KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Tuesday 27 February 2018

Mau Uang dan Terkenal? Coba YOUTUBER

Posted by   on Pinterest

YouTube menjanjikan uang bagi Konten Menarik 

YouTube memberikan bayaran fantastis untuk video dengan konten menarikdan dengan topik yang berbeda-beda. Nah, bagaimana caranya supaya Anda sukses sebagai YouTuber?

Berikut langkah-langkahnya :

1. Buat Akun YouTube
Langkah pertama adalah login ke akun Google Anda (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. Anda harus membuat Akun Youtube terlebih dahulu jika Anda belum memilikinya. Selanjutnya, Coba sign in ke YouTube menggunakan akun Google atau perambah lainnya. Setelah masuk, silahkan mendaftar. Perlahan-lahan, isi semua data form.

2, Buat Channel Anda
Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.
Masih dilaman Youtube, pikirkan nama apa yang menarik bagi saluran YouTube Anda dan bagaimana konsep saluran Anda, bagaimana tema atau karakter channel Anda dibandingkan dengan channel atau saluran sejenis.
Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus.
Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.

3. Monetisasi YouTube Channel
Selanjutnya, Coba sign in ke akun YouTube Anda, . Pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas.
Kemudian klik “Creator Studio”.
Pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan
klik “Status and features”.
Kemudian pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada.

4. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense

Setelah mengaktifkan monetisasi pada YouTube channel, langkah berikutnya, Anda harus melakukan associate dan approved AdSense account Anda ke akun YouTube Anda.
Nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang dapat Anda gunakan untuk melakukan track penghasilan Anda. Penghasilan anda bisa dibayar hanya jika Anda melengkapi atau megikuti Youtube payment treshold yang ada. Walaupun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube, namun sebagian besar orang lebih memilih menggunakan program Google Adsense untuk me-monetize konten video mereka. Karena segera setelah fungsi monetisasi video Anda diaktifkan, beberapa iklan akan muncul di video Anda berikutnya.
Bila sebelumnya Anda sudah memiliki akun Google Adsense, maka Anda tidak perlu mendaftar lagi. Yang perlu dilakukan adalah cukup menghubungkan akun Google Adsense tersebut ke akun YouTube Anda, tentunya email yang digunakan harus sama.
Setelah akun Adsense terhubung dengan akun YouTube, maka Anda tinggal menunggu earning yang masuk dari video-video Anda. Semakin banyak video kreatif dan menarik di dalam Channel Anda, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube akan semakin besar juga. Tidak ada batasan penghasilan yang bisa Anda dapatkan, karena yang menentukan adalah keunikan, kualitas materi video, dan jumlah views video yang Anda unggah ke YouTube.


5. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda

Supaya YouTube channel Anda terkenal, beberapa kriteria video yang harus Anda penuhi atau ikuti:
Video harus user-friendly
Kontennya harus merupakan karya orisinil Anda, plagiasi videos yang Anda download dari internet tidak akan menghasilkan apa-apa.
Video Anda harus memerhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube.
Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat Anda. Bila Anda memiliki keahlian dalam bermain gitar, maka fokuslah membangun video yang berhubungan dengan gitar. Misalnya Anda bisa membuat cover gitar untuk lagu penyanyi terkenal atau pemain gitar terkenal. Dengan begitu Channel Anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.
Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik. Perhatikan juga kualitas video yang Anda buat, sebaiknya video tersebut memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas.
Ajak audiens Anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube Anda. Semakin banyak subscriber Anda maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video-video Anda akan semakin besar.
Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial lainnya, misalnya ke Facebook.

6. Melakukan Conversion Rate ke Product Page
Jika Anda terkait dengan suatu perusahaan atau bisnis tertentu, Anda dapat menjadikan saluran YouTube Anda sebagai suatu kesempatan untuk meningkatkan conversion rate Anda. Buatlah konten yang menunjukkan betapa bagus dan menariknya produk yang ingin ditonjolkan lewat soft promotion. Kemudian buatlah link pada product page Anda di kolom deskripsi YouTube video Anda. Hal ini kerap kali dilakukan para vlogger yang ingin menjual sesuatu secara halus. Contohnya, pada video musik biasanya banyak di-shoot produk-produk tertentu yang dipakai oleh bintang utama atau penyanyinya.

7. Menjual Video di Website Penjualan Video.
Anda bisa juga menjual video Anda di website komersial yang memberikan sarana untuk Anda para video-maker untuk berjualan hasil karya Anda. Jadi, pada YouTube, Anda dapat mengupload tayangan berupa teaser dan mengarahkan penonton Anda untuk membayar jika ingin menonton versi lengkapnya.

8. Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link
Affiliate marketing jelas merupakan peluang untuk menghasilkan uang secara online yang sangat populer. Masalahnya adalah bahwa begitu banyak pemasar affiliate ini yang tidak mengemukakan bagaimana rincinya upaya yang diperlukan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, cobalah membuat saluran YouTube yang keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link tadi. Seiring dengan perkembangan niche visual yang makin bertumbuh, di mana orang-orang mulai malas membaca teks yang panjang-panjang, Anda juga bisa mengembangkan bisnis Anda lebih pesat lagi.

9. Menarik Sponsorship
Jika Anda mengamati para YouTuber terkenal yang sukses di internet, Anda pasti tahu bahwa di hampir semua konten video YouTube mereka selalu ada unsur sponsorship dan advertisement. Dua aspek ini mereka manfaatkan untuk menghasilkan uang dari YouTube.

10. Melakukan Live Speaking untuk Meningkatkan Customer Engangement
Nantinya, jika Anda sudah memiliki fanbase atau fans yang cukup banyak, Anda dapat mengadakan meeting dan greeting. Anda mungkin saja membuat jadwal yang rutin agar komunitas Anda bisa bertumbuh. Kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan engangement Anda dengan para subscribers atau penonton setia Anda. Nantinya, Anda juga dapat menjual produk atau mempromosikan konten-konten lainnya pada saat acara berlangsung dan manfaatkan juga kesempatan ini untuk lebih mengenal siapa niche market Anda.

Lalu Bagaimana YouTube Menghasilkan Uang dari video Anda?

Perlu dipahami bahwa tidak ada jaminan bahwa video Anda di YouTube akan menghasilkan banyak uang. Anda perlu berpikir di luar kebiasaan jika Anda ingin menghasilkan video yang menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir tayangan, lalu dibagikan kembali oleh orang-orang sampai akhirnya menjadi konten yang viral. Berikut, kami akan memberikan contoh-contoh jenis video yang paling banyak ditonton oleh orang-orang dan dapat menghasilkan uang lebih dari YouTube.
Semakin banyak views ke video tersebut, maka akan semakin besar peluang penghasilan yang kita dapatkan dari YouTube. Untuk itu, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

1. Rajin Mengupload Video ke Channel YouTube Anda
Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide konten video, kita bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik. Misalnya kegiatan memancing, video tutorial, merekam saat bermain gitar, dan lain-lain. Setidaknya Anda perlu mengunggah sekitar 100 – 200 video unik dan menarik ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube.

2. Tipe-tipe Video yang Menghasilkan Uang di YouTube

Bagaimana konten yang menarik? Pastinya yang membuat perhatian orang-orang beralih, jadi ingin menonton tayangan video Anda. Berbagai jenis video bisa kita temukan di YouTube, mulai dari video tutorial, video musik, video berita, video humor, video tentang sains dan teknologi, video dokumentasi seseorang ketika berlibur, video cuplikan film, dan banyak video lainnya.
Berikut adalah beberapa jenis video yang diminati banyak pemirsa :

Tayangan Voice Over yaitu rekaman suara narasi soal berbagai fakta menarik, komentar Anda seputar berita terkini, pendapat Anda soal film atau musik yang bisa berupa visual menarik sehingga video Anda menarik pula untuk ditonton.

Tayangan List yaitu tayangan yang memuat daftar yang menarik untuk ditonton secara visual. List yang Anda buat dapat berupa list apapun yang dapat dirangkum ke judul menarik semacam, “10 Gol Terbaik di Piala Dunia” atau “9 Danau terindah di bumi”. Videonya bisa memuat suara dengan gambar bergerak, atau tulisan dan kolase foto-foto.

Tayangan Tutorial yaitu tutorial panduan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Kegemaran merias diri bisa saja tertarik untuk ditayangkan selama melakukan prosesi merias wajah yang direkam untuk dibagikan di YouTube channel Anda. Atau, mungkin video iseng soal cara aneh minum Kopi. Cobalah untuk kreatif untuk membuat tayangan yang atraktif sehingga bisa membuatnya viral!

Tayangan Unboxing berupa tayangan edukasi yang dibuat dengan ilustrasi sangat menarik dan berkualitas luar biasa bagus. Atau mungkin Anda tertarik untuk mengetahui teori-teori di berbagai bidang.
  
Perlu diingat bahwa semua bisnis membutuhkan waktu agar menghasilkan uang, begitu juga dengan para YouTuber. Jika Anda serius membangun konten menarik di YouTube, pasti akan tiba waktunya Anda menikmati penghasilan yang tidak terbatas. Intinya buatlah video Anda dengan tampilan yang bagus, seperti : resolusi, sudut pengambilan gambar, dsb. Video yang menarik kontennya akan mengajak pemirsa untuk menontonnya dari awal hingga akhir tayangan. Dalam video Anda, ajak juga penonton untuk berkomentar atau share video dan menjadi subscriber, untuk meningkatkan engangement. Sesuaikan Nama atau judul yang tepat dengan konten tayangan Anda. Buatlah deskripsi video yang sesuai pula kerana dapat berpengaruh pada rank sesuai SEO. Dan tentu yang paling penting jangan bosan mempublikasikan atau mensosialisasikan YouTube video Anda di semua sosial media yang ada.

Perhatian! Jangan melakukan plagiasi semacam copy-paste konten suatu YouTube video ke akun YouTube Anda sendiri. Tindakan kecurangan Anda akan secara otomatis tertangkap oleh YouTube karena melanggar copyright, dan Anda akan dikenakan sanksi. Pastikan Anda tidak membuat video dengan konten eksplisit yang melanggar Terms of Service YouTube

Selain artikel ini, Anda dapat juga mengetahui bagaimana menaikkan rank YouTube video Anda dan bagaimana teknik SEO bagi video Anda pada artikel-artikel yang tersedia di Yutube. Semoga artikel ini membantu.

Selamat mencoba!



No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat