KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Saturday 28 April 2018

Mari Bertanam Sambil Usir Nyamuk Dari Rumah

Posted by   on Pinterest

Keberadaan nyamuk tentu sangat menganggu kita, selain akibat gigitan nyamuk terlebih ketika nyamuk menyebarkan virus penyakit seperti demam berdarah, chikungunya, dan malaria. Untuk mengatasi hal itu, memelihara tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah merupakan cara alami yang ampuh dan asri. Masing-masing jenis tanaman itu, menyimpan suatu alasan tersendiri seperti aroma dan hal lain yang tidak disukai nyamuk atau serangga kecil sehingga membuat nyamuk pergi menghindar dari ruangan rumah kita.

Mengusir nyamuk dengan obat anti-nyamuk berbahan kimia sangat riskan, terutama bagi mereka yang memiliki anak kecil di rumah. Jenis tanaman pengusir nyamuk itu bisa dipelihara di dalam ataupun di luar rumah (indoor dan outdoor). Untuk itu, berikut ini ada beberapa tanaman yang memiliki kemampuan mengusir nyamuk. Selain aman bagi kesehatan dan lingkungan, ternyata tumbuhan ini juga indah dijadikan penghias ruangan.

AKAR WANGI 

Rumput akar wangi yang berasal dari India ini termasuk jenis tanaman pengusir nyamuk demam berdarah alami yang sudah lama dijadikan parfum dan losion bagi perlindungan kulit dari gigitan nyamuk. Akar wangi dapat mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai dan mampu membunuh nyamuk aedes aegypti. Ekstrak akar wangi teruji dapat mengendalikan nyamuk aedes aegypti dan anopheles aconitus. Untuk mengusir nyamuk dari rumah, tanam tumbuhan ini di pekarangan rumah.

BAWANG PUTIH
Rempah ini mudah dijumpai di Indonesia. Di India, minyak bawang putih (mengandung 1% ekstrak) dioles ke kulit untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga selama 8 jam. Bawang putih ternyata juga bisa untuk membunuh larva nyamuk karena mengandung zat belerang.

CAT NIP

Jika Catnip dijilat apalagi dikunyah oleh kucing akan membuat kucing bertingkah lucu, sehingga banyak yang mengira kucing tersebut sedang berfantasi. Oleh karena itu, Catnip ini juga termasuk tanaman pengusir nyamuk dan pengusir tikus. 




CENGKEH

Cengkeh (cloves) adalah bumbu rempah yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat ini mempunyai tangkai bunga kering yang mengeluarkan aroma cukup harum, namun tidak disukai oleh nyamuk. Aroma yang cukup khas dari cengkeh tersebut ternyata disukai oleh banyak orang sehingga cengkeh dijadikan bahan dasar pembuatan rokok kretek di Indonesia. 


CITROSA MOSQUITO


Citrosa mosquito adalah tumbuhan yang bisa tumbuh dengan pencahayaan matahari dan kebutuhan air yang banyak. Tumbuhan asal Negeri Kincir Angin citrosa mosquito ini adalah tanaman luar ruangan mengeluarkan aroma jeruknya yang sangat khas dan tajam yang bisa mengusik kenyamanan nyamuk. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus, tetapi sulit ditemukan di pasar. Jika punya, letakkan tanaman citrosa mosquito di pojok teras halaman rumah Anda.

GERANIUM (PELARGONIUM HORTORUM)

Geranium alias Tapak Dara atau Pelargonium, mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk. Tanam geranium yang berbunga kelopak yang berbentuk cantik dan berwarna indah di dalam pot dan letakkan di tempat yang terkena embusan angin. Saat daun-daun Geranium bergesekan, aromanya akan tercium dan membuat nyamuk pergi.
Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak geranium radula mampu menolak nyamuk aedes aegypti. Hanya dengan mengoleskan ekstrak tumbuhan ini pada bagian tubuh, nyamuk penyebab demam berdarah tersebut kabur. Hebatnya, ekstrak geranium juga tidak menimbulkan iritasi kulit.

BUNGA KAMBOJA

BungaKamboja adalah tanaman yang tahan panas matahari dengan bunga yang indah, awet, dan harum. Keharuman yang dipancarkan oleh kamboja ternyata hanya disukai oleh manusia, namun tidak bagi nyamuk. Terlepas dari anggapan mistis dari masyarakat, karena diidentikkan dengan bunga keramat karena pertumbuhannya kerap dijumpai di tempat-tempat yang tidak biasa, seperti makam, banyak orang yang sengaja menanam kamboja sebagai tanaman pembasmi nyamuk alami di rumah dengan melakukan ekstraksi.

KAYU PUTIH
Jika Anda mempunyai halaman rumah yang kosong, coba tanami dengan kayu putih. Kayu putih merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman tanpa gangguan dari nyamuk. Kayu putih bisa ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Tanaman kayu putih akan bekerja seharian untuk menangkal nyamuk dengan mengeluarkan aroma yang khas.

KECOMBRANG

Kecombrang (torch ginger) dikenal baik oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran bumbu masakan dikarenakan rasanya yang enak, biasanya sebagai campuran bumbu sayur atau sup.
Aroma yang dimiliki oleh kecombrang terasa asam sehingga bisa juga digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

KRISAN

Bunga krisan yang cantik ini bisa memperindah ruang rumah Anda. Krisan mengeluarkan aroma yang dibenci oleh nyamuk. Tanaman penghalau nyamuk dengan penampilan yang mempesona ini bisa Anda tanam di dalam pot atau polybag.

LAVENDER


Bunga Lavender merupakan tanaman hias yang telah banyak dijadikan bahan utama untuk membuat lotion anti-nyamuk. Tanaman asal Pegunungan Alpen, Swiss, ini tidak disukai nyamuk karena mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Kandungan minyak atsiri dalam lavender juga sering digunakan untuk terapi aroma. Lavender dapat ditanam di dalam pot.

LEMON BALM

Tanaman herbal bernama lemon balm (ordo mint Lamiaceae) pertama kali ditemukan di Eropa, Afrika Utara, Asia Tengah dan Mediterania. Di Indonesia, lemon balm digunakan untuk makanan, minuman, dan bahan obat. Lemon balm juga mampu mengusir nyamuk yang ada di sekitar rumah.


MARI-GOLD

Jenis tanaman hias bunga Marigold berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini, di Indonesia dinamai kenikir atau bunga tahi ayam karenakan mengeluarkan aroma yang tak begitu sedap, yang tidak disukai oleh nyamuk. Marigold memiliki dua jenis, yakni tagetes erecta dan tagetes patula. Tumbuhan dengan bunga semarak indah : kuning, merah, dan jingga ini baik juga dipajang di salah satu sudut ruangan rumah.

 MINTROSA OF LADY DIANA

Berasal dari Belanda, Mintrosa of Lady Diana dapat mengeluarkan aroma yang sangat tajam dan sangat tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini bisa di dalam pot lalu menempatkannya di halaman rumah.



PENNYROYAL

Sejenis tumbuhan merambat kecil dengan cluster bunga warna ungu. Secara alami digunakan untuk mengusir nyamuk, kutu, dan tikus ini masih berkeluarga dengan minta (Lamiaceae)


ROSEMARY

Rosemary menghasilkan bau seperti aroma minyak telon yang tidak disukai nyamuk. Tamanan ini tumbuh baik di bawah sinar matahari, tetapi saat diperlukan Rosemary bisa letakkan di dekat jendela. Tanaman dengan bunga yang berwarna cantik ini dapat tumbuh melalui pencangkokan, dan tahan dari penyakit juga hama. Untuk pemanfaatannya, gosokkan daunnya yang berbentuk jarum pada kulit.


SELASIH
Selasih (Ocimum basillicum) disebut juga daun basil yaitu tanaman semak tahunan yang bisa juga ditanam di dalam ruangan. Selain memperindah ruangan, selasih juga bisa diletakkan di luar ruangan, peletakannya di dekat pintu atau jendela.

SERAI

Tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masak ini mengandung zat geraniol dan sitronelal. Kandungan tersebut mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, dan bahkan, zat sitronnellolnya bisa membuat nyamuk mati.


SUREN

Suren adalah tanaman tahunan dari keluarga Meliaceae. 
Suren merupakan tumbuhan berbentuk pohon yang pertumbuhannya tergolong cepat. Daun kulit kayu pohon suren mempunyai aroma yang cukup tajam, biasa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk dan lalat. Kulit batang suren juga digunakan sebagai bahan mentah insektisida nabati yang sebetulnya tidak direkomendasikan karena bisa mengganggu pertumbuhan tanaman.



ZODIA
Tanaman asli Papua ini termasuk famili Rutaceae, yang mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine yang berfungsi sebagai penghalau nyamuk yang mampu bertahan selama 6 jam Masyarakat Papua biasa menggunakan tumbuhan endemik Indonesia Zodia untuk mengusir serangga dengan cara mengusapkan daun zodia ke seluruh badan, sebelum masuk hutan. Tanaman yang bisa ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam rumah ataupun di luar ruangan ini mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai oleh serangga dan nyamuk. Letakkan zodia di titik akses masuknya angin ke dalam ruangan, bisa juga diletakkan dekat kipas angin. Hembusan angin akan membuat aroma zodia tersebar ke seluruh ruangan dan mengusir nyamuk. Tetapi hindari meletakkan zodia di ruangan sempit dengan sirkulasi udara terbatas, karena aroma zodia bisa membuat pening.

Itulah jenis tanaman pengusir nyamuk alami paling ampuh di dalam rumah. Anda masih punya tanaman lain, silahkan di share, mari berbagi.
Semoga bermanfaat.


SUMBER :
Wikipedia
http://tanamtanaman.com

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat