KOMPI+25

Komunitas Pendidikan Indonesia

Jaringan Komunikasi KOMUNITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Friday 20 April 2018

Hasil Seleksi SNMPTN 2018

Posted by   on Pinterest

Sebanyak 110.946 dari 586.155 siswa jumlah siswa yang mendaftar SNMPTN 2018 dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018. Dari jumlah tersebut sebanyak 28.069 diantaranya adalah penerima Bidikmisi. Adapun

Panitia SNMPTN dalam konferensi pers yang digelar di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta (17/4). Dalam kesempatan tersebut Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) mengucapkan selamat kepada para siswa yang lulus SNMPTN. “Bagi yang tidak lulus agar tidak berkecil hati, karena masih ada penerimaan PTN melalui SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Pemerintah menyediakan kesempatan yang luas bagi para calon mahasiswa untuk masuk PTN”.

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim menambahkan bagi siswa yang tidak diterima melalui SNMPTN juga masih bisa menempuh pendidikan di PTN lain seperti politeknik atau akademi komunitas. Bahkan jika mau sambil bekerja bisa menempuh pendidikan di Universitas Terbuka (UT) melalui pembelajaran online.

Ketua SNMPTN Ravik Karsidi mengatakan kepada para siswa yang belum diterima melalui SNMPTN 2018 masih bisa berkesempatan mengikuti SBMPTN 2018 yang pendaftarannya akan ditutup pada tanggal 27 April 2018. Bagi yang akan mendaftar SBMPTN 2018 agar sesegera mungkin mendaftar.

Seleksi masuk ke PTN ada 3 jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. SNMPTN merupakan proses seleksi yang dilakukan melalui penelusuran prestasi akademik berdasarkan nilai rapor dan portofolio akademik siswa. Pengumuman hasil SNMPTN dapat diakses mulai pukul 17.00 WIB pada hari Selasa, 17 April 2018 melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac id dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 diumumkan pada hari Selasa, 17 April 2018. Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia sebanyak 110.946 siswa. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Panitia Pusat dari jumlah pendaftar sebanyak.

Berikut data Sepuluh besar siswa DITERIMA terkait Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 :



Sepuluh besar Provinsi  yang SiswanyaBerpotensi Menerima Bidikmisi:



Pengumuman hasil SNMPTN sebagaimana disampaikan Ketua Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2018 Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS., dapat diakses mulai pukul 17.00 WIB hari ini Selasa, 17 April 2018 melalui laman SNMPTN-PENGUMUMANdengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

Berdasarkan pada Keputusan Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2018 Nomor 11/ Kep.Panpus/2018 Tentang Peserta Lulus Seleksi Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2018, diumumkan bahwa :

  • Status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa di PTN tujuan, akan ditentukan berdasarkan hasil verifikasi data akademik (rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/ surat keterangan tanda lulus (SKTL) asli) yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat peserta SNMPTN
  • Kehadiran pada saat registrasi (daftar ulang) pada tanggal 8 Mei 2018 menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa
  • Setelah peserta SNMPTN dinyatakan lolos verifikasi, maka status peserta SNMPTN ditetapkan DITERIMA oleh Rektor PTN sebagai mahasiswa di PTN tujuan
  • Bagi peserta SNMPTN yang merupakan peserta Bidikmisi, selain dilakukan verifikasi terhadap data akademik, PTN tujuan juga melakukan verifikasi data ekonomi dan/ atau kunjungan ke alamat tinggal
  • Syarat, ketentuan registrasi (daftar ulang) harus dilihat di website / laman PTN tujuan masing-masing.
  • Diberitahukan kepada para siswa yang belum diterima melalui SNMPTN 2018 masih mendapat kesempatan untuk mengikuti SBMPTN 2018 yang pendaftarannya akan ditutup pada tanggal 27 April 2018. Bagi peserta yang telah mendaftar Bidikmisi tetapi belum diterima pada SNMPTN 2018, apabila mendaftar SBMPTN 2018, maka yang bersangkutan dibebaskan dari biaya pendaftaran.
  • Dihimbau kepada para peserta yang tidak diterima melalui jalur SNMPTN 2018 apabila akan mendaftar SBMPTN 2018 agar sesegera mungkin mendaftarkan diri dengan mengikuti proses yang telah ditetapkan. Dengan melakukan pendaftaran secara lebih cepat akan lebih memudahkan dan memperlancar proses pendaftaran.

Demikian informasi resmi ini disampaikan oleh Panitia Pusat Selnas PMB PTN 2018, dan hendaknya dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 17 April 2018
Ketua Panitia Pusat Selnas PMB PTN 2018
ttd
Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS

Pengumuan itu juga dapat dilihat pada laman 12 PTN mirror lainnya, yaitu :



No comments:
Write comments

Terim Kasih Komentarnya. Semoga menyenangkan

KABAR TEMAN

ARSIP

*** TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG *** SEMOGA BERMANFAAT *** SILAHKAN DATANG KEMBALI ***
Komunitas Pendidikan Indonesia. Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.
Hai, Kami Juga Hadir di Twitter, like it - @iKOMPI25
Kirim Surat