KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Sunday 8 April 2018

Ternyata, Modifikasi Terapi Darah Putih Terawan Dikembangkan Mengatasi Penyakit KRONIS

Posted by   on Pinterest

Permasalahan Kesehatan Otak dan Saraf

Dalam laporannya, Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, menerangkan 3 hal utama dalam permasalahan kesehatan otak dan saraf, yaitu: 1) Penyakit otak dan saraf dapat menimbulkan kesakitan, angka kecacatan dan angka kematian yang tinggi; 2) Peningkatan usia harapan hidup (UHH) berdampak pada proses penuaan organ tubuh termasuk otak dan jaringan saraf; dan 3) Peningkatan masalah kesehatan otak lainnya, seperti infeksi saraf akibat HIV-AIDS, trauma kepala, tumor otak, kelainan bawaan, dan lain-lain.
Stroke salah satu momok di dunia kesehatan, yang merupakan penyebab kematian utama di hampir seluruh RS di Indonesia, sekitar 15,4%. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes RI tahun 2013 menunjukkan telah terjadi peningkatan prevalensi stroke di Indonesia dari 8,3 per mil (tahun 2007) menjadi 12,1 per mil (tahun 2013). Prevalensi penyakit Stroke tertinggi di Sulawesi Utara (10,8per mil), Yogyakarta (10,3 per mil), Bangka Belitung  (9,7 per mil) dan  DKI Jakarta (9,7 per mil).
Prevalensi penderita Stroke cenderung lebih tinggi pada masyarakat dengan pendidikan rendah dan masyarakat yang tinggal perkotaan. Ke depan, prevalensi penderita Stroke dipresiksi akan meningkat menjadi 25-30 per mil. Di samping itu, sebagian dari pasien yang mengalami Stroke akan berakhir dengan kecacatan. Berdasarkan beberapa penelitian didapatkan tingkat kecacatan Stroke mencapai 65%.
UHH penduduk Indonesia mencapai 70,7 tahun pada 2008 dan jumlah populasi usia lanjut diperkirakan mencapai 38% dari jumlah penduduk pada tahun 2025. Kondisi ini akan diikuti oleh proses penuaan atau aging process pada otak dan jaringan saraf yang bila tidak dirawat sejak dini, akan memicu beberapa masalah, yaitu gangguan fungsi kognisi, gangguan gerak, gangguan keseimbangan, dan lain-lain.

Berbagai Penelitian Dan Kemungkinan Pemulihan

Stroke disebabkan oleh terhambatnya aliran darah ke otak akibat adanya penyempitan atau sumbatan di pembuluh darah. Penyempitan atau sumbatan tersebut disebabkan oleh plak yang biasanya berupa lemak. Stroke juga dapat disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak. Sehingga saat seseorang terserang stroke, penderita tak dapat lagi beraktivitas normal. Sekitar 10 hingga 20% mungkin tidak bertahan dalam periode awal setelah stroke. Terdapat 5 hingga 15% kesempatan per tahun stroke berulang. Oleh karena itu, serangan STROKE menjadi perhatian dari para medis di seluruh dunia.

Ivo G H Jansen, dkk, Medical researcher for the MR CLEAN, melakukan penelitian dengan judul “Pengobatan endovaskular untuk stroke iskemik akut dalam praktek klinis rutin: studi kohort prospektif dan observasional” (Endovascular treatment for acute ischaemic stroke in routine clinical practice: prospective, observational cohort study) yang bertujuan untuk menentukan hasil dan keamanan pengobatan endovaskular untuk stroke iskemik akut, karena oklusi pembuluh intrakranial proksimal di sirkulasi anterior, dalam praktek klinis rutin. Dari pengamatan Peserta 1488 pasien pada sebanyak 16 pusat yang melakukan perawatan endovascular di Belanda, termasuk dalam Multicentre Randomized Controlled Trial Pengobatan Endovaskular untuk Stroke Iskemik Akut di Belanda (MR CLEAN) Registry yang telah menerima perawatan endovascular, termasuk stent retriever thrombectomy, aspirasi, dan semua metode alternatif untuk stroke iskemik akut dalam 6,5 jam dari timbulnya gejala antara Maret 2014 dan Juni 2016 disimpulkan bahwa dalam praktek klinis rutin, perawatan endovaskular untuk pasien dengan stroke iskemik akut setidaknya sama efektif dan aman seperti dalam pengaturan uji coba terkontrol secara acak.

Rakesh Khatri, dkk, melakukan penelitian dengan judul “Tren nasional dalam pemanfaatan trombolisis intravena dan perawatan endovaskular pada stroke iskemik akut” yang bertujuan untuk mengidentifikasi populasi rentan yang tidak menerima pengobatan yang serupa dengan tingkat nasional dengan mempelajari faktor-faktor seperti ras, jenis kelamin, usia, status asuransi, karakteristik rumah sakit (pedesaan versus perkotaan, pengajaran versus non-mengajar, kecil, menengah dan besar bedsize) dan distribusi geografis (Timur Laut, Barat Tengah, selatan dan barat). Dari pengamatan diagnosis utama stroke iskemik database besar pasien nasional yang dirawat di rumah sakit di Amerika Serikat dari 2008 hingga 2012, penggunaan rt-PA intravena meningkat di antara semua kelompok yang membuktikan dampak positif dari upaya oleh organisasi dan pendidikan pasien. Perawatan endovaskular sekarang telah menjadi standar perawatan; Perlu membuat model perawatan stroke untuk menargetkan subset populasi pasien yang paling rentan ini termasuk Hispanik, pasien yang tinggal di daerah pedesaan dan status asuransi seperti Medicaid atau status gaji sendiri untuk memberi mereka kesempatan perlakuan yang sama dan setara dengan yang lain.

Penelitian Ying Xian, MD, PhD, dkk, yang berjudul : “Asosiasi pengobatan antitrombotik sebelumnya dengan keparahan stroke iskemik akut dan hasil di rumah sakit di antara pasien dengan atrial fibrilasi” (Association of Preceding Antithrombotic Treatment With Acute Ischemic Stroke Severity and In-Hospital Outcomes Among Patients With Atrial Fibrillation) menemukan bahwa observasional atas 94.474 pasien dengan stroke iskemik akut yang memiliki riwayat fibrilasi atrium, menyimpulkan bahwa Relevansi di antara pasien dengan fibrilasi atrium yang pernah mengalami stroke iskemik akut, antikoagulasi terapi yang tidak adekuat sebelum stroke adalah lazim. Anti koagulasi terapeutik dikaitkan dengan odds yang lebih rendah dari stroke sedang atau berat dan kemungkinan kematian di rumah sakit lebih rendah.

Dilansir dari Journal of Hypertension (1 Dec 1994) penelitian MacMahon S dan Rodgers A, yang berjudul “Tekanan darah, pengobatan antihipertensi dan risiko stroke” (Blood pressure, antihypertensive treatment and stroke risk) menyimpulkan bahwa efek absolut dari pengobatan pada stroke bervariasi dalam proporsi langsung dengan risiko latar belakang stroke. Manfaat terbesar yang diamati di antara mereka dengan riwayat penyakit serebrovaskular, mereka yang berusia di atas 60 tahun dan mereka dengan hipertensi yang lebih parah.

Investigasi J.P. Mohr and for the PFO in Cryptogenic Stroke Study (PICSS) terhadap penelitian Shunichi Homma, dkk, yang berjudul “Pengaruh pengobatan medis pada pasien stroke dengan foramen ovale paten: foramen ovale paten dalam Studi Stroke Kriptogenik” (Effect of Medical Treatment in Stroke Patients With Patent Foramen Ovale: Patent Foramen Ovale in Cryptogenic Stroke Study) menyimpulkan bahwa pada terapi medis, keberadaan PFO pada pasien stroke tidak meningkatkan kemungkinan efek samping terlepas dari ukuran PFO atau adanya aneurisma septum atrium.

Jordan Gainey, dkk menyampaikan makalah ilmiah yang berjudul “Model Hasil Fungsional untuk Pengobatan Penggerak Plasminogen Jaringan Terpandu Telestroke pada Pasien Stroke”. Mengutip INTERNATIONAL STROKE CONFERENCE POSTER ABSTRACTS, Tulisan ilmiah dari penelitian itu menyimpulkan bahwa Distribusi Skala Rankin Dimodifikasi dan ukuran lain telah digunakan untuk mengukur hasil klinis pada pasien yang diobati rtPA. Pengembangan model hasil fungsional baru menyediakan pendekatan baru untuk meningkatkan efisiensi telestroke dan peningkatan rtPA untuk pasien stroke.

Penelitian Polli, dkk dengan judul “Citra motor bertingkat untuk pasien dengan stroke: uji coba terkontrol non-acak dari pendekatan baru” (Graded motor imagery for patients with stroke: a non-randomized controlled trial of a new approach. European Journal of Physical and Rehabilitation Medicine) menyimpulkan bahwa GMI adalah perawatan yang layak untuk pasien stroke dengan hasil yang lebih baik daripada konvensional. terapi. Sebuah uji coba terkontrol secara acak dibenarkan untuk meminimalkan risiko bias seleksi. Pasien harus menerapkan perawatan GMI dalam praktek klinis mereka, menjadi perawatan yang layak, relevan secara klinis, tanpa biaya, dan mudah dilakukan.

Penelitian A. Paganini-Hill, R. K. Ross, B. E. Henderson, dengan judul “Postmenopausal oestrogen treatment and stroke: a prospective study” yang bertujuan untuk menentukan apakah penggunaan estrogen pasca-menopause memengaruhi risiko kematian akibat stroke pada 22.781 warga masyarakat komunitas pensiunan California, termasuk 8882 wanita. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pengobatan penggantian estrogen melindungi terhadap kematian akibat stroke.

DSA (Digital Subtraction Angiography) Modifikasi Dr. Terawan.

Berbeda dengan penelitian diatas, Terawan Agus Putranto, Irawan Yusuf, Bachtiar Murtala dan Andi Wijaya melakukan penelitian dengan judul “Intra Arterial Heparin Flushing Meningkatkan Tes Otot Manual - Medical Research Councils (MMT-MRC) Skor pada Pasien Stroke Iskemik Kronis”. Berlatarbelakang gangguan kekuatan otot pada pasien stroke mempengaruhi kehidupan sehari-hari pasien, terutama ketika terjadi pada otot-otot ekstremitas. Tujuan penelitian itu adalah untuk menemukan kemungkinan peningkatan Skor Tes Otot Manual (MMT) setelah pemberian Infus Arteri Heparin Intravena pada pasien stroke iskemik kronis. Dengan Metode eksperimental menggunakan desain kelompok pretest-posttest, dengan uji klinis acak terkontrol, dilakukan di antara pasien di Cerebrovascular Pusat Unit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Rumah Sakit mulai dari Februari 2014. 75 pasien diperiksa kekuatan otot dilakukan oleh dokter yang terlatih. Penelitian itu menyimpulkan bahwa Intra Arterial Heparin Flushing memiliki efek yang signifikan pada pasien stroke kronis dengan penurunan kekuatan otot, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dari skor MMTMRC.

Pada SEMINAR KEMAJUAN MUTAKHIR DAN PELUANG PENGEMBANGAN RADIOLOGI INTERVENSI : Annual Scientific Meeting (ASM), di Kedokteran, dalam rangka Dies Natalis FK UGM ke-69 dan HUT RSUP Dr.Sardjito ke-33, 10 Maret 2015, Universitas Gadjah Mada, disebutkan, bahwa DSA (Digital Subtraction Angiography) merupakan teknik radioimaging invasif untuk melihat gambaran pembuluh darah. Teknik ini dapat dilanjutkan dengan berbagai intervensi endovaskuler seperti pemasangan stent, coil, modifikasi flushing, ataupun modifikasi lain yang dapat memperbaiki kelainan cerebrovaskuler pada pasien. Terapi radiointervensi dapat menjadi alternatif yang lebih menguntungkan bagi pasien karena tindakan yang minimal invasif dan tepat sasaran dengan less risk, less pain, dan less recovery time dibandingkan dengan open surgery. Pengembangan teknologi kesehatan ditunjang dengan berbagai modalitas pendukungnya semakin membuka lebar peluang pengembangan radiologi intervensi dalam bidang cerebrovaskuler.

Dilansir dari JOURNAL BY STETOSKOOP - SEP 29, 2016, Dr. Terawan memodifikasi metode pemeriksaan radiografi yang disebut DSA (Digital Subtraction Angiography), dan mengubahnya menjadi pengobatan. DSA adalah pemeriksaan yang memberikan gambaran lumen (permukaan bagian dalam) pembuluh darah termasuk arteri, vena, dan bilik jantung. Gambar-gambar ini diperoleh dengan menggunakan mesin X-Ray komputerisasi yang rumit. Media kontras khusus atau 'pewarna' (cairan padat berkepadatan tinggi) biasanya disuntikkan untuk membuat suplai darah ke kaki, jantung, dan organ lain lebih mudah dilihat.
Berlatarbelakang terapi stroke yang difokuskan pada terapi reperfusi untuk memulihkan aliran darah serebral (CBF) dan meminimalkan efek yang tidak diinginkan dari iskemia neuron, terapi jangka waktu yang lebih luas dimungkinkan akan membantu meningkatkan CBF. Dr Terawan melakukan penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki peningkatan CBF setelah terapi penyemprotan heparin intra arteri (IAHF) pada pasien stroke kronis. Uji klinis dilakukan dengan sampling waktu dengan mengumpulkan subyek stroke iskemik kronis (dengan onset stroke ≥30 hari) dalam periode Februari-September 2015. CBF 75 pasien stroke kronis sebelum dan sesudah pengobatan IAHF diselidiki. Hsilnya, ditemukan peningkatan CBK yang signifikan.

Prosedur dimulai dengan pemeriksaan otak yang terperinci menggunakan MRI. Ini bertujuan untuk menilai segala jenis gangguan otak. Karena melibatkan otak, tindakan ini dilakukan dengan sangat rinci. Ini melibatkan ahli saraf, ahli bedah saraf, ahli radiologi yang mengkhususkan diri dalam perfusi, internis, dan banyak lagi. Kerja tim diperlukan untuk memastikan keselamatan pasien, terutama untuk meminimalkan efek samping.

Awalnya DSA dimodifikasi untuk mengurangi dosis radiasi, yang pada gilirannya memberikan lebih sedikit efek samping pada ginjal. Hasil pemeriksaan otak menentukan tindakan selanjutnya: DSA klasik, DSA modifikasi, atau teknik lainnya. Katakan kondisi pasien sesuai untuk diobati dengan DSA yang dimodifikasi. Modifikasi dimulai dari menurunkan dosis radiasi. DSA klasik membutuhkan dosis radiasi di atas 300 ml abu-abu dan 100 cc kontras, menciptakan kelebihan cairan berat di ginjal. Sementara itu, DSA yang dimodifikasi hanya membutuhkan rata-rata 25 ml abu-abu dan kurang dari 10 cc kontras. Namun demikian, kualitas gambar yang dihasilkan mirip dengan DSA klasik.

DSA membutuhkan kateter yang dimasukkan ke pembuluh darah melalui arteri femoralis di area selangkangan. Prosedur ini akan membiarkan para dokter melihat apakah ada sumbatan pembuluh darah di otak. Sumbatan ini dapat menyebabkan gangguan aliran darah, yang akan menyebabkan disfungsi saraf di tubuh Anda. Kondisi ini sering terjadi pada pasien stroke. Semua pasien harus dipantau setelah prosedur, kalau-kalau ada efek samping terjadi.

Memang, tidak semua pasien dapat menerima metode perawatan khusus ini. Itu tergantung pada kondisi pasien. Pemeriksaan lengkap diperlukan, oleh karena itu Dr. Terawan bekerja dengan spesialis lain, termasuk ahli endokrin dan internis. Ia bertujuan untuk memberikan perawatan yang holistik, akurat, dan aman. Ternyata metode DSA yang dimodifikasi Dr. Terawan itupun bekerja pada stroke iskemik dan pasien stroke hemoragik.
Akhirnya Prestasi Dr. Terawan ini mendapat penghargaan dari Hendropriyono Strategic Consulting (HSC). Selain telah digunakan di rumah sakit di seluruh Indonesia untuk mengobati ribuan pasien, metode ini juga digunakan di Rumah Sakit Augusta di Dusseldorf, Jerman. Terapi sel terbaru yang diusungnya lewat Cell Cure Centre bekerja sama dengan Profesor Fred Fandrich, selaku Direktur Clinic of Applied Cellular Medicine, Kiel University Germany dan dengan klinik terapi sel Praxisgemeinschaft fur Celltherapie yang berada di Duderstadt, sebagai tempat belajar dan pengembangan terapi sel.


CNNIndonesia.com menyebutkan bahwa Prof Fandrich dan Dr Nesselhut lewat Dr Marx dari Praxisgemeinschaft für Zelltherapie mengungkapkan memang ada kerjasama kesepakatan antara MoD dan RSPAD. Di Jerman, dokter menangani pasien dari berbagai negara di dunia, sebagaimana terapi imun menunjukkan hasil positif dalam sejumlah kasus di hampir semua jenis pasien kanker padat. Caranya menggunakan terapi sel dendritik, termasuk juga penyakit inflammatory seperti neuro-degeneratif menggunakan terapi sel regeneratif.
Menurut Dr Marx, pengembangan dan penelitian akan bentuk baru dari pengobatan individu pasien ini tidak pernah berhenti. Temuan baru membantu meningkatkan hasil dalam mengatasi penyakit.
Prof Fred Fandrich dari CAU University, kepada CNNIndonesia.com mengungkapkan dirinya memang pernah memberikan kuliah akan topik imunoterapi di RSPAD. dr. Terawan dan timnya di RSPAD dianjurkan menggunakan produk dari seluler itu sebagai infusi anti-inflammatory, dan alat detoksifikasi mengatasi penyakit kronis. Terapi yang menggunakan sel darah putih autologous (bukan stem cell) itu dikembangkan untuk mengatasi penyakit kanker, autoimun dan regeneratif. 

Menurut Prof Fandrich, konsep pengobatan itu masih baru di Indonesia. Ia menilai pengobatan itu aman, karena ada banyak uji klinis di Eropa yang menunjukkan produk seluler autologous berdasarkan sel darah putih (disebut sel dendritik, bukan sel punca) tidak berbahaya bagi pasien.
Proses pengembangannya di RSPAD juga memenuhi standar dan guidelines Eropa. Sel-sel diproduksi dalam lingkungan laboratorium GMP dan menurut informasinya, laboratorium tersebut telah disetujui oleh Menteri Kesehatan RI. Produk sel dendritik, seperti produk sel dendritik (Provenge) untuk mengobati kanker prostat hormon-refractory, telah disetujui oleh FDA AS. Pengobatan ini dinilai lebih efisien dibanding kemoterapi dalam memperpanjang usia hidup pasien. Dendreon mematok Harga Provenge di harga US$96,000 atau setara Rp1,2 miliar untuk pengobatan penuh, terdiri dari empat vaksin anti tumor. Prof mengaku tidak tahu harga perawatan terapi sel di Indonesia.

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat