KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Monday 10 June 2019

Prinsip untuk Kebebasan Intelektual

Posted by   on Pinterest

Charles Chu, Editor The Polymath Project ( @ http://thepolymathproject.com), menjadikan adegan-adegan dari kehidupan ilmuwan James Lovelock untuk mengilustrasikan beberapa prinsip untuk mengejar kehidupan kebebasan intelektual. Charles Chu, menyelesaikan bukunya A Rough Ride to the Future, yang merupakan perpaduan antara otobiografi, teori, dan visi masa depan yang menarik. Bagian dari buku ini adalah otobiografi, dan - dalam esai ini - saya ingin melihat pengorbanan dan pilihan yang dibuat Lovelock untuk mengejar hidupnya sebagai seorang ilmuwan dan penemu yang mandiri, mandiri dan penemu.

“Tidak seperti biasanya untuk penduduk pinggiran kota di AS, Sandy [istrinya] dan saya tidak punya mobil, dan kami berjalan setiap hari sejauh empat mil ke dan dari pusat perbelanjaan, membawa pulang barang-barang belanjaan di ransel kami. Untuk beberapa perjalanan kota yang lebih panjang, kami menyebutnya taksi. Tidak ada kesulitan untuk menjalani kehidupan seperti ini, dan sangat rendahnya kepadatan perumahan di pinggiran kota ini sehingga jalan-jalan harian kami ke toko-toko memiliki kualitas jalan-jalan pedesaan, kaya akan margasatwa dan kicau burung. Kami termotivasi oleh keinginan untuk tetap sehat dan menikmati kehidupan yang terjangkau. " [Lovelock]

Ada banyak hal yang disukai tentang kebebasan ini - tidak ada bos, tidak ada dokumen, tidak ada birokrasi yang mengganggu untuk dihadapi. Namun, ia datang dengan kerugian - Anda tidak dibayar untuk bekerja. Namun, Lovelock berhasil tanpa hibah atau amal lainnya:

“Tidak ada yang aneh tentang cara hidup ini, tetapi itu berbeda dari kebanyakan profesional karena sebagian besar penghasilan saya digunakan untuk ilmu yang saya lakukan daripada untuk meningkatkan standar hidup yang dinikmati oleh saya dan istri saya. Saya membidik ke arah ekonomi maksimum dan tidak melihat gunanya membeli peralatan mahal, karena saya tahu bahwa alat semacam itu (bahkan ketika dikatakan sebagai yang terbaru) mungkin sepuluh tahun kedaluwarsa. ” [Lovelock]

Di tempat lain, ia menambahkan:
“Saya segera menemukan bahwa kehidupan seorang penemu-ilmuwan tunggal adalah seperti seorang seniman atau komposer musik. Penghasilan sangat penting tidak hanya untuk hidup tetapi juga untuk mempertahankan laboratorium, dan ini bisa sangat mahal. Karena itu perlu untuk bekerja untuk setidaknya tiga penyedia secara bersamaan dan melakukan pekerjaan nyata Anda di waktu luang Anda. Bekerja untuk penyedia tunggal, tidak peduli seberapa murah hati, hanya untuk menjadi orang yang dibeli kembali, seorang karyawan, dan ini bukan kemerdekaan. Saya stabil dengan sekitar lima penyedia yang saya jawab ketika ditanya. Bahkan dengan lima pelanggan atau penyedia, hidup sangat mudah dan menyisakan banyak waktu untuk memikirkan pekerjaan sendiri ... "[Lovelock]

Terlebih lagi, para ilmuwan yang sendirian kurang terlindung dari efek tindakan mereka. Namun, Anda dapat melihat ini sebagai hal yang baik karena Anda belajar lebih cepat dengan cara ini - cara hidup Anda memaksa Anda untuk menghadapi, dan tumbuh dari, kegagalan Anda:

: “… Menjadi penyendiri memberikan kebebasan yang luar biasa untuk membuat kesalahan dan kemudian belajar darinya; jarang sekali ilmuwan korporat memiliki kebebasan ini, dan kesalahan yang paling mengerikan sering kali dilakukan oleh organisasi besar yang anggotanya tidak dapat mengakui kesalahan mereka. Lebih buruk adalah kecenderungan manusia dari tim atau suku untuk menutupi kesalahan dan melindungi anggota yang membuatnya. Kesepian segera menemukan bahwa tidak ada orang yang menutupi kesalahan mereka; diperlukan beberapa tahun sebelum kita menyadari bahwa ini adalah harga kebebasan, tetapi bagi sebagian dari kita, harga yang layak dibayar. ” [Lovelock]

Beberapa Prinsip.

Ini mungkin berharga jika Anda ingin menambahkan lebih banyak kebebasan - atau waktu untuk melakukan apa yang penting - dalam hidup Anda. Inilah harga kebebasan lain - dalam arti non-ekonomi.

Diversifikasi.
Satu masalah dengan pekerjaan adalah bahwa sangat, sangat sulit untuk mengatakan ‘tidak’ kepada atasan Anda. Jika ada pekerjaan yang tidak ingin Anda lakukan - atau bertentangan dengan etika - kebanyakan orang tidak akan mengatakan tidak. Terlalu menakutkan untuk mengambil risiko kehilangan satu-satunya sumber penghasilan Anda.

Lovelock menemukan stabilitas dengan sekitar lima sumber pendapatan terpisah. Artinya, Anda dapat mengatakan "FU" ke salah satu sumber dengan hanya 20% penurunan pendapatan (dengan asumsi mereka membayar Anda dengan setara).

Saya dan istri saya melakukan hal serupa. Di antara kami, kami memiliki 5-6 sumber pendapatan. Saya menulis, tetapi saya juga sesekali mengerjakan pekerjaan penerjemahan lepas. Kami juga memulai bisnis kecil baru-baru ini, dan istri saya memiliki beberapa pekerjaan paruh waktu yang dia lakukan 1-2 kali seminggu. (Impian lama saya untuk akhirnya adalah melakukan beberapa pekerjaan sebagai sarjana independen).

Dalam salah satu buku Jared Diamond ia menyebutkan bahwa, ketika mempelajari masyarakat tradisional, ia menemukan bahwa mereka akan menanam tanaman mereka di beberapa lokasi yang berjarak jauh. Seorang ekonom akan menyebut ini tidak efisien, tetapi apa yang dilakukannya adalah melindungi Anda dari bencana (semua tanaman Anda sekarat sekaligus) dengan imbalan penurunan efisiensi.

Hal yang paling "optimal" untuk dilakukan mungkin sebenarnya adalah biasa-biasa saja karena terlalu spesialis untuk hari ini dapat berarti bahwa Anda kurang spesialis untuk masa depan ....

Tetap kecil.

Bisa juga melihat bahwa Lovelock menjalani kehidupan yang tenang dan hemat bersama istrinya. Belajar bagaimana tetap kecil & hidup hemat adalah keterampilan yang berharga karena peningkatan pengeluaran cenderung menderita gaya hidup yang merayap - Anda membeli, memiliki, dan mengkonsumsi lebih banyak barang, tetapi hanya ada efek minimal pada jangka panjang kualitas hidup Anda.

Dengan menolak creep gaya hidup, Lovelock mampu mengalihkan sumber daya ini ke penelitiannya. Ini memungkinkannya menemukan dan melakukan sains tanpa dukungan birokrasi, pendanaan negara, bos yang menyebalkan, dll.

Selain itu, tetap kecil berarti Anda bisa bekerja lebih sedikit selama beberapa jam dan masih punya banyak waktu untuk fokus pada "pekerjaan nyata" Anda.

Istri saya dan saya sebenarnya tinggal di apartemen satu kamar di Jepang. Selain dari situasi "langkah satu sama lain" yang minor, saya sama sekali tidak merasa sulit. Kami mungkin akan pindah ke suatu tempat yang lebih besar pada akhirnya, tetapi saya tidak percaya bahwa kualitas hidup kami akan meningkat jauh dari tempat yang lebih besar.

Sebagai seseorang yang cenderung terobsesi dengan apa pun yang ia lakukan dalam hidup - video game, gym, membaca, menulis, dll. - Saya menyadari bahwa menolak keinginan untuk mengoptimalkan adalah keterampilan. Melakukan terlalu banyak sesuatu yang bisa lebih buruk daripada tidak cukup - yang terkait dengan ide ini untuk tetap kecil.

Menjadi terampil membantu.

Lovelock dapat melakukan ini karena ada pasar untuk penemuannya dan keterampilannya dihargai. Ini jauh lebih sulit jika Anda tidak memiliki keterampilan dan gelar dalam sejarah atau sesuatu dan tidak dapat melakukan pekerjaan kontrak yang berubah menjadi mata uang.

Biarkan kesalahan Anda menyakiti Anda. Saya pikir kecenderungan alami kita adalah melindungi diri kita dari kesalahan kita sendiri, tetapi jika tujuan Anda menentukannya, mungkin ada baiknya untuk menempatkan diri Anda dalam situasi di mana tujuan Anda menyakiti Anda. Anda akan belajar lebih cepat dalam prosesnya. (Ini adalah ide besar dari buku baru Nassim Taleb.)

Apakah Anda masih akan melakukannya di usia 95 thn? Satu cara untuk menguji apakah Anda menyukai apa yang Anda lakukan adalah dengan mengambil semua insentif lain - uang, status, dll. - keluar dari persamaan dan lihat apakah Anda masih melakukan sesuatu. Lovelock mungkin dulu sudah pensiun, tapi dia masih melakukan hal ini pada usia hampir 100 tahun. Salut!.

Itu hanya gagasan buram pada 10-20 tahun yang lalu, tapi ini mungkin alasan lain mengapa saya menemukan buku Lovelock's begitu menarik. James Lovelock adalah seorang ilmuwan independen dan yang memberi banyak alasan untuk menemukan inspirasi. Dia hadir dengan hipotesis Gaia, yang mengusulkan bahwa Bumi adalah sistem organik yang mengatur diri sendiri. Hal ini banyak dikritik dari semua pihak pada saat itu, tetapi Lovelock terus mendorong gagasan itu dan akhirnya masuk ke pemikiran umum. Dia telah melakukan karya asli di sejumlah bidang yang menakjubkan, termasuk kedokteran, eksplorasi ruang angkasa (di NASA), ilmu iklim, dan penelitian nuklir. Sebagai seorang ilmuwan tunggal, ia adalah orang pertama yang mengidentifikasi CFC di atmosfer dan hampir saja menjatuhkan sebuah kerajaan yang merusak lapisan ozon. Di usianya yang ke 98 tahun, dia masih menciptakan banyak hal dan masih melakukan sains.

Semoga Anda menikmati kebebasan intelektual seperti itu.


sumber : medium.com

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat