan yang memiliki sejumlah besar antioksidan dan membantu hidrasi.
Ada bukti yang baik bahwa kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh racun dan metabolisme berkontribusi pada proses penuaan pada tingkat sel. Makanan (tetapi bukan suplemen) yang tinggi antioksidan tampaknya melindungi kulit dari stres oksidatif.
Beberapa bukti menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 sangat bermanfaat bagi kulit yang ditemukan pada ikan.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin D mungkin sangat penting dalam memperlambat proses penuaan, bahkan tampaknya memiliki cukup banyak manfaat lain yang sepadan dengan investasi.
Makan utuh biji-bijian, tidak palsu, biji "utuh" yang digiling menjadi tepung sangat baik sebagai sumber vitamin, mineral dan serat larut. Mereka juga merupakan bahan bakar yang sempurna bagi mereka yang sedang berolahraga.
Makan kacang dan kacang-kacangan dapat membantu menjaga kulit terhidrasi dan tampak muda, karena Kacang-kacangan adalah sumber mineral yang luar biasa. Kacang adalah makanan ringan yang sempurna dan dipenuhi dengan lemak anti penuaan, vitamin dan mineral. Mereka juga bagus untuk menekan nafsu makan, tetapi jangan makan lebih dari segenggam.
Selain sekedar teh penuh antioksidan dan senyawa pelawan kanker lainnya, istirahat sambil nge TEH sore tengah hari bisa menjadi seperti yang diperintahkan dokter untuk membuang stres.
Minyak zaitun sehat dan lezat. Manfaat lemak sehat seperti minyak zaitun tidak terhitung.
Anggur merah memiliki senyawa anti-penuaan yang kuat di dalamnya yang dikenal sebagai resveratrol. Meskipun tidak mungkin bahwa dosis resveratrol dalam anggur merah cukup tinggi untuk mempengaruhi masa hidup, minum alkohol dalam jumlah sedang juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan masalah pembuluh darah lainnya.

b. Hindari gula
Gula adalah penyebab langsung penuaan dan secara signifikan mengurangi masa hidup organisme dari ragi menjadi primata. Bukan dengan jumlah kecil.
Hindari makan apapun dengan berlebihan dalam situasi apa pun.
Studi tentang penuaan kulit telah menunjukkan bahwa susu dan produk susu dikaitkan dengan jerawat, yang dapat menyebabkan bintik-bintik menakutkan dan penuaan.
Daging olahan berhubungan dengan banyak masalah kesehatan yang berbeda pada manusia. Mungkin makan daging deli tidak perlu setiap hari jika Anda ingin tetap muda.
Sama seperti gula, karbohidrat olahan adalah penyebab langsung penuaan dan penyakit.
Asam lemak rantai menengah seperti yang ditemukan dalam minyak kelapa mulai diakui sebagai penting oleh peneliti, tetapi buktinya terbatas. Minyak kelapa juga merupakan sumber lemak jenuh yang sehat untuk vegetarian.

3. Tata Rias Penampilan

Penampilan kulit Anda sebagian besar tergantung pada kelembaban. Bantu dengan menggunakan pelembab untuk menjaga kulit Anda lembut dan terhidrasi. Bekerja dengan seorang profesional untuk menentukan jenis apa yang terbaik untuk Anda.
Jangan menaikkan alis Anda.
Menaikkan alis akan memberi Anda kerutan. Ekspresikan diri tanpa banyak kerut di dahi.
Pakailah tabir surya karena radiasi UV dari matahari merusak kulit Anda dan meningkatkan penuaan.
Hindari merias wajah langsung ke kulit. Melewatkan riasan dapat membantu menjaga hidrasi dan elastisitas kulit. Mungkin maskara dan lip gloss cukup untuk sebagian besar situasi.
Hidrat Kulit Anda sangat sensitif terhadap kadar air. Tetap terhidrasi dengan menghirup air dan makan buah-buahan dan sayuran sepanjang hari.
Memutihkan gigi, mungkin ini bukanlah sesuatu yang mudah ditemukan di pasar tradisional, tetapi pemutihan gigi bisa sangat membantu. Coba dan ingat terakhir kali Anda melihat seorang anak berusia 20 tahun dengan gigi kuning, apa yang muncul dibenak Anda ....?
Mungkin Anda orang yang bahagia, tetapi kerutan kemungkinan besar akan terjadi saat tersenyum dan muncul terutama di sekitar mata Anda. Memakai kacamata hitam saat Anda pergi ke luar juga akan memblokir matahari.

4. Relaksasi Dan Istirahat

Bagaimana melihat dan merasakan hari-hari Anda adalah tergantung berapa banyak tidur yang Anda dapatkan. Mungkin 7 jam itu ideal, tetapi setiap orang bisa berbeda.

5. Merokok dan Alkohol

Keriput terjadi lebih cepat dan lebih dalam pada orang yang merokok. Penurunan aliran darah ke wajah, dan kerusakan dari bahan kimia beracun dalam asap, adalah kemungkinan penyebabnya. Selain itu, perokok cenderung menyipitkan mata untuk menjaga asap dari mata mereka, yang dapat menyebabkan kerutan. Kaki gagak di sekitar mata, dan kulit yang terkulai di sekitar kelopak mata (disebut "wajah perokok") sering terjadi pada perokok tembakau yang sudah lama. Untuk melindungi penampilan awet muda Anda, satu lagi alasan adalah bagus untuk berhenti merokok. Merokok adalah salah satu cara termudah untuk terlihat lebih tua dari yang sebenarnya dan mempersingkat hidup Anda pada saat yang bersamaan. Hindari wabah dari asap primer dan sekunder.
Alkohol yang berlebihan (lebih dari satu gelas sehari untuk wanita, dua untuk pria) buruk untuk kulit, dan kesehatan Anda secara umum. Orang yang peminum berat cenderung tidak makan makanan sehat, sehingga menghilangkan nutrisi kulit yang dibutuhkan untuk mencegah penuaan.

6. Olah Fisik Dan Mental

Latihan mental tampaknya menjadi salah satu elemen kunci dari penuaan yang berkualitas, tetapi ini tidak berarti Anda harus duduk-duduk seharian melakukan teka-teki silang. Spesialis penuaan neuroscientist dan kognitif Dr. Adam Gazzaley menyarankan untuk pergi keluar dari cara Anda untuk menantang diri Anda secara mental, melakukan hal-hal seperti bepergian dan belajar bahasa baru bahkan di atas usia 60.
Latihan kardio untuk menurunkan berat badan, tetap penting untuk kesehatan vaskular. Cardio tidak perlu membunuh Anda, tetapi Anda harus melakukannya secara teratur.
Membangun otot yang kuat dan kencang adalah salah satu cara paling efektif untuk terlihat lebih muda. Latih kekuatan dengan sedikit berjalan jauh.
Berapa tahun dari hidup Anda yang benar-benar ingin Anda habiskan di sofa? Mengurangi kalori adalah satu-satunya cara paling efektif untuk memperlambat penuaan dan memperpanjang umur.

7. Kurangi Gaget Bahkan Matikan televisi Anda

Kita semua memiliki hal-hal yang kita nikmati, tetapi jika itu menghabiskan banyak waktu lebi dari 5 jam setiap minggunya mungkin sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali.

Berbahagialah. Kebahagiaan melakukan kebaikan tubuh. Isi hidup Anda dengan hal-hal yang Anda sukai. Berlatihlah aktivitas yang menguras stres seperti meditasi dan olahraga, dan belajar untuk menghargai kegembiraan saat menemukannya.

Semoga Bermanfaat.


SUMBER :

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat