KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Saturday 28 July 2018

Ternyata, Gerhana Bulan Total Juli 2018, Terlama Dalam Abad 21

Posted by   on Pinterest


Sabtu 28 Juli 2018 dini hari, langit akan dihiasi gerhana bulan total terlama di abad ke-21. Gerhana bulan total terpanjang abad ini, menampilkan bulan darah untuk sebagian besar Belahan Timur Bumi. Secara kebetulan, Mars juga paling terang, menempatkan dua benda merah terang di langit kita. Gerhana bulan terjadi pada siang hari bagi mereka di Belahan Barat Bumi, sehingga orang-orang di Amerika Utara akan kehilangan moment itu.

Gerhana bulan dapat terjadi hanya saat bulan purnama, dan yang satu ini sangat istimewa karena juga merupakan bulan darah. Bulan akan berada dalam keselarasan sempurna dengan matahari dan Bumi, dimana bulan berada di sisi berlawanan dari Bumi dan matahari. Totalitas gerhana bulan ini akan berlangsung sekitar satu jam dan 43 menit, tetapi gerhana parsial sebelum dan sesudah fase total berarti bulan akan menghabiskan hampir empat jam melintasi bayangan Bumi.

Ketika bulan purnama bergerak ke bayangan Bumi, itu akan menjadi gelap, tetapi itu tidak akan hilang. Sinar matahari yang melewati atmosfer Bumi akan menerangi bulan dengan cara dramatis, mengubahnya menjadi merah, tergantung pada kondisi cuaca, mungkin berkarat, berwarna bata atau merah darah. Hal itu terjadi karena cahaya biru mengalami hamburan atmosfer yang lebih kuat, sehingga cahaya merah akan menjadi warna yang paling dominan disorot saat sinar matahari melewati atmosfir kita dan menyerang bulan.

Brad Tucker, astronom dari Sekolah Astronomi dan Astrophysics Penelitian Universitas Nasional Australia, mengatakan dalam sebuah pernyataan, akan terlihat matahari terbit dan terbenamnya Bumi yang menerangi permukaan Bulan-lebih dari 350.000 km.

Menurut Almanak Petani Tua, bulan purnama pada bulan Juli ini juga dikenal sebagai Bulan Buck Penuh dan Bulan Guntur, dimana terjadi ketika tanduk rusa jantan berada dalam pertumbuhan penuh dan pada saat itu sering terjadi badai petir. Itu juga "bulan-mini" karena bulan adalah yang terjauh dari Bumi dan tampak kecil. Fakta bahwa bulan tampak begitu kecil dan membutuhkan waktu lebih lama untuk melewati bayangan Bumi juga mengapa gerhana berlangsung lebih lama.

Orang-orang di Australia, Selandia Baru, Eropa, Afrika, dan Asia akan memiliki pandangan terbaik, sementara tahap akhir dari gerhana setelah matahari terbenam akan terlihat di beberapa bagian Amerika Selatan. Bagi mereka di Timur Tengah dan Madagaskar, gerhana akan terjadi sekitar tengah malam, dan orang-orang di Eropa dan Afrika akan memiliki pemandangan terbaik antara matahari terbenam dan tengah malam. Asia, Indonesia dan Australia akan melihatnya antara tengah malam dan Sabtu pagi.

Royal Astronomical Society mengatakan Mars dan bulan akan tampak rendah di langit untuk semua orang di Inggris, jadi lokasi dengan cakrawala tenggara yang tidak terhalang akan memberikan pemandangan terbaik.

Amerika Utara, sebagian besar Samudra Pasifik dan sebagian besar Kutub Utara tidak akan melihat apa pun. Seluruh Amerika Serikat tidak akan bisa lagi melihat gerhana bulan penuh hingga Januari.

Proyek Teleskop Virtual akan berbagi aliran langsung gerhana bulan dan Mars pada titik terangnya hanya beberapa derajat di atas garis langit Roma. Slooh, layanan teleskop robot, juga akan melakukan streaming langsung gerhana mulai pukul 1 siang. Waktu Timur dan berakhir pada pukul 7:30 malam. Dan tidak seperti gerhana matahari, terutama gerhana matahari total pada bulan Agustus 2017, gerhana bulan aman untuk dilihat dengan mata telanjang atau teropong.

Bulan tidak selalu dalam keselarasan sempurna dengan matahari dan Bumi, jadi itulah sebabnya mengapa kita tidak mendapatkan gerhana bulan setiap siklus bulan. Jika Anda berada di Bulan, Anda akan melihat gerhana matahari total karena Bumi akan menghalangi Matahari. Ketika Mars paling dekat ke Bumi selama 15 tahun ini, Mars mencapai pertentangannya, ketika itu sejajar di sisi berlawanan Bumi dan matahari. Ini terjadi pada saat yang sama ketika ia akan mencapai salah satu titik terdekatnya ke Bumi, sekitar 35,9 juta mil jauhnya. Inilah yang membuatnya tampak begitu cerah di langit. Sementara Mars akan berada di atas untuk orang-orang di Chili tengah, Afrika Selatan dan Australia, itu akan rendah di langit selatan bagi mereka yang menonton di AS dan Eropa.

Menurut EarthSky.org, sebenarnya Mars akan berada pada posisi terdekat sejak 2003, ketika jaraknya 35,78 juta mil. Para ahli memperkirakan bahwa kecerahan Mars akan bertahan selama beberapa minggu. Putaran terdekat Mars akan berada pada jam 4 pagi EST. Meskipun tidak akan terlihat hampir sebesar bulan darah, Mars akan menjadi yang terbesar jika Anda melihat melalui teleskop dan mendekati kecerahan maksimumnya di langit. Mars juga aman dilihat dengan mata telanjang.

Situs BMKG, (detikcom, Jumat, 27/7/2018), menuliskan, fase gerhana itu akan dimulai pada pukul 00.13 WIB. Kemudian berlanjut hingga fase gerhana sebagian yang ditandai dengan masuknya piringan bulan memasuki umbra bumi mulai Sabtu (28/7) pukul 01.24 WIB. Selanjutnya, fase gerhana total akan dimulai pada pukul 02.29 WIB. Setelah fase ini, bagian bulan akan memerah dan mencapai puncak kemerahan pada saat puncak gerhana, yakni pukul 03.21 WIB. Seluruh fase gerhana bulan itu bisa diamati dengan baik di seluruh wilayah Indonesia.
BMKG menyebutkan bahwa memerahnya piringan bulan itu terjadi karena adanya cahaya matahari yang dihamburkan oleh atmosfer bumi, untuk kemudian bagian cahaya kemerahannya yang diteruskan hingga sampai ke bulan. Karena itulah, fase totalitas dalam gerhana bulan total akan berwarna kemerahan. Peristiwa memerahnya piringan bulan saat fase totalitas itu bakal berakhir pada pukul 04.13 WIB, yaitu ketika piringan bulan mulai memasuki kembali penumbra bumi. Gerhana sebagian berlangsung selama hampir 4 jam, tepatnya sekitar 3 jam 55 menit. Durasi totalitas, yaitu dari fase gerhana total mulai hingga gerhana total berakhir, berlangsung selama 1 jam 43 menit. Gerhana bulan total pada hari Sabtu (28/7/2018) ini tergolong istimewa karena durasi dari gerhana bulan total itu akan jadi yang terlama di abad ke 21 ini.

Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto, gerhana bulan total kali ini akan berdurasi 1 jam 43 menit. Puncak dari gerhana bulan total ini sedikit lebih lama ketimbang gerhana bulan total biasa, yakni terjadi di pukul 03.23 WIB. Gerhana bulan total kali ini terjadi karena bulan berada pada titik Apogee, atau titik terjauh dari Bumi. Jarak Bulan dan Bumi sejauh 406.223 kilometer. Keadaan Bulan dan Bumi yang berada di titik terjauh ini juga mempengaruhi pergerakan Bulan yang berjalan makin lambat di orbitnya. Hal itu membuat gerhana bulan total kali ini akan jadi gerhana bulan total dengan ukuran bulan terkecil dan durasi terlama di tahun 2018.

Melansir Space.com yang mengutip buku "The Five Millennium Canon of Lunar Eclipses: (-1999to +3000)", gerhana bulan total dengan durasi lama seperti ini akan ditemukan kembali pada 9 Juni 2123 mendatang.

Gerhana bulan total ini juga bisa disebut sebagai Micro Blood Moon karena penampakannya yang kecil, kebalikan dari gerhana bulan total yang terjadi pada Januari 2018 yang memiliki sebutan Super Blue Blood Moon di mana ukuran bulan terlihat lebih besar dan cerah.

Di gerhana bulan total kali ini, Planet Mars akan nampak bersamaan dengan bulan. Hal ini terjadi karena pada gerhana bulan total kali ini, Planet Mars akan berada di titik oposisi yang berseberangan dengan matahari dari perspektif Bumi. Jadi, gerhana bulan total ini akan memiliki konfigurasi Matahari-Bumi-Bulan yang berada dalam satu garis lurus di bidang tata surya. Planet Mars juga berada di titik yang cukup dekat pada Bumi. Namun puncak titik terdekatnya Mars terjadi pada 31 Juli 2018. Hal ini akan menjadikan gerhana bulan total ini juga akan dihiasi Mars yang lebih terang dan lebih mudah dilihat di langit malam. Sebelumnya, fenomena di mana gerhana bulan total bersanding dengan Mars yang berada di oposisi matahari terjadi pada 6 Agustus 1971, atau 47 tahun yang lalu.

Kali ini tiga planet--Mars, Venus, dan Jupiter--bisa terlihat langsung dari bumi tanpa perlengkapan seperti teleskop dan teropong. Saat gerhana bulan total berlangsung, langit tak cuma dihiasi oleh penampakan bulan dan juga planet Mars, namun juga hujan meteor.

Pengamat langit di AS, tidak akan dapat menikmati acara langka itu, kecuali mereka bersedia melakukan perjalanan. Gerhana akan terlihat terutama di Eropa, Afrika, Asia dan Australasia, serta beberapa bagian dari Amerika Selatan.

Dikutip dari Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto, hujan meteor ini biasanya aktif antara 17 Juli hingga 24 Agustus 2018, dan akan memuncak pada malam 12 Agustus 2018 hingga dini hari 13 Agustus 2018. Sebenarnya di saat bulan purnama, hujan meteor akan sulit terlihat. Namun sebaliknya ketika gerhana bulan total terjadi, hujan meteor akan mudah terlihat.

EarthSky menyebut, Gerhana bulan total sebelumnya pada tanggal 31 Januari 2018, tidak berlangsung lama (1 jam dan 16 menit) karena bulan melayang ke selatan pusat bayangan; dan gerhana bulan total berikutnya pada 21 Januari 2019, tidak akan lama (1 jam dan 2 menit) karena akan lewat di sebelah utara pusat bayangan. Untuk gerhana bulan total yang sangat panjang yang berlangsung selama 1 jam dan 43 menit yang terjadi Jumat 27 Juli 2018, bulan harus melewati bagian tengah bayangan Bumi. Gerhana bulan yang terlama adalah 1 jam dan 47 menit. Gerhana bulan total terpanjang dari abad terakhir adalah pada 16 Juli 2000 dan berlangsung selama 1 jam dan 46,4 menit. Gerhana juga terjadi ketika Bumi lewat di antara Matahari dan Mars. Dengan Mars "dalam oppostion", Planet Merah dan Matahari akan berada di seberang Bumi. Juli 2018 juga akan terlihat Mars melakukan putaran dekat, mencapai titik di orbitnya ketika paling dekat ke Bumi.

Menurut NASA, Planet Merah akan melakukan putaran dekat pada 31 Juli pada jarak sekitar 35,8 juta mil, pendekatan paling dekat ke Bumi sejak tahun 2003. Mars mencapai titik tertingginya sekitar tengah malam-sekitar 35 derajat di atas cakrawala selatan, atau sepertiga jarak antara cakrawala dan di atas. Mars akan terlihat sepanjang malam. Mars, akan muncul paling terang dari 27 Juli 2018 hingga 30 Juli 2018. Mars sudah lebih terang dari biasanya dan akan semakin bersinar — dan tampak lebih besar - sekitar tanggal 31 Juli 2018.

Menurut pernyataan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, Blood moon itu terjadi karena atmosfer Bumi membiaskan cahaya dari Matahari. Di kala cahaya matahari tertutup sempurna oleh Bumi ketika gerhana bulan total, namun atmosfer Bumi tetap membiaskan cahaya merah yang datang dari matahari. Hal ini membuat bulan justru berwarna merah dan tidak gelap. Selain itu, Bulan memiliki lapisan debu ultra halus di atmosfernya, yang memberikan efek pemantulan cahaya pembiasan matahari dari atmosfer Bumi sehingga di gerhana bulan total warna bulan makin merah. Kondisi kebalikan dari gerhana bulan total terjadi di gerhana matahari total, di mana Bulan menutup cahaya matahari ke Bumi, sehingga Bulan hanya terlihat seperti bayangan di Bumi. Terlebih lagi, Bulan tak memiliki atmosfer yang mampu membiaskan cahaya matahari hingga tampak di Bumi.

Menurut peta gerhana bulan total yang dirilis Space.com, area yang mendapatkan cakupan secara penuh dari durasi gerhana bulan total selama 1 jam 43 menit tersebut hanya beberapa: sebagian besar benua Afrika (terutama sisi timur), seluruh Timur Tengah, Asia Selatan, serta Samudera Hindia. Di Indonesia, hanya kebagian durasi penuh dari gerhana bulan total di sebagian besar pulau Sumatera saja. Meski demikian, seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati gerhana bulan total, namun bagian akhir gerhana tak akan bisa dinikmati sebagian besar wilayah Indonesia seperti di Kalimantan, sebagian besar pulau Jawa (makin ke barat pulau Jawa, durasi gerhana bulan total akan makin panjang), Bali, Lombok, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Hal ini disebabkan karena Bulan sudah lebih dahulu terbenam.

Berikut ini waktu dari proses gerhana bulan total 28 Juli 2018 :
- Bulan memasuki penumbra Bumi/gerhana bulan penumbra mulai (P1): 00.13 WIB
- Bulan memasuki umbra Bumi/gerhana bulan sebagian mulai (U1): 01.24 WIB
- Gerhana bulan total mulai (U2): 02.29 WIB
- Puncak gerhana bulan total: 03.21 WIB
- Gerhana bulan total selesai (U3): 04.13 WIB
- Bulan meninggalkan umbra Bumi/gerhana bulan sebagian selesai (U4): 05.19 WIB
- Bulan meninggalkan penumbra Bumi/gerhana bulan penumbra selesai (P4): 06.28 WIB


Gerhana Bulan Total Pertama Tahun 2018

Pada tanggal 31 Januari 2018, termasuk fenomena langka karena hanya terjadi 150 tahun. Peristiwa gerhana total yang berbarengan dengan supermoon ini terjadi di masa lampau pada 31 Maret 1866. Peristiwa gerhana bulan total itu menjadi momentum langka untuk fenomena istimewa “super blue blood moon.” Spesialnya peristiwa alam itu, terdapat tiga kejadian: “supermoon”, “blue moon”, dan “blood moon.” NASA menyebut kombinasi ini lunar trifecta. Peristiwa alam itu dapat dilihat dengan jelas di langit Indonesia pada malam hari.

Super blue blood moon mengacu pada sebuah peristiwa perpaduan/ kombinasi antara fenomena blue moon, supermoon, dan blood moon. Fenomena blue moon muncul ketika bulan purnama terjadi kedua kalinya dalam bulan yang sama (Januari). Akan tetapi warnanya tidak akan berubah biru. Fenomena ini disebut blue moon hanya karena bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan yang sama. Blue moon tidak berarti warna atau tampilan bulannya berubah (biru).

Karena berbarengan dengan gerhana bulan, supermoon itu disebut super blue blood moon. Pada momentum itu, bulan berubah warna menjadi kemerahan atau tembaga saat melewati bayangan bumi. Gerhana bulan terjadi saat Bulan masuk ke bayangan (umbra) bumi. Sementara supermoon terjadi saat perigee bulan—jarak terdekatnya dengan Bumi dalam orbit tunggal. Supermoon membuat bulan nampak sangat besar sekitar 14 persen dan cerah. Fase ketika bulan menjadi super blue blood moon terjadi pada 31 Januari 2018 pada malam hari. Sehari sebelumnya, supermoon sudah memulai prosesnya ketika Bulan sudah mencapai titik terdekatnya dengan orbit Bumi pada 30 Januari 2018 pukul 16.58 WIB. Menurut NASA seperti dilansir Space.com, Bulan mencapai 2.2.099 mil (358.994 kilometer) dari Bumi, dibandingkan dengan jarak rata-rata 238.855 mil (384.400 km).

Berdasarkan rilis BMKG, setelahnya, Bulan berada pada fase purnama pada 31 Januari 2018 pukul 20.29 WIB. Waktu itu pula-lah gerhana bulan total berada pada fase puncak sehingga membentuk fenomena super blue blood moon. Peristiwa gerhana bulan total yang dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia itu terjadi pada pukul 20.29 WIB sekitar 77 menit, pertama kalinya sejak 31 Maret 1866. Pada saat itulah bulan di langit juga mengalami perubahan warna menjadi merah. Setelah tahun ini, waktu saat blue moon melewati umbra Bumi akan kembali terjadi pada 31 Desember 2028, dan pada 31 Januari 2037. Keduanya merupakan gerhana bulan total.

Bulan pada pagi hari tanggal 31 Januari 2018 akan menjadi supermoon. Peristiwa ini terjadi dekat perigee, waktu ketika orbit Bulan berada paling dekat dengan Bumi. Ini berarti bulan akan sekitar 14 persen lebih terang dari biasanya, demikian menurut NASA, seperti dilansir Huffington Post. Selanjutnya, supermoon 31 Januari merupakan bulan purnama yang kedua kalinya di bulan Januari 2018. Bulan purnama ini biasanya dipisahkan 29 hari. Biasanya, setiap bulan kalender hanya memiliki satu bulan purnama. Maka, bila terjadi dua kali seperti yang pada 31 Januari 2018, fenomena itu biasa disebut sebagai blue moon.

Namun yang benar-benar membuat super blue moon 31 Januari 2018 spektakuler adalah kenyataan bahwa peristiwa itu akan terjadi selama gerhana bulan total. Artinya supermoon sekaligus blue moon akan melewati bayangan bumi. Saat terjadi gerhana bulan total itu bulan super itu akan berwarna kemerahan seperti tembaga sehingga diberi julukan blood moon.

Seperti dikutip Earth Sky, bagi mereka yang tinggal di Amerika Utara atau Kepulauan Hawaii, gerhana bulan itu terlihat di langit sebelum matahari terbit pada tanggal 31 Januari. Sementara buat pengamat yang tinggal di Timur Tengah, Asia, Indonesia, Australia atau Selandia Baru, gerhana bulan itu terjadi di malam hari setelah matahari terbenam pada tanggal 31 Januari.

Seperti diketahui, sebelum pada 31 Januari ini, bulan purnama supermoon juga terjadi pada 1 Januari 2018, bertepatan dengan malam tahun baru. Fenomena ini sangat jarang terjadi. Di saat yang bersamaan terjadi juga supermoon. Supermoon adalah bulan purnama yang terjadi ketika bulan berada di titik terdekat dengan bumi. Posisi terdekat ini dikenal dengan istilah perigee.

Menurut NASA, supermoon menjadikan bulan 14 persen lebih besar dan hampir 30 persen lebih terang. Supermoon yang terjadi pada 31 Januari 2018 adalah yang terakhir terjadi setelah sebelumnya terjadi pada 3 Desember 2017 dan 1 Januari 2018.

Blood moon adalah episode visual lainnya, yang secara khusus terjadi saat gerhana bulan total. Selama gerhana bulan, bulan memantulkan cahaya yang keluar dari bumi. Bumi, bulan, dan matahari berada di satu garis lurus dan bumi menutupi cahaya matahari sehingga bulan akan tercermin dan menghasilkan bayangan. Bumi berada di posisi antara matahari dan bulan. Namun bulan tidak sepenuhnya tertutupi bayangan bumi dan satu-satunya cahaya yang cenderung bisa dilihat adalah berwarna merah. Karena atmosfer bumi memungkinkan panjang gelombang merah untuk melewatinya. Sementara semua cahaya biru menyebar ke semua arah. Jika terjadi gerhana bulan parsial, hanya sebagian bulan yang berada di bawah bayangan bumi. Namun saat terjadi gerhana bulan total, seluruh bulan tertutup bayangan bumi.

Menurut LAPAN, di Indonesia, peristiwa gerhana bulan itu terjadi mulai pukul 18.48 WIB dengan fenomena awal gerhana parsial. Pada pukul 19.52 WIB terjadi awal gerhana total. Puncak gerhana terjadi pada 20.30 WIB. Akhir totalitas gerhana pada 21.08 WIB dan gerhana parsial berakhir pada 22.11 WIB. Peristiwa gerhana Bulan total terjadi mulai sore 31 Januair 2018. Gerhana terjadi saat Bulan baru terbit di Indonesia, yang diawali dengan masuknya Bulan ke bayangan penumbra (bayangan terang) Bumi pada pukul 17.51 WIB (18.51 WITA, 19.51 WIT). Selanjutnya, Bulan terus bergerak semu melintasi bayangan Bumi. Hingga pada pukul 18.48 WIB (19.48 WITA, 20.48 WIT), kontak pertama Bulan dengan bayangan umbra (bayangan gelap) Bulan akan terjadi. Pada fase kedua ini, Bulan akan tampak "tergigit". Bulan juga sudah terbit untuk wilayah Indonesia Barat saat memasuki fase kedua itu, sehingga di seluruh Indonesia bisa disaksikan bersama-sama. "Gigitan" pada wajah Bulan akibat terhalang bayangan Bumi ini akan membesar. Posisi Bulan juga akan meninggi dari cakrawala timur daerah Anda. Anda akan melihat Bulan purnama yang tidak biasanya hingga pukul 19.51 WIB (20.51 WITA, 21.51 WIT). Pada saat itu, Bulan yang tadinya gelap akan berubah warna menjadi merah. Fase awal totalitas gerhana Bulan telah terjadi. Bulan tampak merah karena cahaya berfrekuensi rendah dari Matahari dibiaskan oleh atmosfer Bumi ke bagian tengah bayangan umbranya. Karena Bulan berada di tengah umbra saat puncak gerhana total, maka merahlah wajah Bulan.

Fase totalitas gerhana Bulan total 31 Januari 2018 itu berlangsung selama 1 jam 16 menit, dengan puncak totalitas terjadi pada pukul 20.29 WIB (21.29 WITA, 22.29 WIT). Puncak totalitas itulah fase terbaik bila Anda ingin memotretnya karena Bulan sedang merah-merahnya. Warna merah Bulan bisa berbeda-beda di berbagai wilayah. Hal ini tergantung seberapa bersih kondisi atmosfer di wilayah pengamatan. Bila atmosfer kotor atau berdebu akibat letusan gunung berapi, warna merah Bulan bisa lebih pekat dibanding warna merah Bulan di lokasi dengan kondisi atmosfer yang bagus dan cuaca cerah. Merahnya wajah Bulan ini akan terus bertahan hingga pukul 21.07 WIB (22.07 WITA, 23.07 WIT), di mana pada saat itu fase totalitas gerhana akan berakhir.

Fase totalitas yang berlangsung cukup lama itu disebabkan karena bayangan Bumi yang besar. Berbeda dengan peristiwa gerhana Matahari total, yang mana Bulan lah yang bertindak dalam menghalangi wajah Matahari, sehingga paling lama berlangsung hanya 7 menit saja akibat Bulan yang diameternya kecil. Saat fase totalitas berakhir, bagian bawah Bulan yang terang lagi berwarna putih keabu-abuan.

Selanjutnya, terlihat gerhana Bulan parsial/sebagian yang berlangsung hingga pukul 22.11 WIB (23.11 WITA, 00.11 WIT [1 Februari 2018]). Di fase ini, terlihat "gigitan" pada wajah Bulan yang tadinya besar lama kelamaan akan mengecil seiring keluarnya Bulan dari bayangan umbra Bumi. Akhirnya, gerhana pun hanya tinggal gerhana Bulan penumbra, fase di mana Bulan masih berada di bayangan penumbra Bumi. Bulan akan benar-benar keluar dari bayangan penumbra Bumi pada pukul 23.08 WIB (00.08 WITA, 01.08 WIT 1 Februari 2018). Pada waktu itu, Bulan akan kembali seperti sedia kala, dan kita bersiap untuk istirahat setelah lebih dari tiga jam menikmati gerhana.

SUMBER :


No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat