KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Tuesday 22 May 2018

Hari Ibu, Aneka Rasa Cinta Yang Tak Pernah Pudar

Posted by   on Pinterest

Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya. Dirayakan oleh hampir seluruh dunia. Maknanya menghargai peran seorang ibu.

Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.


Ibu, bagaimana kabarmu hari ini?
Bersama Doa mu, semuanya begitu indah.

Ibu, bagaimana kabarmu hari ini?
Ibu, jangan khawatir, aku baik-baik saja.
Kuberjanji untuk melihatmu nanti.
Kali ini tak kan tertunda....

Ibu, bagaimana kabarmu hari ini?
Ku telah menemukan pendamping impianku.
Kelak ku akan mengenalkan dia.
Banyak hal yang terjadi selama aku pergi.

Ibu, bagaimana kabarmu hari ini?


Hari Ibu berbagai negara

Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day diperingati setiap tanggal 8 Maret. Hari Ibu atau Mother's Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, termasuk di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah.

Di Indonesia hari ibu dirayakan secara nasional pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Dekret Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928. Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran, yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso,Yogyakarta. Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatera.

Di Indonesia, organisasi wanita telah ada sejak 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke-19 seperti Kartini, Martha Christina TiahahuCut Nyak MeutiaMaria Walanda MaramisDewi SartikaNyai Ahmad DahlanRasuna Said, dan sebagainya. Kongres dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

Indonesia juga merayakan Hari Kartini pada 21 April, untuk mengenang aktivis wanita Raden Ajeng Kartini. Ini merupakan perayaan terhadap emansipasi perempuan.Peringatan tanggal ini diresmikan pada Kongres Perempuan Indonesia 1938. Pada saat Presiden Soekarno menetapkan Kartini sebagai pahlawan nasional emansipasi wanita dan hari lahir Kartini sebagai memperingati hari emansipasi wanita nasional. Tetapi banyak warga Indonesia yang memprotes dengan berbagai alasan diantaranya Kartini hanya berjuang di Jepara dan Rembang, Kartini lebih pro Belanda daripada tokoh wanita seperti Cut Nyak Dien, dll.

Karena Soekarno sudah terlanjur menetapkan Hari Kartini maka Soekarno berpikir bagaimana cara memperingati pahlawan wanita selain Kartini, akhirnya Soekarno memutuskan membuat Hari Ibu Nasional sebagai hari mengenang pahlawan wanita alias pahlawan kaum ibu-ibu dan seluruh warga Indonesia menyetujuinya.

Hari ibu di Amerika Serikat dirayakan pertama kali pada tahun 1908, ketika Anna Jarvis mengadakan peringatan atas kematian ibunya di Grafton, West Virginia. Pada tahun 1908, Kongres Amerika Serikat menolak proposal untuk menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur nasional. Pada tahun 1911, seluruh negara bagian di Amerika Serikat menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur. Pada tahun 1914, Woodrow Wilson menandatangani deklarasi untuk menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur nasional.

Hari Ibu telah berasimilasi dengan kultur India, dan dirayakan setiap hari Minggu kedua bulan Mei. Di India, para ibu dianggap sebagai dewi atas anak-anak mereka.

Tanggal perayaan Hari Ibu di berbagai negara :

Tanggal
Kalender Gregorian
Negara dan Definisi
Pekan ke dua bulan Februari
(Antara tanggal 30 Januari dan 1 Maret)
30 Shevat
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9a/Flag_of_Afghanistan.svg/23px-Flag_of_Afghanistan.svg.png Afganistanhttps://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/dd/Flag_of_Azerbaijan.svg/23px-Flag_of_Azerbaijan.svg.png AzerbaijanBendera Bulgaria BulgariaBendera Moldova Moldova
Bendera Montenegro Montenegro Bendera Rusia Rusia Bendera Serbia Serbia Bendera Ukraina Ukraina Bendera Rumania Romania Bendera Kazakhstan Kazakhstan Bendera Laos Laos Bendera Republik Makedonia Makedonia Bendera Belarus Belarusia Bendera Bosnia dan Herzegovina Bosnia dan Herzegovina https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/36/Flag_of_Albania.svg/21px-Flag_of_Albania.svg.png Albania Bendera Armenia Armenia
Pekan ke empat Lent
21 Maret

(Ekuinoksvernal)
Bendera Bahrain BahrainBendera Libya LibyaBendera Lebanon LebanonBendera Arab Saudi Arab Saudi Bendera Sudan Sudan Bendera Uni Emirat ArabUni Emirat ArabBendera Yaman Yaman (Seluruh Flag of the Arab League.svg Liga Arab pada umumnya) https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a0/Flag_of_Somalia.svg/23px-Flag_of_Somalia.svg.png Somalia https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/53/Flag_of_Syria.svg/23px-Flag_of_Syria.svg.png SuriahBendera Oman OmanBendera Negara Palestina Palestina
Bendera Mesir MesirBendera Yordania YordaniaBendera Kuwait Kuwait
+/- 5 hari Baisakh Amavasya (Mata Tirtha Aunsi)
Pekan pertama bulan Mei
Bendera El Salvador El Salvador Bendera Guatemala Guatemala Bendera Meksiko Meksiko
Pekan ke dua bulan Mei
Bendera PolandiaPolandia "Dzień Matki"
Pekan ke empat bulan Mei
Bendera Perancis Perancis (Minggu pertama pada bulan Juni yang bertepatan dengan Pentakosta)
Bendera Perancis Perancis Antilles (Minggu pertama pada bulan Juni yang bertepatanPentakosta)
Bendera Mongolia Mongolia (Hari Ibu dan Anak)
Pekan ke dua bulan Juni
Minggu terakhir bulan Juni
 Bendera Kenya Kenya
Bendera Thailand Thailand (hari ulang tahun Ratu Sirikit)
15 Agustus
(Hari Maria Diangkat ke Surga)
(Pâthâre Prabhu di India Selatan)
Senin ke dua bulan Oktober
Pekan ke tiga bulan Oktober
Bendera Argentina Argentina (Día de la Madre)
Pekan ke empat bulan NovemberBendera Rusia Rusia
Kalender lainnya
Shevat 30
Antara 30 Januari dan 1 Maret
Antara 19 April dan 29 April
Baisakh Amavasya (Mata Tirtha Aunsi)
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9b/Flag_of_Nepal.svg/12px-Flag_of_Nepal.svg.png   Nepal
14 Juni 2009
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/ca/Flag_of_Iran.svg/23px-Flag_of_Iran.svg.png Iran

Sumber :
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Maywood

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat