KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Wednesday 17 January 2018

Mengenal Guru Sepanjang Zaman

Posted by   on Pinterest

1.Sir Ishak Newton Newton.

Sir Isaac (1642-1727), matematikawan dan fisikawan, salah satu intelektual ilmiah terkemuka sepanjang masa. Lahir di Woolsthorpe, dekat Grantham di Lincolnshire, di mana dia masuk Universitas Cambridge pada 1661. Pada tahun 1667 dia dipilih sebagai mahasiswa Fellow Trinity College, dan pada 1669 menjadi Profesor Matematika Lucasian. Sampai 1696 dia menghabiskan waktunya mengajar di universitas ini.
Dari tahun 1665-1666, Newton berada di puncak kekuatan kreatif. Selama dua sampai tiga tahun ia menyiapkan Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Prinsip Matematika Filsafat Alam) yang umum dikenal sebagai Principia, walaupun hal ini tidak dipublikasikan sampai 1687.
Newton telah dianggap selama hampir 300 tahun sebagai pembuka awal pendiri ilmu fisika modern. Prestasinya dalam penelitian eksperimental merupakan penelitian matematika inovatif. Ia juga terjun ke bidang kimia, sejarah awal peradaban Barat, dan teologi.


Socrates adalah filsuf Yunani yang diakui oleh para ilmuwan dan pendidik di seluruh dunia sebagai salah satu guru yang paling tercerahkan dalam sejarah. Dia juga dikreditkan sebagai bapak filsafat Barat dan mengembangkan teori eliminasi hipotesis negatif dikenal sebagai Metode Socrates. Teori ini membantu untuk menumbuhkan pemikiran kritis di Barat dan pengaruhnya dapat dirasakan di bidang hukum, psikoterapi, dan pelatihan sumber daya bahkan manusia. Lucunya, semasa hidupnya Socrates tidak pernah meninggalkan karya tulisan apapun sehingga sumber utama mengenai pemikiran Socrates berasal dari tulisan muridnya, Plato.
Guru yang satu ini menemukan suatu cara berfikir yang disebut induksi, yaitu: menyimpulkan pengetahuan yang sifatnya umum dengan berpangkal dari banyak pengetahuan tentang hal khusus. Misalnya: banyak orang yang menganggap keahliannya (tukang besi, tukang sepatu, pemahat, dll) sebagai keutamaannya. Seorang tukang besi berpendapat, bahwa keutamaannya adalah jikalau ia membuat alat-alat dari besi yang baik. Seorang tukang sepatu menganggap sebagai keutamaanya, jikalau ia membuat sepatu yang baik. Demikian seterusnya. Untuk mengetahui apakah “keutamaan” pada umumnya, semua sifat khusus keutamaan-keutamaan yang bermacam-macam itu harus disingkirkan. Tinggallah keutamaan yang sifatnya umum.

3.  Konfusius

Sering disebut juga Kong Hu Cu adalah pemikir Cina yang hidup pada abad kelima SM. Ia mengembangkan pemikiran yang disebut konfusianisme. Konfusianisme adalah sistem yang kompleks moral, pemikiran filosofis, sosial dan politik yang memiliki pengaruh dramatis pada budaya Asia. Pengaruh konfusianisme dapat dilihat di banyak negara Asia Timur yang terus membuat undang-undang berdasarkan konsep utama sistem budidaya moral. Buku Analek adalah sebuah karya singkat yang berisi diskusi dan pembicaraannya saat menjadi guru dengan murid-muridnya. Buku tersebut disusun setelah dia meninggal dan berisi inti-inti ajarannya.


Stephen William Hawking lahir pada 8 Januari 1942 (300 tahun setelah kematian Galileo) di Oxford, Inggris. Ketika ia berusia delapan, keluarganya pindah ke St Albans, sebuah kota sekitar 20 mil utara London. Pada usia sebelas tahun, Stephen pergi ke Sekolah St Albans, dan kemudian ke University College, Oxford; di kampus lama ayahnya. Stephen ingin belajar Matematika, meskipun tidak direstui ayahnya. Karena Matematika tidak tersedia di University College, ia mengejar Fisika sebagai gantinya. Setelah tiga tahun, dia diberikan gelar kehormatan kelas pertama dalam Science. Stephen Alam kemudian pergi ke Cambridge untuk melakukan penelitian di Kosmologi, karena tidak bekerja di Oxford pada saat itu. Supervisor adalah Denis Sciama, meskipun ia berharap untuk mendapatkan Fred Hoyle, yang bekerja di Cambridge.
Setelah memperoleh gelar Ph.D. ia menjadi Research Fellow pertama dan kemudian Fellow profesor di Gonville dan Caius College. Setelah meninggalkan Institut Astronomi pada tahun 1973, Stephen datang ke Departemen Matematika Terapan dan Fisika Teoritis pada tahun 1979, dan memegang jabatan Lucasian Professor Matematika dari tahun 1979 sampai 2009. Kursi itu didirikan pada 1663 dengan uang yang tersisa dalam kehendak Pendeta Henry Lucas yang pernah menjadi Anggota Parlemen untuk Universitas. Ini pertama kali diselenggarakan oleh Isaac Barrow dan kemudian pada 1669 oleh Isaac Newton. Saat ini ia adalah Direktur Riset di Pusat Kosmologi Teoritis, pada DAMTP di Cambridge.

5. Ibnu Sina

Atau dikenal juga sebagai Avicenna di Dunia Barat merupakan intelektual muslim yang pemikirannya berdampak besar di dunia, terlebih pada bidang kedokteran. Ibnu Sina beranggapan tujuan pendidikan harus diarahkan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki oleh seseorang. Potensi itu tidak hanya menuju pada perkembangan fisik, tapi juga intelektual dan budi pekerti. Selain itu, pendidikan juga harus mampu mempersiapkan seseorang agar dapat hidup bermasyarakat.
Dalam ilmu kedokteran, kitab Al-Qanun tulisan Ibnu Sina selama beberapa abad menjadi kitab rujukan utama dan paling otentik. Kitab ini mengupas kaedah-kaedah umum ilmu kedokteran, obat-obatan dan berbagai macam penyakit. Seiring dengan kebangkitan gerakan penerjemahan pada abad ke-12 masehi. Kitab Al-Qanun karya Ibnu Sina diterjemahkan ke dalam bahasa Latin. Kini buku tersebut juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis dan Jerman. Al-Qanun adalah kitab kumpulan metode pengobatan purba dan metode pengobatan Islam. Kitab ini pernah menjadi kurikulum pendidikan kedokteran di universitas-universitas Eropa.
Ibnu juga memiliki peran besar dalam mengembangkan berbagai bidang keilmuan. Beliau menerjemahkan karya Aqlides dan menjalankan observatorium untuk ilmu perbintangan. Dalam masalah energi Ibnu Sina memberikan hasil penelitiannya akan masalah ruangan hampa, cahaya dan panas kepada khazanah keilmuan dunia.

6. Albert Einstein

Albert Einstein dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Ia adalah seorang ahli fisika guru, teori dan penulis yang terkenal karena kontribusi untuk bidang relativitas umum dan relativitas khusus. Ia juga dikenal karena teori pasca-Newtonian ekspansi, teori medan terpadu, prinsip kesetaraan, dan teori opalescence kritis. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis". Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan.
Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah, dan dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan genius. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia. Pada tahun 1999, Einstein dinamakan "Tokoh Abad Ini" oleh majalah Time. Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein. Rumus Einstein yang paling terkenal adalah E=mc².

7. Rabindranath Tagore

Rabindranath Tagore lahir di Calcutta, Indiamenjadi sebuah keluarga Brahmana kaya. Setelah tinggal singkat di Inggris (1878) untuk mencoba untuk belajar hukum, ia kembali ke India,dan bukannya mengejar karir sebagai penulis, dramawan, penulis lagu, penyair, filsuf dan pendidik.
Selama 51 tahun pertama hidupnya ia mencapai beberapa keberhasilan di area Kalkuta India di mana ia dilahirkan dan dibesarkan dengan banyaknya, cerita dan memainkan lagu-lagu.
Tagore menulis delapan novel dan empat novellas, di antaranya Chaturanga, Shesher Kobita, Char Odhay, dan Noukadubi. Ghare Baire (The Home dan Dunia) -melalui lensa protagonist zamindar idealis Nikhil-menolak mengakui ravening katak-march dari nativisme, terorisme, dan querulousness keagamaan di kalangan segmen reputasi kurang dari gerakan Swadeshi.  Sebuah ungkapan jujur ​​dari sentimen konflik Tagore, itu calved dari serangan depresi 1914. Novel ini berakhir pada grody Hindu-Muslim interaksi dan melukai modal kemungkinan yang fana Nikhil.

8. Andrea del Verrochio

Andrea del Verrocchio adalah pematung dan pelukis abad kelima belas yang mengajar di istana Lorenzo de 'Medici di Florence. Meskipun ia seorang pelukis besar, ia tak segan membagi lmunya kepada banyak orang. Dari tangan guru yang satu ini lahir pelukis-pelukis besar sepanjang masa seperti Leonardo da Vinci, Michelangelo, Lorenzo di Credi, dan Pietro Perugino.

9. Henry Louis Vivian Derozio

Henry Louis Vivian Derozio (18 April 1809 - 26 Desember 1831) adalah seorang guru India yang berapi-api  dan penyair.  Sebagai seorang dosen di Sekolah Tinggi Hindu Calcutta, dia segar sekelompok besar siswa untuk berpikir secara mandiri, hal ini Benggala kelompok muda memainkan peran kunci dalam renaissance. The anak Bengal dari Francis Derozio, ia lahir di Entally-Padmapukur di Kolkata, 18 April 1809. Dia menghadiri David Drummond Dhurramtallah Akademi sekolah, dimana ia menjadi bintang pelajar, membaca secara luas pada topic seperti revolusi Perancis dan Robert Burns.
Drummond, "seorang Skotlandia masam, sebuah pengasingan dan 'terkenal bebas pemikir'", menanamkan dalam dirinya semangat untuk belajar dan takhayul-bebas berpikir rasional, di samping landasan yang solid dalam sejarah, filsafat dan sastra Inggris.

10. Noah Webster

Adalah seorang penulis, pendidik, wartawan, Amerika Serikat yang terkenal sebagai leksikograf. Ia juga merupakan pembaharu editor, kamus, penulis dan ejaan. Pada akhir tahun 1780-an, Webster menjadi guru sambil membuat proyek menyusun buku ejaan dasar, kemudian menyusun tata bahasa, dan buku bacaan anak-anak. Ia menghasilkan jutaan buku ejaan yang terjual selama tahun 1900-an. Dalam hal ini, ia berjasa membakukan ejaan dan pelafalan bahasa di Amerika Serikat. Watson juga merupakan penganjur adanya undang-undang hak cipta di Amerika.

11. Madeleine Albright

Madeleine Korbel Albright dinominasikan oleh Presiden Clinton pada tanggal 5 Desember 1996 sebagai Sekretaris Negara. Setelah suara bulat dikonfirmasi oleh Senat AS, ia dilantik sebagai Sekretaris Negara ke-64 pada tanggal 23 Januari 1997. Sekretaris Albright adalah sekretaris perempuan pertama negara dan  wanita peringkat  tertinggi dalam sejarah pemerintah AS. Sebagai Profesor Riset Urusan Internasional dan Direktur Perempuan dalam Program Dinas Luar Negeri di Universitas Georgetown Sekolah Layanan Luar Negeri, dia mengajar sarjana dan pascasarjana program dalam urusan internasional, kebijakan luar negeri AS, kebijakan luar negeri Rusia, dan politik Eropa Tengah dan Timur, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan dan melaksanakan program yang dirancang untuk meningkatkan peluang professional perempuan dalam tulisan affairs. Selected internasional termasuk Polandia, Peran Pers dalam politik perubahan (New York: Praeger dengan Pusat Studi Strategis dan Internasional, Georgetown University, Washington DC 1983); Peran Pers dalam Perubahan Politik: Cekoslowakia 1968 (Disertasi Ph.D., Universitas Columbia 1976); dan The Diplomatik Soviet layanan:  Profil dari sebuah Elite (Tesis Master, Universitas Columbia 1968)

12. Leonard Maltin

Sebagai anggota Dewan Film Nasional Pelestarian, suara Maltin pada 25 film bernama setiap tahun untuk bergabung dengan National Film Registry di Perpustakaan Kongres. Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai panelis untuk National Endowment Seni.
Menghormati menyoroti karirnya dan pengabdian kepada pelestarian perfilman meliputi Award 2001 Annie dari Society International Film animasi, 1997 Tekan Award dari Persekutuan humas; tahun 1996 Software Video Asosiasi Dealer penghargaan khusus untuk kontribusinya video rumah; tahun 1993 Anthology Film Archives of Penghargaan Pelestarian Amerika; tahun 1993 Laser Beam Penghargaan dari Laser Disc Association of America, dan tahun 1973  "Man of the Year" penghargaan dari  Masyarakat untuk Cinephiles. Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai panelis untuk National Endowment Seni.

13. Stephen Raja

Stephen hadir di sekolah tata bahasa di Durham dan kemudian Lisbon Terjun High School, lulus pada tahun 1966. Dari tahun kedua di Universitas Maine di Orono, ia menulis sebuah kolom mingguan untuk koran sekolah, kampus MAINE. Ia juga aktif dalam politik mahasiswa, melayani sebagai anggota Senat Mahasiswa.
Dia datang untuk mendukung gerakan anti-perang di kampus Orono, tiba di sikap-Nya dari pandangan konservatif bahwa perang di Vietnam tidak konstitusional. Dia lulus dari University of Maine di Orono pada tahun 1970, dengan gelar BA dalam bahasa Inggris dan memenuhi syarat untuk mengajar di tingkat sekolah  tinggi.  Pemeriksaan dewan wajib militer pasca-wisuda segera menemukannya 4-F atas dasar tekanan darah tinggi, visi yang terbatas, kaki datar, dan gendang telinga bocor.

14. Andy Griffith

Aktor. Lahir 1 Juni 1926, di Mount Airy, North Carolina. Ambisi karir pertamanya Griffith adalah untuk menjadi seorang penyanyi opera. Kemudian, ia memutuskan ingin menjadi seorang pendeta Moravia, dan terdaftar sebagai siswa pra-keilahian di University of North Carolina di Chapel Hill pada tahun 1944. Sementara di perguruan tinggi, ia menjadi terlibat dalam drama dan teater musikal, dan lulus pada tahun 1949 dengan gelar di bidang musik.
Griffith mengajar music sekolah menengah selama tiga tahun sebelum berangkat, dengan istri barunya, Barbara Edwards, actor rekan di UNC, pada karir sebagai seorang entertainer.  Pasangan ini mengembangkan sebuah rutinitas bepergian, menampilkan menyanyi, menari, dan monolog dilakukan oleh Griffith. Salah satu monolog, yang disebut "Apa Itu Apakah Apakah Football," dirilis secara komersial pada tahun 1953 dan menjadi salah satu monolog komedi paling popular sepanjang masa.

15. Gene Simmons

Gene Simmons (lahir Chaim Witz, 25 Agustus 1949) adalah bassis batu Israel Amerika, penyanyi, penulis lagu, musisi, aktor,dan pengusaha. Dikenal sebagai "The Demon," dia bassist /vokalis dari Kiss, sebuah band hard rock ia bersama -didirikan pada awal 1970s. Simmons terlibat dengan band pertamanya, Lynx, kemudian berganti nama The Missing Link, ketika ia masih remaja.
Akhirnya, ia dibubarkan The Link Hilang untuk membentuk The Sounds Long Island, nama menjadi permainan kata-kata yang berhubungan dengan memisahkan muara Long Island dari Westchester County, New York, Connecticut dan Rhode Island. Sementara ia bermain di band-band, ia terus serabutan di samping untuk membuat lebih banyak uang, termasuk perdagangan buku bekas komik. Simmons dihadiri Sullivan County Community College di Loch Sheldrake, New York. Dia kemudian bergabung dengan band baru, Bullfrog Bheer, dan band ini merekam demo, "Leeta", ini kemudian disertakan pada kotak set Kiss.

Bagaimana dengan Guru di Indonesia? Katanya, Malasya itu menjadi 'anak' pintar karena pengajaran dari Guru Indonesia. Tapi tiu dulu, tahun 70an. Tetapi sampai dengan saat ini, belum ada catatn yang pantas untuk mengenal Guru-guru terbaik Indonesia. Mengapa? Mungkin satu kesalahan yang sulit diperbaiki adalah menjadikan muridnya seorang yang loyal, setia sampai akhir hayat.....


SUMBER :
http://theazon.com

No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat