KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Sunday 8 April 2018

Makna Predikat "Investment Grade" Dalam Ekonomi

Posted by   on Pinterest

Ada apa dengan investment grade

Peringkat investasi atau investment grade adalah peringkat kelaikan dari lembaga pemeringkat resmi yang diberikan kepada suatu obligasi darimana obligasi. Pada umumnya obligasi yang dinyatakan memiliki peringkat investasi adalah memenuhi kriteria yang dipersyaratkan sehingga perbankan diperkenankan untuk melakukan investasi pada obligasi tersebut. Sebagai kebalikan dari obligasi peringkat investasi ini yaitu junk bond atau obligasi dengan risiko tinggi. Rating peringkat obligasi antara lain :

Dilansir dari Bloomberg, peringkat surat utang pemerintah (sovereign) Indonesia diangkat dari BB+ menjadi BBB-. S&P juga melaporkan bahwa outlook diubah menjadi stabil.

Senior Research and Investment Analyst PT Infovesta Utama Rudiyanto (VIVAnews.com, Jumat 16 Desember 2011) menjelaskan, investment grade adalah kategori bahwa suatu perusahaan atau negara dianggap memiliki kemampuan yang cukup dalam melunasi utangnya. Dalam investasi, rating merupakan salah satu hal yang sangat penting karena menentukan suatu perusahaan atau negara bisa mendapatkan pendanaan saat menerbitkan obligasi. Rating juga akan mempengaruhi kupon atau imbal hasil yang harus dibayarkan supaya mau diterima oleh investor. Peringkat itu dikeluarkan oleh perusahaan pemeringkat, dan biasanya untuk menjadi perusahaan pemeringkat harus mendapat izin resmi dari pemerintah. Di Indonesia, perusahaan yang mendapat izin serta menjadi market leader dalam pemberian rating adalah PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Selain itu, belakangan ini juga terdapat perusahaan baru yang memiliki bidang usaha serupa, yaitu Fitch Rating Indonesia dan Indonesia Credit Rating Agency.

Dalam investasi, baik saham, reksadana ataupun obligasi, perubahan rating terutama rating suatu negara bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi arah investasi. Rating dimaksud adalah penilaian yang terstandarisasi atas kemampuan suatu negara atau perusahaan dalam membayar utang-utangnya. Karena terstandarisasi, rating suatu perusahaan atau negara dapat dibandingkan dengan perusahaan atau negara yang lain, sehingga dapat dibedakan siapa yang mempunyai kemampuan lebih baik, siapa yang kurang.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengungkapkan, dengan adanya rating Indonesia yang naik kelas ini, bisa memicu masuknya aliran dana dari asing ke Indonesia lebih banyak. Aliran dana inilah yang nantinya bisa menjadi tambahan sumber pendanaan baru untuk pembangunan ekonomi Indonesia. ‎Dilihat secara jangka pendek, bukti spesial rating S&P bagi RI salah satunya pasar saham serta merta merespon, indeks harga saham gabungan mendadak naik 146,4 poin menjadi 5.791,9 atau kenaikan sebesar 2,6 persen). Pencapaian itu sekaligus merupakan rekor tertinggi baru.

Makna 'Investmen Grade'

Dengan kenaikan peringkat menjadi layak investasi ini maka akan membuka jalan bagi masuknya aliran dana asing sehingga mendorong Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.
Berikut beberapa makna dan manfaat dari perolehan ‘Investmen Grade’ Indonesia :

1. Daya Tarik Aset. Goldman Sachs Group Inc. mengatakan, peningkatan peringkat ini dapat meningkatkan daya tarik aset Indonesia di antara investor institusi konservatif Jepang dan membantu menarik dana sebanyak US$ 5 miliar.

2. Mempermudah Indonesia dalam menjaring investasi, khususnya investasi asing. Gundy Cahyadi, ekonom DBS untuk Indonesia, Thailand, dan Filipina dalam laporannya tertulisnya, (Jumat, 19/5/2017) menjelaskan, "Dampak, yang paling signifikan adalah arus investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) dalam tahun-tahun ke depan,  asalkan stabilitas tetap terjaga.

3. Masuknya investasi asing
Ekonom Taye Shim dan Giovanni Dustin dari Mirae Asset Sekuritas Indonesia menyatakan, penyematan predikat layak investasi terhadap Indonesia diekspektasikan bakal memberi dampak positif berupa aliran investasi masuk ke Indonesia, karena memungkinkan Indonesia mengakses basis investor yang lebih luas. Konsumen dan perbankan menjadi sektor yang diuntungkan paling kuat, sejalan penguatan rupiah dan lingkungan bunga rendah yang dapat memperbaiki daya beli masyarakat, serta biaya dana yang lebih murah.

4. Surat Berharga atau Obligasi RI akan Laku Keras
Kepala ekonom PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Winang Budoyo menyebut, predikat investment grade akan berpengaruh positif bagi investor. Investor di pasar surat berharga alias obligasi, terutama dana pension, sebelumnya ada yang terganjal, sekarang membuka pasar yang lebih besar.

5. Dampak ke Keuangan Perusahaan.
Penjelasan Halomoney.co.id, kenaikan peringkat utang menjadi investment grade ini secara langsung mempengaruhi :

a. kondisi keuangan perusahaan. Perusahaan akan semakin mudah mendapatkan pinjaman, biaya bunga yang didapat akan lebih murah. Akibatnya, perusahaan akan terdorong mendapatkan dana untuk berbagai proyek dan kegiatan produktif sehingga menggulirkan ekonomi.
b. Perusahaan-perusahaan di sektor perbankan, akan lebih mudah dan murah untuk mendapatkan pinjaman valas sehingga penyaluran kredit lebih besar.
c. Sektor konstruksi dan infrastruktur akan diuntungkan dengan penurunan suku bunga pinjaman sehingga beban utang mereka akan berkurang.
d. Sektor properti akan mendapatkan potensi pinjaman yang lebih besar dari bank untuk membiayai proyek propertinya.
e. Produsen semen akan mengalami peningkatan penjualan karena sektor properti, konstruksi, dan infrastruktur mengalami pertumbuhan.
f. Importir akan terbantu dengan penguatan rupiah akibat banyaknya dana asing masuk ke surat utang pemerintah dan pasar modal Indonesia.

6. Dampak ke keuangan pribadi masyarakat.
Penjelasan Halomoney.co.id kenaikan peringkat utang akan terjadi secara tidak langsung melalui berbagai saluran.
a. Saluran instrumen investasi. Masyarakat bisa membeli saham-saham perusahaan yang diproyeksi akan mengalami keuntungan di pasar modal. Jika saham dipandang terlalu berisiko, bisa memiliki reksadana yang dijual oleh perusahaan pengelola investasi terbaik secara online.
b. Saluran melalui perusahaan yang terkena dampak positif. Masyarakat yang bekerja dan memiliki usaha yang terkait di enam sektor tersebut akan ikut merasakan efek kenaikan peringkat ini.
c. Saluran melalui perbaikan ekonomi. Dengan prospek ekonomi yang semakin baik, masyarakat dapat mengambil utang produktif untuk ikut memiliki usaha mikro, kecil atau menengah.


Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan Robert Pakpahan di Jakarta, Rabu (24/5/2017) menuturkan, kepercayaan investor akan ikut mempengaruhi permintaan obligasi atau surat utang pemerintah. Dana para investor yang akan tersedia meningkat. Selain itu, pemerintah juga bisa mendapatkan manfaat lain bila permintaan surat utang meningkat. Diantaranya mengalirnya dana segara dari luar negeri ke Indonesia.

Setelah Fitch Ratings menaikkan peringkat utang Indonesia dari BBB- menjadi BBB dengan outlook stabil. Kamis (21/12/2017) Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) di Bursa Efek Indonesia kembali menciptakan rekor penutupan tertinggi pada perdagangan. Sempat tenggelam IHGS menguat 73,91 poin atau 1,21 persen ditutup pada 6.183,39. Pasar diwarnai sentimen positif, sekor barang konsumsi dan manufaktur yang melaju 1,99 persen dan 1,60 persen. Mengutip RTI, 192 saham berakhir naik. Bloomberg mencatat, PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) menjadi amunisi utama kenaikan indeks, dengan kontribusi 16,12 poin. Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dengan kontribusi masing-masing 8,38 poin dan 7,47 poin terhadap laju IHSG. Kamis sore, saham TLKM tercatat menguat 2,16 persen ke Rp 4.250, sedangkan saham BMRI ditutup naik 2,35 persen ke level Rp 7.625. Transaksi sepanjang hari ini sangat ramai yaitu melibatkan 24,34 miliar saham. Nilai perdagangan mencapai Rp 10,58 triliun. Pemodal asing mulai masuk ke pasar saham dengan menorehkan pembelian bersih atau net buy di pasar reguler senilai Rp 394,78 miliar. Di seluruh pasar, asing juga membukukan net buy sebesar Rp 433,74 miliar.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM) Thomas Lembong di kantor BKPM, Jakarta Selatan, (Rabu, 31/5/2017) menjelaskan, setelah Indonesia mendapat rating "investment grade" alias layak investasi dari lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's (S&P) akan membuat Indonesia memiliki akses yang lebih besar kepada basis investor. Selama ini, masih banyak investor yang ragu-ragu berinvestasi di Indonesia. Selain itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga mengingatkan pihak terkait tak lupa mengajak investor dari negara-negara "non tradisional". Seperti Timur Tengah, Afrika, India, Rusia, dan lain-lain. Dia mencontohkan, Timur Tengah berpotensi investasi di proyek-proyek yang sudah berjalan dan omsetnya sudah stabil. Contohnya seperti proyek pariwisata, bandara, pelabuhan, dan lain-lain. Kemudian Rusia berpotensi investasi di bidang kilang minyak dan pariwisata. Masih banyak sekali potensi investasi dari Timur Tengah dan Rusia yang dulu enggak pernah digarap, padahal mereka punya jumlah modal yang sangat besar. Jadi mereka tergolong capital rich yang punya basis modal sangat besar, tapi belum pernah digarap secara sistematis.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan RI, Nufransa Wira Sakti mempertanyakan status Rizal Ramli yang menyebutkan bahwa utang Indonesia sudah lampu kuning sudah gali lubang tutup jurang hingga pengelolaan fiskal pemerintah yang disebut ugal-ugalan. Diketahui, Rizal Ramli dalam suatu diskusi di Jakarta telah mengeritik bahwa RUU PNBP yang diajukan ke DPR itu membuka peluang untuk menggenjot pendapatan negara langsung dari rakyat, bahkan dari sektor pendidikan, kesehatan dan agama, yaitu nikah, cerai, rujuk. RR bahkan memberikan contoh di negara Amerika Serikat yang super Liberal Kapitalis pun tidak memungut pajak kepada sektor pendidikan dan bahkan memberikan bantuan tanah ratusan hektar kepada yang menyelenggarakan pendidikan. Namun dalam RUU PNBP ini, RR tidak melihat adanya rumusan perlindungan dari negara kepada masyarakat yang lemah agar tidak dipungut biaya untuk sektor pendidikan, kesehatan dan agama, khususnya nikah, cerai, dan rujuk dan sektor pelayanan publik lainnya. Hal ini akan membuka peluang adanya permainan pungutan kepada rakyat yang lemah yang dimuat di dalam Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri atau Kepurusan Menteri dan sebagainya.

Nufransa Wira Sakti, mempertanyakan bagaimana Indonesia yang memiliki rasio utang terhadap PDB dan defisit APBN yang relatif kecil dan hati-hati disebut ‘lampu kuning’ dalam standar perbandingan antar negara-negara di dunia?  Pada saat yang sama semua lembaga pemeringkat (Moodys, Fitch, S&P, JCRA dan Rating & Investment) menyatakan bahwa Indonesia adalah investment grade.

Sejak tahun 2012, pemerintah terus melakukan penurunan defisit APBN dan primary balance. Sejak pertengahan 2016, Menteri Keuangan Sri Mulyani mulai mengendalikan tren negatif tersebut secara hati-hari agar tidak mengganggu pemulihan ekonomi. Dengan demikian dalam beberapa tahun ke depan diproyeksikan defisit akan makin mengecil dan primary balance akan makin seimbang atau bahkan mencapai surplus.

Pemerintah sekarang memusatkan perhatian untuk memulihkan ekspor dan investasi melalui berbagai kebijakan baik insentif fiskal, penyederhanaan perizinan dan kemudahan dan perbaikan pelayanan ekspor dan impor. Ini adalah pekerjaan bersama dari seluruh tim pemerintah. Dengan kerja tim bersama seluruh kementerian, defisit neraca pembayaran akan terus diupayakan berkurang, yang terlihat dari menguatnya cadangan devisa kita. Pelemahan rupiah terhadap dolar AS lebih banyak disebabkan oleh faktor eksternal. Pelemahan nilai mata uang hampir terjadi di semua negara Asia karena disebabkan adanya rencana kenaikan suku bunga The Fed oleh Gubernur Bank Sentral AS yang baru serta rencana proteksi perdagangan oleh Presiden Trump. Guncangan ini berpengaruh di banyak negara, namun karena stabilitas moneter dan fundamental makro negara kita yang sangat kuat, guncangan nilai tukar tidak terlalu besar.

Tax Ratio adalah perbandingan jumlah penerimaan pajak dengan Produk Domestik Bruto. Memang agak kecil bila dibandingkan negara lain, namun tax ratio kita belum memperhitungkan pajak daerah serta jaminan sosial seperti di negara lain. Peningkatan DSR bukan karena biaya bunga yang tinggi, tapi lebih kepada cicilan pokok utang jatuh tempo yang agak besar pada tahun 2018. Pemerintah berupaya menurunkan beban bunga utang dengan mengembangkan instrumen utang jangka pendek dalam negeri - untuk mengurangi risiko potensi meningkatnya suku bunga global karena normalisasi oleh The Fed.

Memang masih banyak kepentingan rakyat yang jauh lebih penting, misalnya defisit dana BPJS yang merupakan hajat hidup rakyat yang paling dasar, sedangkan gedung baru DPR mungkin belum urgen. Harus disadari kebijakan jangan sampai membebani rakyat yang hampir miskin, tarif listrik 900 VA, iuran talangan defisit dana BPJS.

Semoga Cara kerja dan kemampuan KABINET KERJA Pemerintah semakin giat.


SUMBER : viva.co.id; ekonomi.kompas.com; cnnindonesia.com; kaskus.co.id; ekbis.sindonews.com; reddit.com; liputan6.com; id.wikipedia.org

POTING TERKAIT :

HEBOH!!! GONJANG_GANJING PREDIKAT HUTANG DAN DAMPAKNYA.

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat