KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Sunday 1 April 2018

Terkuak! Risiko Implan Masih Ada di Indonesia

Posted by   on Pinterest

Karakteristik Pasien Implan

Di Indonesia, pembahasan soal implan payudara ramai setelah kasus Malinda Dee, yang harus menjalani operasi karena radang yang diduga disebabkan oleh implan dalam payudaranya. Perlu diingat, implan payudara bukan benda yang bisa selamanya menempel pada tubuh. Dalam kurun kurang dari 5-10 tahun, implan payudara perlu diangkat. Selain efek secara medis, studi ini juga mengukur efek psikologis implan payudara terhadap wanita. Semakin lama Anda memiliki implan dalam tubuh, semakin besar risiko implan itu harus dikeluarkan karena terjadi masalah.

Dokter Adit di d'elegance aesthetic clinic mengatakan bahwa tren implan payudara di Indonesia dilakukan karena dirasa perlu untuk menunjang penampilan, tuntuan karier untuk penampilan yang menarik dan menginginkan bentuk payudara yang sempurna demi menambah percaya diri mereka.

Dokter ahli bedah lulusan Universitas Indonesia ini, mengatakan, salah satu syarat utama yang harus diketahui sebelum implan payudara adalah ukuran dan bahan atau material implan. Silikon memiliki ukuran berbeda, namun wanita Asia sudah mempunyai standarnya. Ukuran silikon yang disarankan untuk wanita Asia 200-300 cc. Jika diberikan ukuran lebih besar lagi, kulit Asia akan memerah yang menimbulkan masalah kesehatan. Sementara silikon adalah bahan aman yang dimasukkan dalam tubuh manusia. Namun, beberapa pasien ingin memiliki ukuran payudara melebihi ukuran yang disarankan. Bahkan banyak pasien yang masih belum puas sehingga datang kembali untuk ditambah lagi ukurannya. Di sini peran dokter memberikan pengertian agar operasi plastik payudara yang berfungsi untuk estetika tidak berubah membawa penyakit bagi pasien.

Implan payudara untuk membuat ukurannya lebih besar atau kecil kini mulai menjadi tren di Indonesia. Tindakan medis yang bersifat estetika ini aman dilakukan dengan syarat pasien mengetahui dengan jelas ukuran yang tepat, bentuk yang sesuai, dan bahan apa yang dapat digunakan agar tidak mengganggu kesehatan. Ditengarai, sederet Artis Indonesia, lakukan Implan Payudara Hingga Operasi Keperawanan. Dihimpun TribunSolo.com dari berbagai sumber, tercatat nama-nama :
  • CA, model dan artis peran yang pernah bermain di Cinta Fitri 1 melakukan operasi plastik untuk memperbesar ukuran payudara, memancungkan hidung, hingga operasi rambut untuk menutup keningnya.
  • Mpok A, komedian melakukan suntik silikon. Namun selama 15 tahun usai suntik silikon, ia merasa aneh dengan wajahnya, ia pun melakukan operasi pengangkatan silikon 16 kali.
  • TDJ, penyanyi cantik ini melakukan operasi plastik pada 2006, untuk mengecilkan ukuran payudara dan mengencangkannya.
  • RS melakukan operasi payudara pada 23 Desember 2005.
  • K, artis yang keranjingan mempercantik diri itu, melakukan penyuntikan botox di wajahnya sampai operasi menanamkan implant di payudaranya. Pada 2 Januari 2004 dia pergi menuju Bangkok untuk menjumpai Pitchet seseorang dokter bedah plastik untuk lakukan operasi implant payudara.
  • RLR, melakukan suntik silikon untuk payudaranya. Operasi bernilai beberapa ratus juta rupiah itu dikerjakan tim dokter gabungan dari Indonesia serta Brasil.
  • DR, artis Indonesia sudah operasi pembesaran payudara bulan october 2014.


Prosedur dan Risiko Operasi Implan

Operasi memperbesar payudara termasuk ke dalam golongan operasi kecantikan. Operasi ini bisa dilakukan untuk alasan rekonstruktif atau perbaikan, seperti setelah mastektomi (operasi pengangkatan payudara) untuk kanker payudara, namun bisa juga dilakukan untuk alasan kecantikan.

Dua jenis implan payudara.
Implan payudara yang digunakan untuk operasi pembesaran payudara ada dua jenis, yaitu saline dan silikon. Implan salin adalah implan yang menggunakan kantung silikon dan berisi air garam steril (saline). Implan silikon adalah implan yang menggunakan kantung silikon dan berisi gel plastik kental (silikon). Biasanya, implan yang ditanam hanya boleh ditinggalkan di dalam tubuh selama 10-15 tahun. Bila sudah mencapai akhir usia tersebut, implan harus diganti.
Banyak wanita menggunakan implan silikon, karena lebih mirip dengan payudara sungguhan dibandingkan implan saline. Namun, implan silikon lebih berisiko bagi kesehatan kalau implannya pecah. Pada tahun 1992, Food and Drug Administration (FDA) menahan penjualan implan silikon karena alasan keamanan. Akan tetapi, pada tahun 2006, setelah melakukan banyak penelitian, FDA mulai menyetujui implan silikon tertentu untuk kembali dijual di pasaran.

dr. Irena Sakura Rini mengatakan, operasi memperbesar payudara, biayanya tentu tidak sedikit, tergantung di mana lokasinya, dokter dan jenis implan yang digunakan. Karena termasuk dalam prosedur perawatan kecantikan atau kosmetik, operasi pembesaran payudara dan juga perawatannya, termasuk risiko penyakit yang bisa timbul, umumnya tidak termasuk dalam daftar asuransi kesehatan, sehingga biayanya menjadi mahal. Di Indonesia sendiri, biaya operasi pembesaran payudara rata-rata dimulai dari Rp20 juta (Metrotvnews.com).

Operasi pembesaran payudara bisa dua macam yaitu bentuk implan cohesive gel, dengan bentuk bulat (round) dan bentuk tetes air (droplets). Masing masing penggunaannya sudah tertentu dan kondisi tubuh yang tepat. Jika mempunyai jarak antara leher dan puting yang pendek : berbentuk tetes air dan kalau jarak jauh : berbentuk bulat. Ukuran dan bentuk implan akan ditentukan oleh Dokter dan pasien waktu konsultasi. Dibutuhkan analisa dan konsultasi yang teliti supaya bisa memahami kondisi pasien dan untuk memberi saran dan solusi yang tepat. Operasi dilakukan dengan dibedah dari bagian bawah payudara, sehingga jahitan tidak terlihat.

Syarat yang harus dipenuhi sebelum operasi pembesaran payudara.
  1. Sehat secara fisik.
  2. Ekspektasi yang realistis.
  3. Payudara sudah selesai tumbuh.
  4. Terganggu dengan perasaan bahwa payudara terlalu kecil.
  5. Tidak senang dengan payudara yang kehilangan bentuk dan volumenya setelah hamil, turunnya berat badan, atau karena bertambahnya usia.
  6. Tidak senang dengan bagian atas payudara Anda yang tidak menonjol.
  7. Payudara tidak simetris.
  8. Salah satu atau kedua payudara gagal berkembang secara normal atau memiliki bentuk yang memanjang.
  9. Dokter bedah yang memiliki pengalaman panjang, setidaknya pengalaman 6 tahun dalam pelatihan pembedahan dan setidaknya 3 tahun pengalaman dalam operasi plastic, dipercaya bisa memperkecil risiko pasien terkena komplikasi.
  10. Karena Payudara akan terus berkembang dan tumbuh sampai seorang wanita mencapai awal usia 20-an. Banyak dokter mengeluarkan aturan bahwa untuk melakukan operasi pembesaran payudara dengan implan saline, usia wanita harus sudah mencapai minimal 18 tahun. Sedangkan untuk menggunakan implan silikon, usia wanita minimal 22 tahun.

Prosedur

Sebelum operasi dimulai, akan ada evaluasi medis, termasuk membahas apa yang dimaui pasien dan bagian payudara mana yang ingin ditangani. Jadi pasien akan tahu di mana bekas luka akan dihasilkan. Dokter bedah mungkin meminta untuk menghentikan penggunaan obat tertentu selama beberapa hari atau beberapa minggu sebelum operasi dimulai.

Biasanya operasi untuk membesarkan payudara dengan implan ini menggunakan anestesi umum, sehingga pasien akan tertidur dan tidak merasakan sakit. Lama operasi ini sekitar 1-2 jam. Dokter bedah akan menyayat kulit payudara di lokasi atau bagian yang ingin ditangani. Tapi umumnya dokter bedah akan mengiris bagian bawah payudara, bagian bawah lengan, atau sekitar puting. Semua tergantung tubuh pasien, jenis implan yang digunakan, dan seberapa besar pembesaran yang akan dilakukan.

Setelah kulit disayat, implan akan ditaruh di antara jaringan payudara dan otot dada, atau di belakang otot dada. Setelah implan ditaruh, irisan tersebut akan dijahit dan ditutup. Biasanya pasien bisa langsung pulang ke rumah atau bisa memilih untuk tinggal semalam di rumah sakit. Ketika pulang ke rumah, pasien perlu membatasi aktivitas dan hindari dulu melakukan kegiatan yang berat atau melelahkan. Pasien bisa kembali beraktivitas seperti biasa dalam 4-6 minggu berikutnya.

Setelah operasi, biasanya wanita khawatir melihat bentuk payudara mereka yang tidak alami pada awalnya. Namun, itu normal dan sering kali terjadi. Payudara biasanya akan terlihat dan terasa lebih baik dalam beberapa bulan.

Pemulihan setelah operasi memperbesar payudara, Payudara akan ditutup dengan kain kasa setelah operasi. Tabung saluran yang dipasangkan pada pasien akan dilepas dalam beberapa hari. Pasien juga akan diminta menggunakan bra khusus sampai pulih. Pasien bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen untuk mengurangi ketidaknyamanan. Dokter juga bisa memberikan beberapa obat resep. Bengkak juga bisa terjadi di area bekas operasi, tapi akan hilang bersamaan dengan luka bekas operasi, seiring berjalannya waktu.

Risiko dan Komplikasi

Komplikasi yang bisa terjadi akibat operasi memperbesar payudara dengan menggunakan implan, antara lain :
  1. Infeksi atau perdarahan setelah operasi
  2. Akan ada bekas luka
  3. Menyusutnya jaringan luka di sekitar implan
  4. Implan terbelah
  5. Implan jadi kusut atau berlipat
  6. Perubahan sensasi sementara atau permanen pada puting
  7. Dalam beberapa kasus, perlu operasi lebih lanjut untuk mengatasi masalah lain yang berkembang.
  8. Risiko jangka panjang utama adalah kontraktur kapsul, karena pengerasan dan distorsi implan yang disebabkan oleh penebalan dan kontraksi kapsul jaringan parut yang biasanya terbentuk di sekitarnya.
  9. Ada juga risiko (kecil) kehilangan beberapa sensasi puting susu, disebabkan saraf sensorik pada puting susu terkadang bisa menghalangi penyayatan pembedahan saat kantong implan sedang dibuat, terutama saat implan yang sangat besar digunakan. Jika implan yang terlalu besar dihindari, resiko ini menjadi tidak berarti, dan setiap kehilangan sensorik yang terjadi biasanya bersifat sementara.

Seperti dikutip dari Reuters, Regulator bidang kesehatan di Brasil atau Anviza telah menghentikan sementara produksi, penjualan dan penggunaan silikon implan payudara merek Silimed, setelah produk perusahaan Silimed Indústria de Implantes Ltda itu dinilai tak berhasil memenuhi standar kesehatan. Pelarangan itu dimulai dari Jerman yang menemukan bahwa silikon implan itu terkontaminasi dengan partikel tertentu. Meski dijamin sebagai produk dan prosedur yang aman, masalah implan payudara bukan sekali itu saja terjadi. Pada tahun 2010, perusahaan implan payudara Poly Implant Prithese (PIP) dari Perancis yang didirikan sejak tahun 1991 akhirnya ditutup, menyusul ditemukannya kasus kebocoran silikon pada sejumlah pengguna. Kebocoran ini terbukti akibat perusahaan itu ternyata memproduksi dan menggunakan silikon dengan kualitas yang lebih rendah, telah meningkatkan risiko kesehatan pengguna mulai dari rembesan dan bocoran silikon ke organ tubuh lain, keracunan hingga kanker payudara. Ratusan ribu implan tak sesuai standar telah dijual PIP dari tahun 2001 hingga 2010 itu ditemukan

Dalam pernyataan tertulisnya pihak Silimed mengatakan selama ini telah berusaha menjaga standar kualiatas tingkat tinggi. Sehingga temuan partikel steril yang ditemukan oleh Jerman itu tidak mewakili keseluruhan risiko kesehatan produk itu. Silimed yang menghasilkan silikon untuk implan payudara, penis dan implan testikular, disebut sebagai perusahaan terbesar yang memproduksi silikon implan di Amerika Selatan. Penjualan Silimed terbesar di Brasil, nomor tiga di dunia dan mengekspor lebih ke 75 negara di dunia. (CNN Indonesia).

Berikut beberapa metode operasi Implan yang masih dilakukan di Indonesia.

1. Operasi Teardrop (droplet).

Augmentasi Payudara Implan Droplets (Tear drop) menggunakan implan berbentuk droplet yang menyerupai bentuk payudara yang asli, memberikan ukuran yang lebih akurat dengan yang lebih alami. Dengan menggunakan metode ini, implan berbentuk bulat yang sulit, bisa lebih mudah dilakukan. Method Teknik operasi GRAND Augmentasi Payudara Implan Droplets (Tear drop) menggunakan peralatan endoskopi yang bisa meningkatkan keakuratan dalam operasi. Karena alat itu berkemampuan untuk menguraikan selisih yang paling kecil sekalipun yakni 1mm dalam operasi payudara. Endoskopi 3d full memiliki teknologi yang bisa mendapatakn informasi mengenai struktur payudara yang lebih mendetil dan akurat, meminimalkan ukuran pembedahan dan memasukkan implan di posisi yang tepat. Implan droplet bukan berarti lebih bagus bila dibandingkan dengan implan berbentuk bulat, karena masing-masing dari implan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun pemakaian dan keamanan Produk implan Implan Droplets payudara GRAND itu, sudah mendapat persetujuan dari pihak FDA Amerika Serikat seperti Allergan Natrelle, Mentor.

2. Breast Augmentation.

Ultimo Fat Transfer Breast Augmentation merupakan pembesaran payudara dengan transfer lemak yang diperkaya stem cell. Caranya dengan pengambilan lemak dari area lain pada tubuh pasien seperti kaki atau perut dan memindahkannya ke payudara.

3. Breast Reduction
Breast Reduction merupakan pengecilan payudara, atau Reduction mammoplasty, adalah mengurangi kelebihan jaringan dan kulit untuk mendapatkan ukuran payudara yang proporsional dengan tubuh. Tindakan operasi dilakukan dengan membuang kelebihan lemak dan mengencangkan payudara, serta penyesuaian posisi puting.

4. Breast Lift
Breast Lift merupakan operasi pengencangan payudara yang turun dan kendur agar menjadi lebih kencang dan berisi, biasanya disebut mastopexy. Mastopexy meningkatkan dan mengencangkan payudara dengan membuang kelebihan kulit dan mengencangkan jaringan sekitarnya untuk membentuk kembali dan menyokong payudara. Breast lift sering dikombinasikan dengan operasi pembesaran payudara untuk meningkatkan Kekencangan dan ukuran payudara.

5. Motiva Ergonomix 
Motiva Ergonomix merupakan implan payudara dengan menggunakan Gel silikon untuk membentuk payudara berdasarkan bentuk dan sifat fisik: bulat, anatomis, dan Motiva’s Ergonomix. Implan Motiva Ergonomix, terlihat seperti implan anatomis dalam posisi tegak lurus, namun berubah bentuknya dengan cara alami saat berbaring karena gel silikon di dalam implan mengarah ke bagian atas payudara di posisi tersebut.
Laboratorium pendiriannya di A.S. menggunakan nanoteknologi termutakhir dalam proses pembuatannya, sehingga Motiva menghasilkan implan yang terlihat lebih baik dan terasa lebih alami, lebih tahan lama, dan juga lebih aman.

Semoga bermanfaat.


SUMBER : 
http://ultimoclinic.com; https://grandplastic.wordpress.comhttps://hellosehat.comwww.cnnindonesia.comhttp://jogja.tribunnews.comwww.theclinicindonesia.com; www.mhplasticsurgery.com.sg; http://deminnie.com

POSTING TERKAIT :

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat