KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Tuesday 8 May 2018

Yukkk.... Mari Membangkitkan Semangat Hidup Hari Ini

Posted by   on Pinterest


Memulai suatu perjuangan perlu fondasi-fondasi diri yang kuat. Andapun harus tetap konsisten dengan target mimpi Anda meski berbagai rintangan yang harus Anda lewati mungkin terasa berat. Setiap orang memiliki latar belakang motivasi yang berbeda-beda dalam membangun sebuah mimpi, maka setiap kali seseorang merasa jenuh, lelah, dan putus asa, mulailah kembali melangkah dengan mengingat kembali motivasi awal perjuangan Anda. 
Tetaplah bersemangat untuk hari esok yang lebih baik. Jangan khawatir, akan selalu ada pelangi setelah badai. Semangat menjalani hari-hari itu sangat penting. Semangat di pagi hari akan menentukan kehidupanmu selama satu hari itu. Menjadi sesibuk mungkin, meskipun terasa tidak menyenangkan, tapi setidaknya bisa mengalihkan pikiran Anda dari masalah utama.

Berikut hal peting yang perlu dilakukan untuk menjaga semangat:

1. Memiliki Visi yang Jelas dalam Hidup
Hidup penuh dengan target, goals, dan impian. Sudahkah Anda memiliki target yang harus Anda capai untuk tahun ini? Jangan sampai Anda membiarkan hidup Anda menjadi tidak terarah sama sekali. Pastikan Anda sudah merencanakan hidup Anda, sebelum hidup Anda direncanakan oleh orang lain. Jika kita sudah menentukan tujuan yg jelas, maka kita akan tau apa yg harus kita lakukan. Semangat kadang naik turun, tergantung kita menjaga supaya semangat itu terus ada didalam diri tentunya kita harus menentukan kemana dan impian apa yg ingin diraih, maka dengan itu disaat down kita akan tetap bangkit karena tahu apa mimpi yg harus diraih. Beri diri Anda hadiah berupa cita-cita dan impian, dan jangan biarkan rasa takut menggetarkan suara besar seberapa dalam impian Anda. Menjaga hasrat dan impian terdalam hidup Anda adalah bahan bakar yang membuat semangat Anda tetap terang. Ketika Anda diberi karunia diri untuk berpikir tentang mimpi Anda dan membagikannya dengan orang lain, itu adalah cara otomatis untuk mencerahkan roh kita.

2. Layar Gaget dan Internet menguras semangat Anda.
Berapa banyak kekuatan hidup Anda yang diredupkan saat Anda menyianyiakan waktu Anda di media sosial, di depan TV Anda atau di komputer Anda? Semakin banyak waktu yang saya habiskan untuk dibanjiri oleh sensor yang berlebihan atau melihat gulungan sorotan orang lain, semakin sulit bagi saya untuk kembali hadir dalam hidup saya sendiri. Menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer mengganggu mata Anda, mempengaruhi lengkungan tulang belakang Anda, meningkatkan ekspos terhadap radiasi (meskipun, jenis yang tidak berbahaya), dan membatasi gerakan tubuh. Bahkan beberapa jam setelah melakukan pembaruan, Anda tidak dapat berkonsentrasi pada tugas-tugas, percakapan, dan tanggung jawab lain yang biasa-biasa saja karena pikiran Anda belum dapat keluar dari dunia maya - Anda masih cemas tentang pemberitahuan tersebut. Jika Anda seorang siswa, nilai Anda akan turun. Jika Anda sudah menikah, pasangan Anda akan mengeluh tentang ketertarikan Anda yang berkurang dalam keluarga Anda. Kelebihan jejaring sosial dan ketenaran internet tidak akan membawa Anda ke manapun kehendak kehidupan nyata yang berkualitas.

3. Larutkan ego Anda
Anda akan terkejut sangat oleh karena dengannya hidup Anda akan berubah dengan membunuh ego Anda sendiri. Perdebatan lama dengan teman-teman diselesaikan, dan kedamaian pikiran Anda dipulihkan. Kita menciptakan lembaga peradilan miniatur dalam pikiran kita dimana kita secara konstan membela diri dan menyalahkan pihak lain atas sesuatu dari pihak yang telah mempengaruhi kita. Serius, maafkan dan lupakan. Jika Anda menunggu karma untuk mengambil tindakannya, saya menyesal mengecewakan Anda, tetapi tidak ada hal semacam itu. Anda membodohi diri sendiri dengan mempercayai omong kosong seperti itu dan kehilangan hubungan berharga dalam prosesnya. Tidak ada yang secara inheren jahat; jika mereka menyakiti perasaan Anda - itu pasti benar-benar tidak disengaja atau didorong oleh keadaan yang berlaku. Bantulah diri Anda sendiri dan jadilah yang pertama untuk menyelesaikan perkelahian. Jadilah orang yang lebih baik. Dengan melarutkan ego, Anda tidak lagi ragu untuk meminta bantuan. Jika Anda memiliki terlalu banyak di tangan Anda, mintalah seseorang untuk membantu Anda, daripada mengharapkan mereka membaca pikiran Anda dan dating untuk melayani Anda.

4. Selaras Gairah dengan Tujuan Kerja
Menyelaraskan apa yang Anda kerjakan sesuai dengan gairah dan tujuan hidup merupakan kunci penting. Kebanyakan orang menjadi tidak semangat karena kehilangan ‘makna’ dari bekerja. Mereka tidak merasakan bahwa apa yang dikerjakan itu adalah progres yang semakin mendekatkan mereka dengan impian yang ingin dicapai.
Saya memahami bahwa ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi jika ada sedikit pun peluang bahwa Anda dapat mewujudkannya, ambillah. Pertimbangkan energi Anda untuk dipisahkan di antara banyak tanggung jawab Anda. Jika Anda mengalihkan semua energi Anda untuk pekerjaan dan ambisi karier Anda, keluarga Anda akan mendapatkan sedikit dari Anda. Apa gunanya? Anda harus mendapatkan yang terbaik dari segalanya - bukan hanya satu hal. Biasanya, Anda pulang larut malam; Anda terlalu lelah untuk tertarik, apalagi berpartisipasi dalam kegiatan keluarga Anda. Lambat laun, semua orang menyerah untuk mengomelimu tentang hal itu, dan sibuk dengan kehidupan pribadi mereka sendiri - jangan biarkan ini terjadi. Di setiap titik waktu, keluarga mengalahkan pekerjaan.

5.Buatlah kegiatan wajib dengan keluarga
Ini bisa menjadi apa saja - permainan kartu, carom, monopoli, olahraga, setelah makan malam, film bulanan, piknik, berkemah, ziarah, liburan - apa saja. Pastikan saja kalian menghabiskan waktu berkualitas bersama. Jika Anda belum melakukan hal seperti ini sejauh ini, mulailah sekarang - lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Hidup itu singkat dan hanya Tuhan yang tau, apa pun bisa terjadi kapan saja - manfaatkan orang-orang yang Anda cintai.
Jika kita terlahir dari keluarga yg biasa-biasa saja, maka akan timbul dari diri untuk menjadi luar biasa dengan mengangkat derajat keluarga kita. Tentunya dengan keinginan mengangkat derajat keluarga kita akan semangat meraih impian supaya kelak bisa membuat keluarga bangga kepada kita.

6.Cintai semua dan Terimalah semua secara Mendasar
Tantang gagasan Anda yang terbentuk sebelumnya tentang orang-orang yang berbeda dari Anda. Daripada memegang prasangka, kagumilah berbagai kepribadian manusia. Dekati orang dengan cara yang sama seperti Anda mendekati subjek - dengan rasa ingin tahu dan pikiran terbuka.
Jika hidup terasa rumit dan berat, berilah perhatian pada hal-hal yang paling sederhana dan lihatlah apa yang berubah dengan Anda. Kembali ke kegidupan dasar seperti: keluar rumah, melakukan percakapan nyata dengan orang-orang nyata, menikmati makan bersama orang yang Anda cintai atau melakukan kegiatan yang Anda tahu akan membawa sukacita bagi Anda. Hal-hal dasar dalam kehidupan selalu tampak tepat di bawah hidung kita, itu hanya masalah meletakkan fokus Anda di sana.
Ketika saya merasa kewalahan dengan terlalu banyak hal yang harus dilakukan, saya suka menaikan sepatu saya dan keluar untuk berlari. Ada sesuatu tentang alam dan udara segar yang mencairkan stres saya. Ketika sesuatu hal menjadi stres sampai titik tertentu di dalam tubuh Anda merasakannya, saya percaya itu pertanda kuat bahwa ada sesuatu yang perlu Anda sederhanakan.
Ada saat-saat ketika Anda perlu menjauh dari orang-orang karena mereka terlalu sibuk dengan urusannya masing-masing. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, bermainlah sejenak bersama mereka. Atau jika Anda tidak memiliki, cobalah mengunjungi teman/ keluarga yang mempunyai binatang piaraan. Berbicaralah dengan bahasa hati, mereka memang tidak bisa berbicara namun akan merespon dengan tingkahnya sendiri. Mereka pasti akan menghibur Anda.
Pergilah ke tempat yang hening dekat dengan alam. Jika ada sebuah taman hijau subur di lingkungan tempat Anda atau pegunungan di dekatnya, Anda mungkin bisa berjalan-jalan di sana. Menghirup udara segar, memenuhi dosis vitamin D alami, dan olahraga ringan akan mengembalikan semangat ke dalam tubuh Anda. Kegiatan ini akan merevitalisasi Anda. Ketika Anda kembali ke rutinitas, Anda mungkin lebih bersemangat dan siap untuk menghadapi tugas-tugas baru.

7. Bertanggung jawab atas suasana hati dan perasaan Anda
Dari pengalaman saya sendiri dari masa surut dan kegelapan, saya telah belajar bahwa yang terbaik adalah pilar kekuatan Anda sendiri. Suatu saat, saya menghabiskan waktu berjam-jam untuk membenci diri sendiri, mencari perhatian, menyalahkan; menunggu orang-orang datang kepada saya dan memberi tahu saya, bahwa itu akan baik-baik saja, untuk memeluk saya, untuk bersimpati dengan saya, hanya untuk menyadari betapa tidak berartinya itu semua. Setelah saya mengetahuinya dalam pikiran saya, saya secara otomatis merasa lebih baik. Ternyata yang saya butuhkan-hanya saya saja. Ingat, "Anda" adalah satu-satunya batasan Anda - Anda bertanggung jawab atas semua yang telah terjadi pada Anda, dan Anda bertanggung jawab atas semua yang akan terjadi dengan Anda. Jadi, Anda perlu menantang keraguan yang Anda miliki tentang diri Anda sendiri. Menarik diri dari dunia tidak akan membantu dengan cara apa pun, coba dan coba lagi.
Pikirkan masalah hidup sebagai cara yang mengajarkan Anda untuk diambil hikmahnya. Sebenarnya ini adalah sebuah kebenaran hakiki yang perlu dicermati, tapi kita sering merasa sulit untuk menerimanya. Namun, terus-menerus meyakinkan kepada diri sendiri bahwa ini hanyalah sebuah fase dan Anda diberi kesempatan untuk memperbaiki diri sendiri agar lebih baik.

8. Cintai dan peluklah diri Anda sendiri
Anda adalah makhluk yang luar biasa. Sangat mudah untuk menjaga semangat Anda cerah ketika hidup berjalan lancar dan kabar baik tampaknya muncul di setiap kesempatan. Ini adalah gambaran yang sepenuhnya berbeda ketika kehidupan berjalan keluar jalur atau berita buruk menghalangi jalan kita. Hidup itu seperti itu. Tembok dan rintangan ditempatkan di sepanjang perjalanan hidup kita, dan kita tidak pernah benar-benar tahu kapan mereka akan muncul.
Setiap hari adalah hadiah dan kesempatan untuk mulai segar. Jika kemarin berat, beri izin untuk membalik halaman. Mulailah hari ini dengan niat baru, yang akan meminta Anda untuk fokus pada lanskap sebelumnya. Ketika kita memberi diri kita karunia perspektif baru, permata tersembunyi memiliki cara untuk muncul dan mengingatkan kita akan sukacita yang hidup dalam diri kita.
Tubuh Anda adalah aset Anda yang paling berharga - perlakukan dengan baik. Sama seperti kita tidak akan memasukkan sabun ke dalam tangki bensin mobil kita, kita seharusnya tidak mengonsumsi makanan yang terlalu diproses dan diisi dengan bahan kimia dan sampah. Kita manusia dimaksudkan untuk memakan makanan utuh yang hidup, bukannya sampah kemasan dan makanan olahan yang terus-menerus membanjiri pasar. Ketika kita mengambil kendali dan memberi makan tubuh kita dengan makanan bergizi dan air bersih, itu membuat perbedaan bagaimana kita dalam merasakan dunia. Ketika kita merasa baik di dalam tubuh kita, jauh lebih mudah untuk mempertahankan disposisi yang cerah.
Kurang tidur itu mengerikan. Saya menyadari betapa bagusnya komoditas tidur malam yang sangat baik, mendapatkan waktu cukup memiliki bantal adalah cara untuk membuat kita merasa lebih manusiawi. Tidur adalah hadiah luar biasa untuk mengisi ulang dan mulai melihat hal-hal dengan mata yang segar. Menurut sleepfoundation.org, “tidur adalah indikator vital dari kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.”
Orang yang berbeda memiliki cara yang berbeda pula ketika berurusan dengan kesedihan. Ada banyak orang memilih pesta makanan untuk membuat mereka merasa senang. Beberapa orang yang lain menghibur diri dengan pergi berbelanja dan membeli beberapa barang. Ada beberapa lagi memilih main game atau berolahraga untuk mengusir frustrasi dari pikiran mereka. Memang, selalu lebih baik untuk memanjakan diri dalam beberapa kegiatan yang dapat melampiaskan perasaan Anda, bukan merenungi sesuatu yang sudah terjadi. Itu tidak hanya membuat jiwa Anda semakin menderita, tetapi juga membuat Anda terus memelihara tingkat kepercayaan diri yang rendah.

9. Pegang Kendali Kemudi Anda
Ketika hidup terasa membosankan, itu adalah waktu yang tepat untuk mengingatkan diri kita bahwa kita dapat kembali ke kursi pengemudi dalam hidup kita. Kadang-kadang kita membutuhkan pengingat bahwa kita berada dalam kendali tertinggi tentang bagaimana kita memilih untuk bereaksi terhadap pengalaman di hadapan kita dan bagaimana kita bergerak maju. Tentu terkadang langkah-langkahnya mungkin memakan waktu - tidak apa-apa. Ada sesuatu yang sangat memberdayakan untuk mengingat bahwa kita berada di kursi pengemudi dalam hidup kita, dan jika kita ingin merasakan lebih banyak sukacita, kita dapat mulai bergerak menuju tujuan yang lebih bahagia dengan kecepatan kita sendiri.
Posisikan Diri Untuk Menjadi Beda dengan Yang Lain. Menjadi orang yang biasa-biasa mungkin sudah menjadi hal yang lumrah disekitar kita, tapi apa mau diri kita tetap seperti ini? Hidup hanya satu kali maka dari itu cobalah berusaha untuk menjadi orang yang luar biasa dengan tetap menjaga semangat untuk meraih impian.

10. Bergabung Ke Grup Tepercaya Anda
Kita adalah makhluk sosial dan dimaksudkan untuk berhubungan dengan orang lain. Bergabunglah dengan orang-orang spesial dalam hidup Anda yaitu orang-orang yang ingin melihat kita bersinar terang. Merekalah sahabat yang Anda butuhkan untuk mengangkat sedikit semangat hidup Anda. Tertawa lepas yang baik dengan seorang teman atau pelukan hangat didada Anda akan mencerahkan suasana hati.
Anda tidak bisa menyalahkan kondisi negatif. Setiap kali Anda merasa sedih dan murung, luangkanlah waktu sejenak bersama dengan orang-orang yang berarti untuk Anda. Orang-orang ini bisa keluarga, teman, rekan kerja, putra/ putri atau bahkan beberapa orang yang tidak kenal tapi bisa membuat Anda merasa baik dan santai. Tidak ada hadiah yang lebih indah di dunia ini selain cinta tanpa pamrih dan kepedulian tanpa syarat. Karena memiliki partner yang saling menyemangati merupakan kekuatan untuk menghilangkan sejenak beban dalam hidup Anda.
Bergabunglah dengan grup perkumpulan apa saja yang bisa saling mengingatkan satu sama lainnya. Ini sangat efektif untuk menjaga motivasi Anda apabila ingin menanamkan kebiasaan baru. Semangat untuk terus membacanya tidak mudah padam karena dalam grup tersebut akan tercipta interaksi yang saling mendukung dan menyenangkan.

11. Latihan Spiritual dan Bersyukur
Kadang-kadang kehidupan membicarakan hal-hal yang sulit untuk menyelimuti pikiran Anda dan kehidupan dapat dengan cepat terasa mengecewakan dan tidak adil. Memiliki keyakinan pada kekuatan yang lebih tinggi, dengan cara yang bermakna dan benar untuk Anda, memiliki cara untuk menghadirkan rasa damai dan penerimaan sepanjang hidup. Memiliki latihan rohani yang dapat kita ubah menjadi jangkar dan cara yang kuat untuk menyalakan kembali terang Anda dari dalam. Saat Anda menaruh perhatian pada semua hal yang ANda syukuri, Anda dapat mengalami dorongan yang bisa dirasakan pada tingkat yang sangat dalam. Latihan rasa syukur dapat terlihat seperti apa pun yang Anda inginkan. Itu bisa menghitung berkat Anda di awal hari, sepanjang hari atau sebagai cara untuk mengakhiri hari.
Perkuat iman Anda, sertakan Tuhan dalam perjuangan Anda, karena tanpa iman yang kuat, Anda akan sangat mudah goyah dengan rintangan-rintangan yang Anda hadapi. Memohonlah kepada Tuhan untuk selalu membimbing Anda dan memberi Anda petunjuk. Jangan pernah berhenti berharap dan yakinlah akan rencana terbaik Nya. Mustahil kita bisa percaya bahwa impian akan terwujud tanpa kita meminta kepada Allah, karena hakekatnya Dialah yang menentukan dan Dia pula yang Maha Pemberi. Kita harus percaya bahwa Rezeki-Nya seluas langit dan bumi, dengan begitu kita akan tetap memiliki keyakinan jika mimpi kita akan mudah untuk diraih.

12. Mengelola Waktu
Jika hidup terasa seperti tidak terkendali dan Anda tidak bisa mengikuti, lihat apa yang terjadi ketika Anda menerapkan strategi manajemen waktu. Ada banyak sistem manajemen waktu digital di luar sana yang dapat membantu. Setel pengingat acara di ponsel dan komputer Anda. Setel alarm sebagai pengingat untuk pergi lebih awal. Mulailah hari Anda dengan menulis daftar apa yang ingin Anda capai, dan letakkan parameter waktu di setiap tugas. Terkadang Anda perlu melepaskan hal-hal yang tidak penting dan memprioritaskan apa yang semestinya. Memiliki kendali atas manajemen waktu akan membuat Anda merasa seperti berada tepat di tempat yang seharusnya - dan itu memberdayakan.

13. Miliki Catatan Evaluasi Harian
Diary atau catatan harian dapat memebri pembelajaran tentang apa yang Anda dapatkan, apa saja yang Anda lakukan, Apa rencana Anda yang sudah tercapai dan tidak tercapai, sehingga Anda bisa menjadi lebih baik lagi di hari berikutnya.

14. Melatih diri dengan mengikuti seminar atau training
Jadikanlah buku-buku motivasi atau buku biografi orang-orang sukses sebagai buku favorit Anda. Kisah mereka akan mampu menjadi inspirasi bagi Anda. Ikuti seminar-seminar motivasi atau training yang mampu membakar semangat Anda, membantu Anda melihat mimpi dengan lebih jelas, meyakinkan Anda bahwa semua mimpi itu sangat mungkin untuk diraih, dan memberi petunjuk jalan mana yang akan mendekatkan Anda dengan mimpi tersebut.

15. Bergaul Lebih Luwes
Berkumpul dengan orang-orang sukses, orang-orang yang penuh dengan energi positif di dalam diri mereka, orang-orang yang akan membantu Anda tetap konsentrasi dengan impian Anda sangat bermanfaat. Pilihlah tempat bergaul Anda, kesalahan memilih teman bergaul, akan berakibat fatal bagi Anda. Jangan juga mengendalikan orang lain dalam hidup Anda. Sangat sulit untuk menonton orang-orang yang Anda sukai menggali kuburan bagi dirinya sendiri, tetapi membiarkan mereka jatuh ke dalam lubang dan bangkit sendiri adalah pelajaran terbaik yang dapat Anda berikan kepada mereka.

Bagaimana Cara Mempertahankan Semangat Hidup?

Tidak ada tindakan tanpa motivasi dan tidak ada sukses tanpa tindakan. Oleh karena jika Anda merasa motivasi akan turun, apa lagi sudah turun, dan membiarkannya, akan mempengaruhi sukses Anda. Mungkin, Anda akan mudah menemukan tips-tips motivasi di berbagai tulisan. Namun, perlu diperhatikan, jika tip-tip tersebut tidak menyentuh akar permasalahannya, maka hasilnya akan kurang optimal. Mungkin, sebentar saja akan nempel. Anda mungkin hanya semangat sesaat dan juga mudah loyo. Anda harus bisa mempertahankan motivasi sampai ke akarnya agar memiliki daya tahan hidup yang plebih baik.

Lalu apa akar permasalahan yang menyebabkan turunnya motivasi? Pikiran yang tidak diberdayakan, kondisi pikiran Anda cendrung menghentikan Anda untuk bertindak. Selalu saja ada pikiran yang mengganggu motivasi Anda. Selain pikiran, emosi sangat mempengaruhi kondisi motivasi Anda. Emosi negatif akan menjadikan Anda hilang motivasi untuk melakukan sesuatu. Cara bertindak yang salah akan menyebabkan Anda kurang motivasi. Sebuah pekerjaan besar akan terlihat berat jika dilakukan dengan satu cara, tetapi terlihat ringan jika dilakukan dengan cara lain.

Kelola pikiran Anda, fokuslah pada yang positif. Inilah kenapa berpikir positif kaitannya sangat erat dengan motivasi.  Jagalah emosi pada kondisi yang baik dan tersenyumlah, berpikir positif terhadap segala sesuatu. Ubahlah cara bertindak agar pekerjaan Anda tidak terlihat berat. Anda perlu kreatif untuk menemukan cara bertindak yang menyenangkan dan menjadikan lebih mudah. Siapa yang bisa menjaga semangat juang ini? Siapa yang bertanggung jawab menjaga semangat kerja yang tinggi? Jawabannya tiada lain adalah DIRI KITA sendiri. Oleh karena itu, kita harus berjuang mati-matian untuk menjaga semangat hidup yang tinggi supaya tidak "patah semangat".

Faktor apa saja yang membuat semangat juang atau motivasi hidup kita ditempat kerja, menjadi "kendor"? Berikut ini adalah factor-faktor yang akan menghancurkan semangat juang:

1. Kerja tidak selaras dengan tujuan hidup yang tidak jelas
Banyak orang yang mengeluh tentang tidak termotivasi untuk melakukan sesuatu, karena mereka tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Tanpa tujuan hidup yang jelas, hidup kita tidak akan bergairah untuk melakukan apa pun. Hambar, mudah patah semangat dan mudah kalah dalam menghadapi berbagai persoalan. Oleh karena itu, tetapkan tujuan hidup Anda, tuliskan di secarik kertas dan tempel di ruang pribadi Anda. Lembaran ini akan menjadi pemandu langkah-langkah hidup Anda

2. Menunda-nunda : Penyebab Tidak Mempertahankan Motivasi
Kebiasaan buruk jika Anda tidak mempertahankan motivasi adalah menunda-nunda. Menunda-nunda adalah sinyal bahwa motivasi Anda sudah mulai turun. Akan ada alasan saat Anda menunda-nunda, mengikuti keinginan diri (hawa nafsu) untuk santai atau enggan menghadapi sesuatu yang berat. Pertanyakan dengan kritis (kritis juga bermanfaat untuk diri sendiri) kenapa Anda menundanya? Cobalah bantah alasan menunda tersebut. Sambungkan kembali tindakan tersebut dengan tujuan yang ingin Anda capai. Lakukan sendiri, dalam hati. Tidak usah berbicara dengan orang lain, karena biasanya cenderung untuk tetap membela diri atau melakukan pembenaran. Jika mau, Anda bisa berbicara kepada orang yang memiliki otoritas tinggi terhadap Anda. Mempertahankan motivasi jauh lebih penting daripada mempertahankan kebenaran alasan Anda. Saat motivasi rendah, malas akan muncul. Jika sebelumnya menunda-nunda, maka selanjutnya akan berkata “tidak usah saja”, “biarinlah”, “buat apa”, dan “malas ah”. Ini adalah sinyal saat motivasi sudah sangat mengendur.

3. Tidak miliki prinsip hidup yang tepat, Malah Hanyut "seperti pendapat orang lain"
Apakah Anda berhenti untuk membangun hubungan baik dengan atasan, karena mendengar komentar miring orang sekitar? Bila tindakan Anda sering didasari oleh pendapat orang lain, maka komentar negatif dari orang-orang lain, akan membunuh semangat hidup kita. Semakin Anda hanyut dalam kata-kata negatif dari orang lain, semakin Anda tidak punya daya juang dalam menghadapi kesulitan. Oleh karena itu, miliki prinsip hidup sesuai dengan petunjuk Tuhan Yang Maha Agung.

4. Sering fokus pada hal-hal negative
Banyak karyawan dan kaum profesional suka terfokus pada kelemahan orang lain, bahkan kekurangan atasan. Jika Anda terlalu fokus pada hal-hal buruk yang terjadi di tempat kerja, seperti menggosipkan kelemahan-kelemahan orang lain, mengeluh tentang berbagai kebijakan perusahaan yang tidak disukai, dsb, maka Anda akan mudah sekali patah semangat. Segera “sisi terang" dan berbagai peluang yang muncul akan sirna. Berubahlah dan mulai fokus pada hal-hal positif saja, maka motivasi kerja Anda akan bangkit. Oleh karena itu, mulai melatih diri melihat orang lain dan berbagai situasi dari sisi positif. Jangan sampai terjebak pada fokus kekurangan diri sendiri itu.

4. Berfikir Perlu Tetapi Bertindak Lebih Penting.
Hidup ini bukan mimpi, bukan juga sekedar hanya bercita-cita saja, hanya merencanakan saja. Tanpa tindakan konkrit, maka Anda kaki akan tetap berpijak di tempat yang sama, membosankan. Tidak ada kegairahan baru, tidak terjadi perubahan apa-apa. Tanpa tantangan baru, akhirnya akan membuat semangat hidup padam. Jadi, apabila rencana dan tujuan Anda sudah jelas, segeralah bertindak! Mungkin Anda butuh bantuan orang lain atau mentor. Mintalah mentor Anda untuk memberikan dorongan semangat untuk bertindak.

5. Rasa Takut
Perasaan takut adalah hasutan iblis yang tersadis yang ditularkan kepada manusia. Ketika perasaan takut ini muncul, maka lidah terasa kelu, kaki macet dan otak seperti membeku. Rasa takut salah dan gagal akan membunuh semangat juang Anda.

Semua kembali kepada diri kita sendiri, jika kita mau bersabar dan tekun serta tidak pernah berhenti belajar dari hal apapun maka keinginan dan cita-cita akan menjadi milik Anda. Jika faktor diatas mampu untuk dijalankan, maka arah dan tujuan untuk meraih impian akan tetap terjaga semangatnya.

Sebaliknya orang malas tidak sadar, kalau dia malas. Selalu ada alasan yang tepat untuk setiap kemalasannya. Ada juga yang sadar kalau dia malas, tetapi dia malas untuk mengobati penyakit malas tersebut dan akan malas terus. Dia hanya bisa mengeluh kalau dia malas dan selalu bertanya bagaimana cara mengatasi malas, tetapi dia tetap malas untuk mengobatinya. Sulit mengatasi malas karena malas merupakan “lingkaran setan” yang tidak akan pernah terputus. Maka akan lebih sulit mengobati malas dibandingkan Anda tetap mempertahankan motivasi pada level yang terbaik. Belum lagi, saat-saat kita malas, kita akan kehilangan banyak hal.

Bagaimana dengan Anda? Mungkin yang terbaik Anda akan memilih semua hal di atas, itu berarti Anda akan memiliki cara menjadi lebih bermakna dan lebih kuat. Mungkin Anda bersyukur untuk hari ini karena masih semangat.

Semoga bermanfaat.


Posting Terkait :

Membangkitkan Semangat Kerja Dalam Bisnis

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat