KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Saturday 31 March 2018

Terkuak! Inilah Alasan Mahasiswa Memboikot Aktivitas Kampus

Posted by   on Pinterest

Pengelolaan Keuangan

Ratusan mahasiswa Universitas Howard menduduki gedung administrasi utama untuk hari kedua pada hari Jumat, melumpuhkan operasi di tengah protes didorong oleh wahyu tentang penyalahgunaan uang bantuan keuangan.

“Kami akan berada di sini selama waktu yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan kami,” Juan Demëtrixx, seorang mahasiswa Universitas Howard, mengatakan pada hari Jumat pada sebuah konferensi pers pagi yang diadakan oleh HU Resist, kelompok mahasiswa yang mengorganisir protes pada sejarah hitam universitas di Washington. "Kami telah mengambil alih setiap lantai."

Dilansir dari nytimes.com, anggota HU Resist, tidak puas dengan apa yang mereka sebut "kelalaian administrasi," telah merencanakan suatu peristiwa dengan mengangkat sembilan daftar tuntutan yang mereka keluarkan pada hari Minggu. Gerakan protes dan duduk-duduk di gedung administrasi universitas telah dimulai sejak Kamis pagi dan cepat berkembang. Pada satu sudut, sekelompok besar pengunjuk rasa menyanyikan lagu Rihanna "Bitch Better Have My Money."

Kelompok itu menuntut Howard untuk menyediakan perumahan yang layak bagi siswa yang lebih muda, melucuti senjata polisi kampus dan untuk secara aktif memerangi budaya perkosaan di kampus. Ini membuat beberapa tuntutan lainnya, termasuk pengunduran diri langsung dari presiden universitas, Wayne A.I. Frederick, dan komite eksekutif dewan pengawas. Rencana HU Resist dengan cepat berkembang menjadi protes berpanjangan setelah pada hari Rabu Dr. Frederick mengonfirmasi terjadinya kesalahan penanganan dana dan memecat enam karyawan.

Maya McCollum, seorang mahasiswa berusia 19 tahun yang membantu mengatur aksi duduk, mengatakan pada hari Jumat bahwa berita tentang uang bantuan keuangan yang salah gunakan adalah "jerami yang mematahkan punggung unta." Sederetan kursi sengaja ditempatkan menghalangi pintu masuk dan pintu-pintu kaca ditandai dengan tanda tulisan tangan: “HANYA SISWA. (ID DIPERLUKAN.) ”

"Staf bekerja untuk kami, bukan sebaliknya," kata Zephaniah Galloway, 19, mahasiswa baru dari Cleveland dan anggota HU Resist.

Di luar gedung, anggota dewan pengawas bertahan menunggu pertemuan dengan para demonstran yang dijadwalkan sore hari. Eugene Newman, seorang anggota dewan yang dikenal sebagai Rock, menolak berkomentar tentang skandal bantuan keuangan tetapi menyiapkan lima orang bertubuh tegap kepada seorang mahasiswa yang datang untuk menyambutnya.

Pertemuan itu tidak mampu menenangkan HU Resist. Pada Jumat malam, kelompok itu mengatakan bahwa dewan tidak menanggapi dengan serius bahkan sepenuhnya menanggapi kemungkinan aksi menempati gedung itu akan terus berlangsung itu, di mana para anggota HU Resist mengendalikan semua pintu masuk dan keluar. Pada hari Jumat, Dr. Frederick mengeluarkan sebuah pernyataan yang membahas tuntutan HU Resist. 

"Howard University telah melahirkan generasi aktivis mahasiswa dan kami akan selalu melanjutkan semangat itu. Kekhawatiran Anda valid. Kami mendengarkan. Kami berkomitmen untuk bersama-sama membuat perubahan untuk mendorong Howard maju," kata Dr Frederick.

Pernyataan itu termasuk daftar tuntutan dan informasi HU Resist mengenai upaya yang dia katakan telah dilakukan atau direncanakan oleh universitas untuk setiap item - meskipun dia tidak menjawab tuntutan untuk pengunduran dirinya. Para pengunjuk rasa tidak tampak tergerak dengan tanggapannya. 

Di gedung administrasi pada hari Jumat sore, di mana daftar tuntutan ditulis di atas kertas besar di dalam kotak osong dan kaleng yang bertebaran di lantai dan digantung di atas pintu masuk utama, puluhan siswa berkumpul di foyer, sembari melafalkan, 
“Sekolah siapa? Sekolah kami! "

Mereka sudah ada sejak Kamis sore. Pernyataan yang dirilis pada hari Rabu oleh presiden universitas tidak mengungkapkan berapa banyak uang yang berpotensi digelapkan oleh anggota kantor bantuan keuangan. Namun dikatakan bahwa enam karyawan telah dipecat "karena kesalahan besar dan mengabaikan tugas." 

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat sore, Dr. Frederick yang didampingi dewan pengawas mengatakan, "Kami akan merujuk masalah ini untuk penuntutan pidana, sebagaimana mestinya." tentang penanganan masalah bantuan keuangan dan tanggapannya terhadap tuntutan HU Resist.

Dr. Frederick dan dewan pengawas baru menyadari bahwa dana bantuan keuangan mungkin telah salah penanganan, dan dengan cepat mendorong penyelidikan internal. Universitas menyewa auditor luar untuk menyelidikinya. Hasil tersebut, yang dilaporkan kepada presiden pada Mei 2017, menegaskan bahwa penyelewengan dana telah terjadi sejak 2007 hingga 2016. Selanjutnya kasus ini dilaporkan ke Departemen Pendidikan Amerika Serikat pada bulan Juli 2017. Investigasi Howard berakhir pada bulan September dan enam karyawan dipecat.

Dalam sebuah surat kepada siswa pada hari Rabu, Dr. Frederick berkata: “Saya bersikukuh bahwa setiap dolar yang diambil dari siswa karena penyimpangan atau penipuan tidak dapat diterima. Kami akan terus mengambil tindakan cepat terhadap setiap individu yang terlibat dalam kesalahan ini."


Biaya Pendidikan


Aksi mahasiswa Unsimar yang digelar sejak Senin (16/10/2017) melumpukan aktivitas kampus, termasuk perkuliahan. Tidak hanya itu, sebagai ungkapan kemarahan, mahasiswa membakar ban bekas dan beberapa kursi. Aksi protes yang melibatkan mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan ini memprotes biaya pendidikan yang terus naik, fasilitas kampus yang tidak layak dan transparansi dana pembangunan.



“Mahasiswa diperhadapkan dengan biaya perkuliahan yang makin mahal. Pungutan dana ke mahasiswa juga makin banyak,” kata Ryan Lawira, mahasiswa Fakultas Hukum Unsimar. Menurut dia, biaya kuliah yang dibayarkan oleh mahasiswa tidak sebanding dengan fasilitas yang dinikmati. Selain itu, pengelolaan dana kampus tidak transparan. Karena itu, dalam aksinya mahasiswa menuntut transparansi pengelolaan dana kampus. Mereka juga menuntut penjelasan soal beberapa pungutan, seperti koperasi mahasiswa, yang tidak jelas penggunaannya. Mahasiswa juga menuntut pihak Universitas menurunkan biaya per semester, karena sudah terlalu mahal dan sulit dijangkau oleh kelas menengah ke bawah.


Merespon tuntutan mahasiswa, Rektor Unsimar Kisman Lantang mengatakan, biaya pembangunan sebagaimana tercantum dalam slip SPP telah digunakan untuk pembebasan lahan untuk pembangunan gedung baru. Sementara pungutan koperasi sudah tidak ada lagi sejak 3 tahun terakhir. Kopma saat ini sudah tidak ada lagi pengurus, jadi tidak ada lagi pungutan.

Sebagai bentuk ketidakpuasan atas pernyataan itu, mereka memutuskan untuk menggelar aksi pendudukan kampus hingga tuntutan mereka direalisasikan.




Pengelolaan Manajemen

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Baturaja (Unbara) diduga sebagai kritik atas berbagai pelayanan di prodi tersebut khususnya berkaitan dengan mahasiswa (Rabu 10/1/2018). Sebagaimana diketahui sebelumnya, di salah satu bagian dinding di sudut bangunan Fakultas Teknik dan Pertanian itu terdapat tulisan berbunyi "Ganti saja Kaprodi Agri Suryanawati kalau tidak bisa melayani mahasiswa".

Beberapa mahasiswa prodi Agribisnis membenarkan jika terjadi gejolak antara mahasiswa dan prodi tersebut lantaran mahasiswa merasa dirugikan atas kebijakan tak mau melayani itu. Bahkan diakui mahasiswa, mereka sempat dikumpulkan dalam satu rungan setelah ada gejolak ini. Namun pihak kampus membantah ada gejolak di tubuh prodi agribisnis dengan mahasiswanya.

Berbeda dengan aksi di UNBARA, mahasiswa Universitas Hasanuddin, Makassar, menggelar demonstrasi menuntut pencabutan skors terhadap Mohammad Nur Fiqri dan Rezki Ameliyah Arief, Kamis (8/2/2018). Demonstrasi diikuti oleh setidaknya 100 mahasiswa dari berbagai jurusan. Mereka bergantian menyampaikan pidato solidaritas, diikuti oleh sambutan dan tepuk tangan yang lain. Di bagian depan massa, terhampar baliho bertulis "Pukul Mundur fasisme."

Fiqri dan Rezki adalah penempel poster "Kampus Rasa Pabrik", 18 Januari lalu. Melalui keterangan tertulis, Fiqri dan Rezki mengatakan bahwa tujuan mereka menempel Poster-poster yang ditempel pada malam hari, sekitar pukul 01.30 WITA itu adalah "untuk mendobrak ketidakpedulian orang-orang dengan ketimpangan yang terjadi di sekitar mereka." Menurut mereka isi poster itu sesuai dengan kenyataan, bahwa institusi pendidikan memang jadi "pabrik", dan "nilai intelektual" adalah komoditasnya. Ternyata apa yang dilakukan Fiqri dan Rezki sudah dipantau. Setelah berbagai proses panjang dan ruwet, pada 30 Januari 2018, keduanya mendapat Surat Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin No. 052/UN4.1/KEP/2018, yang isinya menjelaskan bahwa keduanya diskors selama dua semester. Komisi Disiplin memvonis mereka bersalah.

"Kami rasa menempelkan poster tersebut merupakan suatu tindakan protes terhadap apa yang terjadi di kampus sekarang ini. Di mana kampus sekarang ini hadir sebagai produk kapitalisme yang hanya mencetak kelompok tertentu dan hanya sebagai industri belaka," kata Rezki Ameliyah di Kampusnya, Rabu (7/2/2018) seperti dilansir dari Okezone.com.

Melia menilai bahwa, sikap pimpinan di perguruan tinggi tersebut juga menunjukkan adanya semacam paranoia yang berlebihan terhadap masyarakat kampus, dan kemudian terus dilestarikan hingga menimbulkan sikap anti-kritik. Kampusnya sendiri tidak memiliki etika terhadap sistem demokrasi yang saat ini diatur dalam konstitusi. Tindakan yang menurutnya semena-mena tersebut merupakan salah satu bentuk kriminalisasi yang dilakukan pihak kampus. Ia beranggapan, kampus sekarang hanya melahirkan produk kapitalisme modern tanpa bisa lagi menelurkan pemikir-pemikir hebat untuk perbaikan bangsa.

Begitulah alasan mahasiswa mengkritik kampusnya dan aksi mereka bisa saja melumpuhkan aktifitas kampus.

Semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat